Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Beraktivitas di luar ruangan memang menyenangkan. Sayangnya sinar matahari yang memapar kulit dan rambut kerap kali menimbulkan sejumlah masalah. Mulai dari sunburn hingga bau apek pada rambut yang sangat mengganggu. Sayangnya kondisi tersebut, terutama bau apek pada rambut kerap dibiarkan begitu saja. Padahal kondisi demikian juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Nah, untuk menghilangkan bau apek tersebut tidak ada salahnya untuk melakukan sejumlah cara berikut.

Cara Menghilangkan Bau Matahari pada Rambut

1. Berkeramas Secara Rutin

Dilansir dari laman Livestrong, salah satu cara menghilangkan bau apek pada rambut adalah dengan berkeramas secara rutin. Akan lebih baik jika Anda berkeramas setelah beraktivitas di luar ruangan untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel. Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan conditioner yang mengembalikan kelembapan dan kilau rambut.

2. Gunakan Bahan-Bahan Alami

Referensi lain yang dapat dicoba untuk menghilangkan bau apek pada rambut adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti gel lidah buaya atau pun minyak esensial. Tidak hanya menghilangkan bau tidak sedap, lidah buaya dan minyak esensial dapat menyegarkan sel kulit kepala dan rambut yang terlalu lama terpapar sinar UV.

3. Jangan Lupakan Sunblock

Mungkin banyak dari Anda yang kerap melewatkan penggunaan produk perawatan rambut dengan kandungan sunblock. Padahal sunblock merupakan salah satu skincare yang wajib diaplikasikan pada kulit dan rambut untuk melindungi dari dampak buruk radikal bebas. Anda dapat memilih serum rambut yang dilengkapi dengan kandungan SPF atau bahan yang bersifat sebagai sunscreen untuk mencegah rambut menjadi gosong dan mengeluarkan bau apek.

Bau apek setelah berlama-lama di bawah sinar matahari sendiri disebabkan lantaran lapisan rambut mengalami kerusakan oleh panas dan sinar radiasi. Tidak hanya itu saja, bau apek juga menandakan jika rambut Anda mengalami kerusakan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menjajal sejumlah cara di atas untuk menghilangkan atau mencegah bau apek.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi