Terbit: 5 Juni 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Punya bekas luka yang mengganggu penampilan wajah? Jika ya, ada banyak pilihan cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami dan medis yang bisa Anda dicoba. Baca terus untuk mendapatkan informasi lengkap tentang bagaimana cara melenyapkan bekas luka di wajah!

12 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Alami dan Medis

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Bekas luka di wajah dapat muncul dalam berbagai bentuk dan penyebab, di antaranya oleh jerawat, cedera, luka bakar, atau operasi. Bekas luka di wajah bisa dihilangkan dengan berbagai macam perawatan, baik secara mandiri maupun bantuan medis.

Berikut ini adalah sejumlah cara menghilangkan bekas luka di wajah:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sering digunakan untuk mengobati luka, termasuk sebagai cara menghilangkan luka di wajah. Jika ingin menghilangkan bekas luka jerawat, penggunaan lidah buaya bersama madu dapat membantu proses penyembuhan.

Menurut sebuah penelitian dalam Annals of Plastic Surgery, mengaplikasikan lidah buaya secara langsung pada luka dapat mengurangi peradangan dan ukuran bekas luka. Gel lidah buaya bisa didapatkan di toko obat atau jika ingin yang lebih segar bisa menanamnya di halaman rumah.

2. Madu

Manfaat madu juga digunakan untuk berbagai pengobatan, termasuk luka, luka bakar, dan herpes. Penelitian menunjukkan bahwa madu menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka di wajah dan bahkan untuk mempercepat penyembuhan luka.

Mengoleskan madu secara langsung dapat membantu menyembuhkan luka dan membersihkan luka karena memiliki sifat antibakteri. Khasiat madu juga mampu melawan infeksi yang dapat menyebabkan jerawat muncul.

3. Ekstrak Bawang Merah

Pengobatan alami yang juga paling sering digunakan sebagai cara menghilangkan luka di wajah adalah ekstrak bawang merah.

Beberapa penelitian menemukan bahwa khasiat ekstrak bawang merah efektif memperbaiki bekas luka setelah empat minggu penggunaan. Hasilnya membuat kulit yang tadinya kemerahan dan terasa lunak akan tampak lebih baik. Ekstrak bumbu dapur ini banyak tersedia dalam produk perawatan bekas luka yang tersedia di toko obat.

4. Air Lemon

Meski belum ada penelitian yang signifikan untuk membuktikan bahwa air lemon efektif sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah akibat jerawat. Namun, cukup banyak bukti yang merasakan khasiat air lemon untuk menghilangkan bekas luka.

Air lemon juga berkhasiat membantu mengurangi perubahan warna dan bahkan meratakan warna kulit. Mengingat air lemon sangat asam, Anda bisa mengoleskan beberapa tetes air lemon secara langsung ke bekas luka.

5. Mentimun

Selain menghilangkan kantung mata, manfaat mentimun juga dapat membantu menghilangkan bekas luka jerawat dan mengurangi peradangan.

Ini berkat beberapa efek antiinflamasi dari fitokimia yang terbentuk secara alami yang disebut cucurbitacins dan efek antioksidan dari flavonoid di dalam mentimun. Mentimun juga memiliki agen pencerah yang dapat membantu mengurangi kemerahan di pada bekas jerawat.

Penggunaan mentimun akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan yoghurt. Caranya haluskan satu mentimun dan campur dengan yoghurt. Kemudian oleskan campuran ini ke wajah dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

6. Pijat Menggunakan Lotion

Cara lain yang bagus dan terjangkau untuk membantu menghilangkan bekas luka di wajah yang lebih cepat adalah dengan mencoba memijat area tersebut dengan lotion. Jika memijat secara lembut pada bekas luka selama 15 sampai 30 detik beberapa kali sehari, ini akan membantu memecah kolagen padat yang menempel pada jaringan di bawah kulit.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Alami dan Cepat

7. Krim, Salep, dan Gel

Ketiga jenis produk ini dapat dijadikan salah satu cara menghilangkan luka di wajah yang disebabkan oleh luka, cedera, atau luka lainnya. Namun, terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan obat krim tanpa resep yang mengandung vitamin E, silikon, dan steroid.

Jika bekas luka disertai rasa gatal dan sangat sensitif, mungkin dokter akan meresepkan obat yang mengandung antihistamin, sedangkan untuk bekas luka akibat jerawat parah, sebaiknya meminta saran dokter untuk perawatan yang tepat.

8. Plester Gel Silikon

Jika memiliki bekas luka hipertrofik dan keloid, Anda dapat mencoba plester khusus seperti silikon atau gel silikon. Obat yang mengandung silikon dapat meningkatkan hidrasi dan melindungi bekas luka dari bakteri. Ketika digunakan, bekas luka tampak lebih rata dan lebih lembut.

Plester silikon gel dapat mulai digunakan dua minggu setelah luka sembuh. Penggunaan plester gel silikon harus diberikan dua kali sehari selama 12 sampai 24 jam selama setidaknya dua bulan.

9. Laser

Cara menghilangkan bekas luka di wajah yang sering kali dilakukan adalah dengan laser.

Teknologi laser pada kulit menggunakan sinar khusus untuk merangsang respons penyembuhan tubuh dan dengan demikian membangun kolagen dan elastin untuk menyembuhkan bekas luka. Laser menjadi salah satu cara yang telah terbukti mengobati bahkan bekas jerawat yang paling bandel sekalipun.

10. Suntikan Steroid dan Kolagen

Khusus bekas luka yang menonjol seperti keloid atau bekas luka hipertrofik, dokter mungin menyarankan suntikan steroid. Biasanya dokter hanya menggunakan steroid atau dengan perawatan lain. Jenis suntikan lain adalah kolagen yang bermanfaat untuk beberapa jenis bekas luka, walaupun ini bukan solusi permanen.

11. Cryotherapy

Cryotherapy adalah teknik membekukan jaringan parut atau bekas luka dengan nitrogen cair untuk membantu meratakan tekstur kulit. Pengobatan kulit ini telah terbukti berhasil, aman, tidak beracun, dan ditoleransi dengan baik dalam sejumlah penelitian kecil.

12. Operasi Plastik

Jika cara menghilangkan luka di wajah di atas tidak begitu efektif, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjalani operasi plastik. Operasi plastik adalah proses yang lebih invasif di mana bekas luka akan diangkat dengan operasi atau dikoreksi dengan pisau bedah.

Tergantung pada tujuan dan tingkat keparahan bekas luka, dokter dapat menghilangkan bekas luka atau bahkan memindahkan bekas luka dengan cangkok kulit untuk menyamarkan bekas luka.

 

  1. Anonim. 2019. Cosmetic Procedures: Scars. https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-scars#1. (Diakses pada 5 Juni 2020)
  2. Berry, Jennifer. 2017. How can home remedies get rid of my old scar?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319654#home-remedies-for-getting-rid-of-scars. (Diakses pada 5 Juni 2020)
  3. Cherney, Kristeen. 2017. Treatment Options for Facial Scars. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care-scars-spots#plastic-surgery. (Diakses pada 5 Juni 2020)
  4. Cafasso, Jacquelyn. 2017. Treatments for Hypertrophic Scars. https://www.healthline.com/health/hypertrophic-scar-treatment. (Diakses pada 5 Juni 2020)
  5. Gerber, Stephanie. 2019. 12 Natural Ways To Get Rid Of Scars. https://helloglow.co/natural-scar-remedies/. (Diakses pada 5 Juni 2020)
  6. Schaefer, Anna. 2016. 5 Natural Products to Get Rid of Acne Scars. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/natural-products-for-acne-scars#1. (Diakses pada 5 Juni 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi