Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bekas luka yang sulit dihilangkan menjadikan kulit wajah tampak kurang sempurna. Apalagi, jika bekas luka tersebut memiliki warna yang berbeda dan berukuran cukup besar. Saat ini, sudah banyak produk yang berfungsi untuk menghilangkan bekas luka. Kendati demikian, sejumlah kandungan bahan di dalamnya justru memicu reaksi alergi. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda menjajal cara alami seperti berikut.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

1. Campuran Minyak Kelapa dan Shea Butter

Dilansir dari laman Dr. Axe, mencampurkan minyak kelapa dan shea butter dapat memudarkan bekas luka. Hal ini lantaran kedua bahan tersebut melembapkan sel-sel kulit sehingga bekas luka tidak akan melebar. Kandungan omega-3 dan antioksidan di dalamnya pun menstimulasi regenerasi sel-sel kulit sehingga bekas luka akan cepat memudar.

2. Bawang Merah

Salah satu bumbu dapur yang kerap membuat Anda menangis ini ternyata digunakan sebagai salah satu bahan penghilang bekas luka. Hal ini lantaran bawang merah mengandung sejumlah bioflavonoid seperti quercetin, kaempferol dan cepalin. Pengaplikasian bawang merah pada luka ternyatat dapat menghilangkan bekas luka hanya dalam waktu empat minggu saja.

3. Mentimun

Mentimun merupakan bahan alami yang dapat meredakan peradangan pada luka. Dilansir dari laman Hello Glow, mentimum juga dapat memudarkan bekas-bekas luka secara alami. Kandungan air yang cukup tinggi pada mentimun juga menjadikan sel kulit terasa lebih lembap.

Dibandingkan menggunakan salep khusus yang bahan kandungannya belum tentu cocok dengan kulit, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan bahan-bahan di atas. Selain memudarkan bekas luka, kandungan vitamin dan mineral pada bahan-bahan tersebut menjadikan kulit lebih ternutrisi dan lembap.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi