Terbit: 19 Juni 2020 | Diperbarui: 2 Juli 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Ada beberapa cara menghilangkan gigi hitam seperti dengan metode alami menggunakan baking soda, pasta stroberi, atau dengan cara medis yaitu bleaching gigi, veneer gigi, dll. Ketahui penyebab gigi hitam dan bagaimana cara membersihkan gigi hitam dalam artikel ini.

11 Cara Menghilangkan Gigi Hitam Secara Alami dan Medis

Penyebab Gigi Hitam

Ada dua penyebab gigi hitam secara umum, yaitu kerusakan ekstrinsik dan intrinsik. Kerusakan ekstrinsik seperti karang gigi, noda gigi, dan kerusakan lain pada lapisan email gigi bagian luar. Sementara kerusakan intrinsik disebabkan dari kerusakan ekstrinsik yang masuk ke dalam gigi dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Ketahui penyebab gigi hitam lainnya, yaitu:

  • Gigi Berlubang: Rongga pada gigi dapat berubah menjadi hitam akibat paparan bakteri yang menyebabkan kerusakan email gigi.
  • Noda Gigi: Noda dari makanan dan minuman tertentu seperti cola, teh, kopi, dll, dapat membuat warna gigi jadi gelap. Terlebih lagi bila Anda tidak rajin gosok gigi setelah makan.
  • Tambal Gigi: Gigi yang ditambal dengan tambalan yang mengandung amalgam dan perak sulfida cenderung akan membuat warna gigi tambalan jadi gelap dari waktu ke waktu.
  • Karang Gigi: Karang gigi adalah kumpulan plak yang mengendap di lapisan luar gigi, paling sering terjadi di garis gusi.
  • Efek Samping Obat Tertentu: Beberapa obat seperti suplemen zat besi dapat menyebabkan gigi berwarna gelap.
  • Merokok: Tembakau dalam rokok menyebabkan noda gigi dan bibir.

Jarang menggosok gigi juga dapat membuat gigi berwarna gelap dan lama-lama menghitam. Maka dari itu, Anda harus rajin menggosok gigi terutama sebelum tidur agar gula dan sisa makanan tidak menempel di gigi dan memicu gangguan gigi lainnya.

Cara Menghilangkan Gigi Hitam Secara Alami

Apabila Anda memiliki gigi hitam, Anda dapat merawatnya dengan cara alami, seperti:

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Cara utama untuk menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan adalah dengan rajin menggosok gigi setidaknya dua kali sehari. Gunakan pasta gigi berfluoride dan bila perlu pakai obat kumur juga.

Pastikan tidak ada makanan yang nyangkut di gigi karena bakteri yang berkembang di dalamnya akan memicu masalah gigi seperti gigi berlubang, warna gigi menjadi gelap, dll. Selain itu, biasakan diri untuk sikat gigi sebelum tidur.

2. Baking Soda

Ada berbagai manfaat baking soda sebagai obat alternatif, salah satunya untuk membersihkan noda gigi. Cara menghilangkan gigi hitam dengan baking soda atau soda kue adalah:

  • Tambahkan sedikit baking soda pada pasta gigi.
  • Sikat gigi seperti biasa setiap hari.
  • Bila ada noda gigi sulit dibersihkan, Anda dapat mengoleskan soda kue langsung ke gigi.
  • Bilas hingga bersih.

Sikat gigi dengan campuran pasta gigi dan soda kue setiap hari selama 1-2 minggu dapat membantu membuat gigi jadi putih kembali.

Baca Juga: 13 Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Kali Tidak Disadari

3. Garam

Sebagian masyarakat tradisional menggunakan garam untuk membantu mengembalikan warna alami gigi. Kandungan mineral dalam garam akan membersihkan bintik-bintik atau noda gigi secara bertahap. Caranya adalah dengan mencampur sejumput garam ke pasta gigi, lalu gosok gigi seperti biasa.

4. Mengunyah Sayuran Hijau

Cara membersihkan gigi hitam secara alami selanjutnya adalah dengan mengunyah sayuran hijau mentah. Mengunyah sayuran seperti seledri dan selada dianggap dapat menjaga gigi tetap putih dan membuat napas segar. Walaupun demikian, belum ada penelitian dan pembuktian secara medis tentang cara ini.

5. Kulit Jeruk

Beberapa orang mengklaim bahwa kulit jeruk dapat mencerahkan warna gigi. Kandungan d-limonene dan asam sitrat dalam buah sitrus diyakini sebagai agen yang membantu membuat gigi jadi putih alami.

Caranya adalah dengan menggosokan kulit jeruk ke gigi selama sekitar 2 menit. Setelah itu, bilas gigi dengan cara gosok gigi. Lakukan cara ini selama beberapa minggu untuk hasil maksimal.

6. Pasta Stroberi

Cara alami lainnya untuk mencerahkan warna gigi adalah dengan campuran pasta stroberi, soda kue, dan garam. Gosokkan pasta tersebut ke gigi selama 5-10 menit. Setelah selesai, segera gosok gigi dengan bersih. Kandungan vitamin C dan asam malat dari stroberi dipercaya dapat membersihkan noda hitam di gigi.

Itulah beberapa cara menghilangkan gigi hitam dengan bahan alami. Apabila Anda mengalami kerusakan gigi yang serius, sebaiknya konsultasi ke dokter gigi untuk perawatan terbaik.

Cara Membersihkan Gigi Hitam Secara Medis

Apabila cara alami tidak manjur untuk mengatasi gigi hitam, maka Anda disarankan untuk konsultasi ke dokter gigi. Ada beberapa cara membersihkan gigi hitam secara medis, yaitu:

1. Bleaching Gigi

Bleaching gigi atau pemutihan gigi adalah cara terbaik untuk membersihkan gigi hitam. Dokter gigi akan menggunakan larutan hidrogen peroksida, desensitizer, dan bahan khusus lainnya untuk proses pemutihan gigi. Prosedur gigi ini aman dan Anda akan mendapatkan hasil terbaik dimana gigi Anda jadi putih dan bersih lagi.

2. Veneer Gigi

Veneer gigi adalah prosedur untuk melapisi gigi dengan cangkang atau lapisan porselen khusus. Tujuan veneer gigi adalah untuk merapikan bagian gigi depan dan mencerahkan warna gigi. Prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi profesional.

3. Crown Gigi

Crown gigi adalah prosedur untuk memasang selubung gigi palsu pada gigi yang rusak. Tujuan crown gigi adalah untuk melindungi, menutupi, atau memulihkan penampilan gigi yang rusak. Anda juga dapat memasang crown gigi untuk menutupi gigi yang hitam untuk memperbaiki penampilan gigi Anda.

Baca Juga: 20 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami yang Mudah dan Cepat

4. Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi adalah penumpukan plak di gigi yang terjadi dari waktu ke waktu. Setiap orang mungkin memiliki karang gigi walaupun sudah menjaga kesehatan gigi dengan baik.

Karang gigi dapat menyebabkan noda gigi, gigi berlubang, kerusakan gusi, serta masalah gigi dan mulut lainnya. Maka dari itu, setiap orang dianjurkan untuk membersihkan karang gigi secara teratur di dokter gigi.

5. Tambal Gigi

Gigi berlubang juga akan membuat gigi Anda menjadi hitam. Hal ini terjadi akibat bakteri dan penumpukan sisa makanan. Anda dapat memperbaiki masalah gigi ini dengan tambal gigi. Dokter gigi akan memberi Anda saran terbaik mengenai prosedur tambal gigi ini.

Gigi hitam mungkin mengganggu penampilan Anda. Anda dapat mencoba cara menghilangkan gigi hitam secara alami dan medis yang sudah disebutkan. Bila kerusakan gigi belum terlalu parah, Anda mungkin dapat mencoba cara alami dan tetap rajin menggosok gigi. Selepasnya, Anda disarankan untuk konsultasi ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun.

 

  1. Anand, Aparna. 2019. Black Spots On The Teeth? Know The Causes And Home Remedies To Say Them ‘Goodbye’. https://www.beautyglimpse.com/black-spots-teeth-causes-home-remedies/. (Diakses pada 19 Juni 2020).
  2. Cleveland Clinic. 2020. Tooth Discoloration: Management and Treatment. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10958-tooth-discoloration/management-and-treatment. (Diakses pada 19 Juni 2020).
  3. Huizen, Jennifer. 2020. What to do about brown spots on your teeth. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321480. (Diakses pada 19 Juni 2020).
  4. Nall, Rachel RN BSN CCRN. 2018. Why Do Teeth Turn Black?. https://www.healthline.com/health/black-teeth. (Diakses pada 19 Juni 2020).
  5. WebMD. 2020. What is Tartar? 6 Tips to Control Buildup. https://www.webmd.com/oral-health/guide/tartar-dental-calculus-overview#1. (Diakses pada 19 Juni 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi