14 Cara Menghilangkan Bruntusan pada Wajah (Bisa Pakai Bahan Alami)

cara-menghilangkan-bruntusan-doktersehat

DokterSehat.Com – Siapa yang tak ingin memiliki wajah bersih dan terawat? Terutama bagi Anda para wanita, kebersihan wajah menjadi hal yang sangat penting karena dapat memengaruhi penampilan secara signifikan. Namun, ada saja masalah yang menghinggapi wajah, seperti jerawat, flek, dan yang kali akan dibahas, yaitu bruntusan. Apa dan bagaimana cara menghilangkan bruntusan pada wajah?

Apa Itu Bruntusan?

Bruntusan adalah salah satu masalah kulit wajah selain jerawat, komedo, flek hitam, dan kerutan wajah. Bruntusan adalah kondisi di mana terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan di sekitar area wajah. Bruntusan tak hanya menurunkan estetika wajah, namun juga menimbulkan rasa gatal dan perih saat berkeringat, yang lantas berpotensi mengalami iritasi akibat garukan.

Cara Menghilangkan Bruntusan

Munculnya bruntusan pada wajah lebih banyak disebabkan oleh faktor kebersihan. Oleh sebab itu, membersihkan wajah Anda secara benar dan teratur adalah cara menghilangkan bruntusan yang efektif.

Berikut ini sejumlah tips atau cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa Anda coba di rumah.

1. Deep Cleansing

Cara menghilangkan bruntusan yang pertama adalah dengan melakukan deep cleansing pada wajah Anda. Metode deep cleansing ini ditujukan agar wajah bersih sampai ke pori-porinya. Oleh karena itu, gunakan alat seperti brush atau sponge saat membersihkan wajah dengan sabun facewash.

2. Double Cleansing

Bruntusan juga dapat diatasi dengan menerapkan metode pembersihan wajah double cleansing. Cara menghilangkan bruntusan yang satu ini dilakukan dengan cara membersihkan wajah Anda sebanyak dua kali. Pertama, bersihkan muka menggunakan oil-based atau water-based cleanser. Setelah itu, cuci kembali muka dengan menggunakan facewash yang sesuai dengan kulit Anda.

3. Exfoliating

Menghilangkan bruntusan tak cukup hanya membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka. Lebih dari itu, Anda juga perlu melakukan eksfoliasi, yakni pengangkatan sel kulit mati dan minyak berlebih yang menjadi pemicu terjadinya bruntusan.

Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung salicylic acid yang memiliki efektivitas tinggi dalam mengangkat sel kulit mati, pun mengatasi minyak berlebih, karena sifatnya soluble oil-nya yang mampu menembus pori-pori wajah.

Eksfoliasi ini dapat dilakukan sebanyak 1 (kali) dalam seminggu minimal. Untuk hasil yang lebih maksimal, ternyata bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, eksfoliasi baiknya dilakukan lebih dari sekali dalam seminggu.

4. Memakai Toner

Salah satu penyebab bruntusan adalah aktivitas pembersihan make-up yang tidak sempurna. Oleh sebab itu, gunakan toner untuk membersihkan sisa makeup pada wajah. Selain wajah kembali bersih, toner efektif membantu mengontrol kadar pH wajah.

5. Serum Wajah

Aktif menggunakan serum wajah juga jadi cara menghilangkan bruntusan pada wajah, pun mencegah wajah dari bruntusan. Kandungan pada serum wajah membuat kulit wajah jadi lebih bersahabat dengan niacinamide, benzoyl, atau peroxide, yang mana ketiganya menjadi bahan kimia pemicu terjadinya bruntusan pada wajah.

6. Moisturizer

Kulit yang berminyak adalah salah satu pemicu terjadinya bruntusan pada wajah. Oleh sebab itu, cara menghilangkan bruntusan di wajah akibat kulit berminyak adalah dengan menggunakan krim pelembab (moisturizer) khusus wajah.

Moisturizer berfugsi untuk melembabkan kulit wajah sehingga kulit tidak perlu bekerja ekstra yan mana hal tersebut bisa memicu timbulnya bruntusan pada wajah.

7. Masker Wajah

Memakai masker wajah yang terbuat dari berbagai bahan alami seperti aloe vera, daun teh, hingga madu juga dipercaya menjadi cara menghilangkan bruntusan pada wajah yang efektif.

Kenakan masker wajah Anda secara rutin, seperti saat mau tidur malam, sampai nanti hasilnya terlihat. Setelah bruntusan hilang, ada baiknya Anda tetap menggunakan masker wajah untuk mencegah bruntusan datang kembali di kemudian hari.

8. Mengurangi Pemakaian Makeup

Makeup memang penting untuk menunjang penampilan. Namun, suka tidak suka, makeup adalah penyebab bruntusan. Oleh karena, cara menghilangkan bruntusan yang kiranya juga harus Anda lakukan adalah mengurangi pemakaian makeup.

9. Konsisten Dengan Produk Wajah

Banyaknya produk kecantikan wajah, mulai dari produk makeup hingga skincare, acap kali membuat Anda tergiur untuk mencoba berbagai produk tersebut. Padahal, belum tentu semua produk wajah cocok dengan kulit.

Akibatnya ketidakcocokan tersebut, timbullah masalah pada wajah, bruntusan salah satunya. Oleh sebab itu, baiknya konsisten dengan produk kecantikan wajah yang sudah ‘aman’ dengan kulit Anda menjadi cara menghilangkan bruntusan, pun mencegah wajah mengalami bruntusan.

10. Gunakan Skincare Secara Berurutan

Menggunakan berbagai macam produk skincare juga tidak boleh sembarangan, dalam arti pemakaiannya harus secara berurutan.

Sebagai contoh, Anda menggunakan moisturizer dan serum wajah. Idealnya, gunakan serum terlebih dahulu sebelum moisturizer. Sifat molekul pada moisturizer yang lebih besar ketimbang serum akan menghalangi molekul serum untuk meresap ke dalam pori-pori wajah apabla serum dipakai setelah moisturizer. Akibatnya, wajah bisa mengalami bruntusan.

Urutan pemakaian skincare yang tepat yakni:

  • Cleanser
  • Facewash
  • Toner
  • Serum
  • Moisturizer
  • Masker

Cara Alami Menghilangkan Bruntusan

Selain dengan cara-cara di atas, cara menghilangkan bruntusan pada wajah bisa dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami.

1. Madu

Madu sudah sejak lama dipercaya mampu mengatasi pelbagai permasalahan kulit, seperti kulit kusam maupun berjerawat. Nah, manfaat madu untuk wajah tersebut juga mencakup pembersihan bruntusan pada wajah.

Cuci muka Anda terlebih dahulu, kemudian oleskan madu secara merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih dan sabun muka. Lakukan cara menghilangkan bruntusan di wajah ini secara rutin setiap mandi sampai hasilnya terlihat.

2. Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau ternyata tak hanya melangsingkan tubuh, tetapi juga efektif mengatasi masalah kulit wajah seperti bruntusan. Manfaat teh hijau untuk menghilangkan bruntusan ini dikarenakan teh tersebut diperkaya oleh zat antioksidan yang baik untuk merawat kesehatan kulit.

3. Lemon

Buah dengan rasa asam ini bisa menjadi solusi atau cara menghilangkan bruntusan pada di wajah secara alami.

Campurkan lemon dengan putih telur, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 20 menit sampai mengering, dan bilas wajah sampai bersih.

4. Tomat

Buah tomat juga diklaim ampuh untuk menghilangkan bruntusan pada wajah secara alami. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan tomat sangat mudah. Anda tinggal menghaluskan tomat menggunakan blender sampai halus, kemudian jadikan tomat yang sudah halus tersebut sebagai masker wajah.

Atau, Anda cukup memotong tomat dan mengoleskan bagian dalam tomat pada muka secara merata. Diamkan 10-15 menit, kemudian bilas muka dengan air bersih.

Penyebab Bruntusan pada Kulit

Kulit yang mengalami bruntusan, baik kulit wajah maupun kulit di bagian tubuh lainnya, disebabkan oleh pemakaian produk makeup yang tidak benar, pun penyakit kulit lainnya.

Berikut adalah contoh penyebab bruntusan pada kulit:

1. Komedo

Adanya komedo terbuka dan komedo tertutup pada kulit menyebabkan permukaan kulit yang tidak rata alias beruntusan. Komedo disebabkan karena kebersihan yang kurang terjaga, penggunaan produk skincare yang tidak cocok, sering terpapar polusi udara, dll

2. Jerawat

Gejala jerawat bervariasi, dari adanya papula (bintik2 kemerahan pada kulit), pustula (bintik putih berisi nanah), dan nodul (benjolan kemerahan, disertai peradangan dan nyeri). Disebabkan karena wajah yang berminyak, banyaknya sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan bakteri penyebab jerawat (P.Acne) dalam jumlah banyak.

3. Milia

Milia adalah bintik kecil putih pada kulit, terutama kulit wajah. Milia disebabkan oleh keratin kulit yang terperangkap di dalam fokikel rambut dan kelenjar minyak pada kulit. Bisa pada bayi, anak kecil dan dewasa. Tidak Berbahaya. Biasanya tidak ada gejala, tidak gatal. Bisa hilang dengan sendirinya.

4. Kutil Kulit

Kutil kulit atau disebut juga dengan verruca adalah disebabkan karena human papilloma virus. Menyebabnya bintik2 kecil pada kulit. Bisa berwarna seperti kulit, cokelat atau kehitaman.

5. Eksim

Eksim ditandai dengan adanya ruam kemerahan yang menyebabkan beruntusan pada kulit. Ada beberapa jenis eksim, yang paling sering adalah eksim atopik, eksim seborhoik, eksim kontak dengan paparan alergen. Eksim juga disertai dengan kulit yang bersisik dan gatal.

6. Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut, biasanya pada daerah kulit yang berambut seperti pada wajah, janggut, ketiak dan area kemaluan. Sering dipicu karena habis bercukur. Berupa bintik2 kemerahan pada kulit yang menyebabkan kulit seperti beruntusan.

7. Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris atau chicken skin adalah penyakit yang umum terjadi. Dapat merupakan tanda kulit sensitif dan berhubungan dengan eksim atopik. Bisa pada anak-anak maupun dewasa. Gejala KP adalah bintik2 berwarna seperti kulit, pada sebagian kasus dapat meradang dan berwarna kemerahan. Bintik-bintik ini seringkali berkelompok dan memberikan sensasi perabaan kasar seperti kulit ayam.

Itu dia informasi mengenai cara menghilangkan bruntusan beserta penyebab bruntusan pada umumnya. Menjaga kebersihan wajah dan kulit adalah kunci utama agar Anda senantiasa terbebas dari bruntusan. Semoga bermanfaat!

Tonton juga video menarik dari Lyfe Pink mengenai cara menghilangkan bruntusan pada wajah berikut ini: