Terbit: 21 Mei 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara menghilangkan bekas luka di kaki memiliki banyak pilihan yang mudah untuk Anda praktikan di rumah. Perawatan kulit ini bisa membantu meningkatkan percaya diri terhadap penampilan kulit kaki yang memiliki bekas luka. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!  

12 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Cepat

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Melakukan perawatan rumahan secara mandiri dapat membantu menghilangkan bekas luka di kaki. Perawatan ini memiliki sedikit risiko dan dapat membantu mengurangi bekas luka baru dan kecil. Namun, bekas luka yang lebih lama atau luas mungkin memerlukan perawatan kosmetik dari dokter kulit.

Berikut ini cara menghilangkan bekas luka di kaki:

1. Pijat dengan Minyak

Bekas luka pada kaki bisa hilang dengan pijatan. Teknik pijatan dengan lembut menggunakan minyak pada area bekas luka dapat mengurangi penumpukan kolagen di jaringan, yang dapat meratakan bekas luka.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya memijat kulit selama 5 menit, sebanyak 3-4 kali sehari. Anda dapat melakukan pijat di rumah secara mandiri, atau menemui terapis pijat profesional yang berspesialisasi dalam jaringan parut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Menggunakan minyak alami dapat membuat pijatan lebih mudah dan bisa mengurangi kekencangan pada bekas luka. Contoh minyak yang populer untuk mengatasi bekas luka, termasuk minyak kelapa, minyak almond, minyak vitamin E. Minyak kelapa juga memiliki khasiat memudarkan bekas luka.

2. Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi (pengelupasan) secara teratur untuk mengangkat sel kulit mati dapat membantu menghilangkan bekas luka lebih cepat. Pengelupasan pada area di sekitar bekas luka menggunakan scrub eksfoliasi atau menggunakan loofah dengan sabun lembut dan air.

Pastikan untuk tidak mengeksfoliasi kulit secara berlebihan, karena dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi. Setelah eksfoliasi, penting untuk mengoleskan pelembap atau minyak alami.

3. Minyak Esensial

Selain mengurangi infeksi dan peradangan, beberapa minyak esensial dapat membantu menghilangkan bekas luka. Namun, minyak ini cenderung tidak mengatasi bekas luka lama atau yang sudah ada sebelumnya.

Beberapa minyak esensial yang membantu menghilangkan luka, termasuk kamomil, kemenyan, lavender, dan tea tree oil.

Baca Juga: 28 Cara Menghilangkan Bekas Koreng dengan Cepat (Alami dan Medis)

4. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya (aloe vera) sejak dahulu sudah digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kulit. Ini termasuk meningkatkan kelembapan, mengurangi peradangan, mencegah bisul, dan meningkatkan penyembuhan luka di kulit.

Meskipun tidak menghilangkan sepenuhnya, lidah buaya dapat membantu menyamarkan bekas luka di kaki jika mengoleskannya secara teratur. Cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan lidah buaya ini kemungkinan aman untuk semua kalangan.

5. Mentimun

Ketimun memberikan beberapa efek antiinflamasi dari fitokimia alami yang disebut cucurbitacins dan efek antioksidan dari flavonoid. Ini terutama berkhasiat untuk mengatasi bekas jerawat.

Menggunakan masker atau losion dari mentimun bisa membantu mengurangi peradangan dan munculnya bekas luka, baik pada kaki dan wajah. Mentimun juga memiliki agen pencerah yang akan membantu mengurangi sisa kemerahan.

Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Alami dan Medis

6. Lemon

Perasaan air lemon bisa menghilangkan bekas luka. Ini karena air lemon mengandung banyak vitamin C yang memberikan efek memutihkan kulit secara alami. Mengoleskan air lemon secara rutin pada kulit bisa membantu memudarkan perubahan warna gelap pada bekas luka. 

7. Kentang

Bahan alami yang termasuk dalam umbi-umbian ini juga bisa membantu menghilangkan bekas luka di kaki yang ampuh. Kentang mengandung vitamin C, vitamin B6, potasium, dan niacin yang membuatnya salah satu menjadi pilihan bagus untuk memudarkan bekas luka.

Cara menggunakannya cukup menggosokkan irisan kentang secara lembut pada bekas luka selama 20 menit. Setelah mengering, bilas dengan air dingin.  Cara ini bisa anda lakukan satu kali setiap hari.

8. Madu

Tidak hanya memenangkan peradangan dan melindung kulit dari kuman, madu juga bisa membantu memudarkan bekas luka pada kaki. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan madu dengan air lemon dan yoghurt. 

Sebelum tidur, cobalah mengoleskan madu pada bekas luka di kaki. Kemudian tutupi dengan perban dan biarkan selama semalaman. Saat pagi, lepas perban dan bersihkan dengan air hangat.

Anda dapat melakukannya sebagai rutinitas setiap malam.

9. Ekstrak Bawang Merah

Bahan alami lainnya yang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan cepat adalah ekstrak bawang merah. Ekstrak ini banyak terdapat dalam produk perawatan bekas luka yang tersedia di toko obat.

Produk ekstrak bawang merah bisa memperbaiki dan menghaluskan bekas luka setelah 4 minggu. Mereka yang menggunakan gel ekstrak bawang merah melaporkan mengalami perbaikan pada tekstur bekas luka, kelembutan, kemerahan, dan penampilan keseluruhan setelah 4 minggu.

10. Cuka Sari Apel

Jenis cuka ini juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka dan bintik kulit akibat paparan sinar matahari. Penggunaanya cukup dengan mengoleskan cuka sari apel pada kulit.    

Cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan cepat, encerkan cuka sari apel dengan 1-4 bagian air (tergantung seberapa sensitif kulit Anda) dan oleskan menggunakan bola kapas dengan lembut.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Alami dan Cepat

11. Sunscreen atau Tabir Surya

Meskipun penggunaan pelindung sinar matahari (sunscreen atau tabir surya) saja tidak akan menghilangkan bekas luka, namun dapat membantu mencegahnya semakin parah dan membantu proses pemudaran bekas luka secara alami.

Penggunaan sunscreen atau tabir surya dan pakaian pelindung matahari diperlukan baik untuk bekas luka yang baru terbentuk maupun bekas luka lama. Ini akan membantu mencegah penggelapan lebih lanjut, yang membuat bekas luka lebih terlihat.

12. Silicone Sheets dan Gel

Berdasarkan sejumlah penelitian telah memastikan bahwa menerapkan silicone sheets atau gel dapat membantu memperbaiki tampilan bekas luka secara bertahap. Ini termasuk bekas luka hipertrofik dan keloid

Silikon untuk perawatan bekas luka bisa Anda dapatkan di toko obat. Dokter mungkin juga akan meresepkan perawatan ini setelah menjalani operasi atau untuk membantu mengurangi pembentukan bekas luka setelah cedera.

 

  1. Anonim. 2020. Scars. https://www.nhs.uk/conditions/scars/treatment/ (Diakses pada 21 Mei 2021)
  2. Berry, Jennifer. 2017. How can home remedies get rid of my old scar?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319654#types-of-scars (Diakses pada 21 Mei 2021)
  3. Frothingham, Scott. 2019. How to Get Rid of Old Scars: Top 10 Remedies. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-old-scars#takeaway (Diakses pada 21 Mei 2021)
  4. Gotter, Ana. 2018. How to Remove Scars on Legs. https://www.healthline.com/health/get-rid-of-scars-on-legs (Diakses pada 21 Mei 2021)
  5. Leonard, Jayne. 2020. How to get rid of scars on legs: Natural and medical remedies. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-scars-on-legs (Diakses pada 21 Mei 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi