Penyebab dan Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan

cara-menghilangkan-gatal-di-selangkangan-doktersehat

DokterSehat.Com – Selangkangan merupakan area pribadi tubuh seseorang. Sama seperti bagian tubuh lainnya, selangkangan juga bisa mengalami gangguan termasuk timbulnya rasa gatal. Gatal di selangkangan tentunya membuat tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Yuk, cari tahu cara menghilangkan gatal di selangkangan melalui artikel ini!

Penyebab Gatal di Selangkangan

Sebelum mengetahui cara mengatasi gatal pada selangkangan, sebelumnya ketahui lebih dulu penyebab dari timbulnya rasa gatal di selangkangan. Mengetahui penyebab gatal sangatlah penting untuk memilih cara menghilangkan gatal pada selangkangan yang paling tepat.

Berikut adalah beberapa penyebab umum dari gatal pada selangkangan:

  • Infeksi jamur dan bakteri
  • Iritasi, akibat bahan pakaian kasar atau pakaian ketat
  • Kondisi kulit tertentu seperti dermatitis kontak atau intertrigo
  • Herpes genital
  • Kutu kemaluan
  • Penyakit menular seksual

Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan

Cara menghilangkan gatal di selangkangan dapat dilakukan menggunakan obat-obatan dan juga cara alami. Cara yang dipilih tentunya juga harus menyesuaikan pada penyebab gatal di selangkangan. Berikut adalah cara yang dapat Anda coba untuk menghilangkan gatal di selangkangan!

1. Menggunakan Bahan Alami

Cara pertama untuk mengatasi gatal di selangkangan dapat menggunakan bahan alami. Sebelum menggunakan cara ini, Anda harus memastikan bahwa kulit Anda tidak tergolong sensitif dan tidak alergi terhadap bahan alami yang digunakan. Bahan alami yang dapat Anda gunakan antara lain seperti lidah buaya, cuka apel, dan minyak kelapa.

Bahan alami tidak selalu dapat menghilangkan penyebab gatal yang muncul, tetapi paling tidak bahan alami dapat meredakan gejala yang dirasakan termasuk meredakan rasa gatal pada selangkangan.

2. Obat-obatan

Penggunaan obat sebagai cara menghilangkan gatal di selangkangan harus memerhatikan pada penyebab munculnya gatal. Maka dari itu, sebelum memilih obat, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter agar dapat mengetahui jenis obat apa yang cocok untuk mengatasi gatal yang Anda alami.

Berikut adalah beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk mengatasi gatal pada selangkangan:

  • Obat antijamur

Cara menghilangkan gatal di selangkangan yang kedua adalah dengan cara menggunakan obat antijamur. Cara ini dipilih setelah memastikan bahwa rasa gatal memang disebabkan oleh infeksi jamur. Obat antijamur bisa berbentuk salep, krim, maupun bedak antijamur. Jenis obat yang umum digunakan untuk membasmi jamur di selangkangan adalah seperti ketoconazole, clotrimazole, micinalzole, dan itracomazole.

  • Obat antibiotik

Cara menghilangkan gatal di selangkangan selanjutnya adalah dengan menggunakan obat antibiotik. Obat jenis ini digunakan untuk mengatasi infeksi akibat bakteri. Penggunaan antibiotik sesuai saran dokter dan harus sesuai dengan diagnosis penyakit.

  • Obat antivirus

Cara mengatasi gatal pada selangkangan akibat infeksi virus harus menggunakan obat antivirus. Salah satu penyabab gatal yang disebabkan virus adalah seperti herpes. Jenis obat yang biasa digunakan adalah seperti famciclovir, valacyclovir, dan juga acyclovir.

  • Obat kortikosteroid

Jika rasa gatal disebabkan oleh iritasi atau kondisi kulit tertentu yang bukan disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun virus, maka biasanya akan digunakan obat kortikostreoid. Obat jenis ini merupakan obat untuk mengatasi berbagai macam peradangan. Kortikosteroid yang umum digunakan untuk mengatasi masalah kulit adalah seperti betametason dan hidrokortison.

  • Obat antikutu

Salah satu penyebab gatal di selangkangan dalah kutu kemaluan. Cara menghilangkan gatal di selangkangan akibat kutu adalah dengan menggunakan obat antikutu. Terdapat beberapa jenis obat antikutu malu dari bentuk salep, krim, hingga lotion.

Pengguaan obat harus disesuaikan dengan jenis penyakitnya, karena jika tidak justru dapat memperburuk kondisi Anda. Jika penyebabnya cukup berat seperti penyakit menular sesual, maka kemungkinan Anda akan membutuhkan obat-obatan lain untuk dapat membasmi penyakit hingga akarnya.

3. Menjaga kebersihan area selangkangan

Cara menghilangkan gatal pada selangkangan juga bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan selangkangan. Area selangkangan adalah area yang lembap sehingga mudah menjadi tempat berkembangnya bakteri dan juga jamur. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan area selangkangan:

  • Bersihkan area selangkangan secara rutin, jika perlu gunakan sabun khusus untuk membersihkan area selangkangan.
  • Gunakan pakaian yang memiliki bahan yang lembut dan tidak menghambat sirkulasi udara.
  • Ganti pakaian, baik pakaian luar maupun pakaian dalam secara rutin, paling tidak dua kali sehari.
  • Keringkan area selangkangan sebelum menggunakan pakaian.

Selain menggunakan cara di atas, terdapat juga beberapa hal yang harus diperhatikan agar kondisi gatal tidak semakin memburuk. Usahakan untuk tidak menggaruk area selangkangan yang gatal karena dapat memperburuk iritasi dan dapat meningkatkan risiko penularan pada bagian tubuh lainnya.

Selain itu, usahakan juga untuk tidak melalukan kontak sementara dengan orang lain untuk menurunkan risiko penularan pada orang lain. Berhati-hatilah dalam memilih cara mengatasi gatal pada selangkangan karena selangkangan merupakan area yang cukup sensitif.