Terbit: 6 Agustus 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Bagaimana cara menghilangkan jerawat di punggung? Jerawat adalah masalah kulit umum yang dapat terjadi di permukaan kulit bukan hanya wajah tapi juga di punggung. Ketahui bagaimana cara mengatasi jerawat di punggung secara alami dan medis.

14 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Secara Alami dan Medis

Penyebab Jerawat di Punggung

Penyebab jerawat adalah penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih (sebum), serta infeksi bakteri Propionibacterium acnes. Jerawat juga dapat terjadi di punggung akibat beberapa faktor, termasuk:

  • Faktor Hormon: Perubahan hormon remaja biasanya memicu jerawat. Perubahan hormon pada wanita saat sedang menstruasi juga sering menyebabkan jerawat.
  • Keringat Berlebih: Anda mungkin menggunakan pakaian panas di siang hari yang menyebabkan banyak keringat dan keringat terjebak di lapisan baju Anda.
  • Stres: Stres sehari-hari dapat memicu jerawat, walaupun ini bukan penyebab utama.
  • Efek Samping Obat: Beberapa obat antidepresan memiliki efek samping membuat kulit berjerawat
  • Genetika: Faktor keturunan keluarga berjerawat.
  • Faktor Makanan: Beberapa makanan berkarbohidrat tinggi diduga juga dapat memicu jerawat, namun penelitian masih dibutuhkan.

Itulah beberapa penyebab jerawat di punggung. Penumpukan sel-sel kulit mati, sebum, dan keringat di punggung dapat memicu jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Anda dapat menghilangkan jerawat dengan perubahan gaya hidup dan perawatan sederhana secara alami, seperti:

1. Mandi Secara Teratur

Mandi secara teratur adalah kunci dari kebersihan kulit tubuh yang paling utama, terutama jika Anda memiliki jerawat di punggung. Gunakan sabun yang mengandung asam salisilat, glikolat asam, dan asam laktat untuk menghilangkan jerawat atau bintik-bintik merah.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk mandi setelah berolahraga atau setelah melakukan aktivitas yang berkeringat. Keringat yang menyerap ke kulit menjadi penyebab utama jerawat punggung.

2. Ganti Pakaian

Ganti pakaian Anda setelah Anda berkeringat banyak, terutama setelah berolahraga. Keringat dan kotoran akan terjebak di pori-pori Anda dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, sebaiknya gunakan pakaian longgar dengan bahan adem seperti katun bila Anda sudah mengalami jerawat di punggung. Pastikan juga Anda selalu menggunakan pakaian yang bersih dan menyerap keringat.

3. Hindari Rambut Menyentuh Punggung

Anda mungkin memiliki rambut panjang yang tidak sengaja menyentuh pipi atau punggung. Kondisi ini akan menjadi masalah bila rambut yang kotor mengenai kulit dan dapat memicu penumpukan minyak, bakteri, dan penyumbatan pori-pori.

Sebaiknya, cuci rambut Anda secara teratur dan jangan sampai mengenai kulit. Bila Anda sudah mengalami jerawat di punggung, jangan biarkan air bilasan sampo atau kondisioner Anda mengenai punggung.

4. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya (sunscreen) adalah krim pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya di siang hari atau bila Anda memiliki aktivitas panjang di luar ruangan.

Pilih tabir surya yang bebas minyak, kandungan ringan di kulit, serta memiliki label “ultra-light” atau “quick-dry” (cepat kering) di balik kemasan. Tabir surya dapat mencegah jerawat di kulit tubuh.

Baca Juga: 17 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami (Mudah dan Efektif)

5. Eksfoliasi Tubuh

Gunakan produk eksfoliasi kulit (scrub) dengan bahan dasar asam salisilat untuk membuka pori-pori dan menghilangkan kulit mati. Walaupun demikian, gunakan produk eksfoliasi kulit yang cocok dengan kulit Anda dan jangan melakukannya terlalu sering karena dapat merusak lapisan pelindung kulit dan memperburuk jerawat tubuh.

6. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Ada beragam produk perawatan kulit tubuh untuk mengatasi jerawat serta menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Umumnya, produk kecantikan kulit yang bagus mengandung asam salisilat atau asam glikolat. Anda juga disarankan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung pelembap, tanpa zat pewangi, serta ringan dan lembut untuk kulit.

7. Gunakan Tea Tree Oil 

Cara mengatasi jerawat secara alami dengan tree tea oil sudah dipercaya selama bertahun-tahun oleh sebagian orang di berbagai negara. Pasalnya, tree tea oil mengandung efek antibakteri alami untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, berbagai produk kecantikan saat ini juga memasukan tree tea oil sebagai bahan utama. Anda dapat menggunakan sabun pembersih atau losion yang mengandung tree tea oil sebagai alternatif mengatasi jerawat tubuh.

8. Gunakan Pelembap atau Losion

Gunakan pelembap atau losion yang mengandung non-comedogenic, yaitu kandungan dari produk yang diformulasikan untuk mencegah penyumbatan pori-pori kulit yang memicu jerawat. Pelembap akan membantu mencegah iritasi, menenangkan kulit, serta memperbaiki struktur pelindung kulit.

9. Gunakan Scrub Sebelum Mandi

Menggunakan lulur scrub sebelum mandi dapat membantu membersihkan bintik-bintik kulit atau jerawat komedo di tubuh. Anda harus melakukan eksfoliasi dengan lembut dan hanya dapat dilakukan sekitar 2 minggu sekali.

Anda tidak boleh menggosok kulit terlalu kuat karena akan memperburuk peradangan kulit. Selain itu, Anda tidak dapat menggunakan scrub pada kulit berjerawat merah dan bila kulit sudah teriritasi parah.

10. Makan Sehat untuk Kulit

Cara menghilangkan jerawat di punggung adalah dengan pola makan sehat. Anda dapat menggunakan berbagai produk perawatan kulit, namun apa yang Anda makan tetap menentukan kesehatan kulit Anda. Beberapa peneliti mencurigai adanya pengaruh makanan dengan gula dan karbohidrat tinggi sebagai penyebab jerawat.

Bila ingin memiliki kulit sehat, sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi vitamin A, C, D, dan kolagen. Anda dapat mendapatkannya dari semua jenis sayuran, buah, atau biji-bijian.

Baca Juga: Jerawat: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung Secara Medis

Apabila perawatan dengan produk kecantikan kulit tidak berhasil, Anda disarankan untuk menggunakan obat kulit, seperti:

1. Gunakan Krim Topikal

American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan obat topikal (krim atau salep) yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat untuk mengatasi masalah jerawat ringan. Produk tersebut umumnya dijual bebas tanpa resep dokter.

2. Gunakan Antibiotik

Antibiotik digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Umumnya, dokter akan memberi resep antibiotik dalam bentuk obat topikal untuk membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan jerawat. Anda mungkin harus mengaplikasikan krim jerawat selama 2-6 bulan tergantung tingkat keparahan jerawat.

3. Isotretinoin

Isotretinoin obat jerawat yang diresepkan bila opsi obat jerawat lainnya tidak bekerja dengan baik. Obat ini adalah turunan dari vitamin A (retinoid).

Dokter akan melakukan tes darah Anda sebelum meresepkan obat ini. Anda juga berada dalam pengawasan dokter selama menggunakan obat ini. Pasalnya, obat ini dapat memicu efek samping serius khususnya pada wanita hamil atau wanita yang berencana akan hamil segera.

4. Hubungi Dokter Kulit

Apabila Anda sudah melakukan semua cara menghilangkan jerawat di punggung namun tidak ada hasilnya, mohon segera hubungi dokter kulit. Dokter akan melakukan diagnosis dan memberikan opsi perawatan terbaik sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Cara Mencegah Jerawat di Punggung

Berikut ini beberapa cara mencegah jerawat di punggung:

  • Jangan memencet jerawat atau menggosoknya dengan kuat karena akan memperburuk luka di kulit.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung ke kulit.
  • Mandi dan ganti baju setelah berkeringat.
  • Hindari produk yang mengiritasi kulit.

Itulah cara menghilangkan jerawat di punggung. Jerawat dapat terjadi pada siapa saja namun Anda dapat mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat, melakukan perawatan kulit secara teratur, dan jangan lupa makan sehat setiap saat.

 

  1. Barrell, Amanda. 2017. How to get rid of acne on the back. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318548. (Diakses pada 6 Agustus 2020).
  2. Cherney, Kristeen. 2020. HOW TO GET RID OF CHEST ACNE. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-back-acne#outlook. (Diakses pada 6 Agustus 2020).
  3. Elle Beauty. 2020. How To Get Rid Of Back Acne As Approved By Pro Dermatologists. https://www.elle.com/uk/beauty/body-and-physical-health/a20212414/how-to-get-rid-of-body-back-acne/. (Diakses pada 6 Agustus 2020).
  4. Gihara, Mona, M, D dan Alyssa Jung. 2020. 6 Ways to Get Rid of Bacne, According to Professionals. https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a32876/back-acne-treatment/. (Diakses pada 6 Agustus 2020).
  5. Higuera, Valencia. 2020. How to Prevent and Get Rid of Them. https://www.everydayhealth.com/acne/back-acne-treatment.aspx. (Diakses pada 6 Agustus 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi