Terbit: 22 Juli 2020 | Diperbarui: 27 Juli 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Bau badan adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang, namun tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau badan yang tepat. Bau badan terjadi ketika bakteri yang hidup di kulit mengubah keringat menjadi asam. Ketahui cara menghilangkan bau badan secara alami dan medis selengkapnya di bawah ini.

13 Cara Menghilangkan Bau Badan (Mudah Dilakukan)

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Sebelum menjelaskan mengenai cara mengatasi bau badan, perlu Anda ketahui bahwa setiap orang yang telah mencapai usia pubertas dapat menghasilkan bau badan. Hal itu disebabkan karena kelenjar keringat aprokin sudah berkembang. Kelenjar lain yang juga memiliki peran penting dalam memproduksi keringat adalah kelenjar ekrin. Kelenjar ini menghasilkan keringat yang lebih encer dibanding kelenjar aprokin.

Berikut adalah berbagai cara menghilangkan bau badan dengan cara alami, di antaranya:

1. Menjaga Kebersihan Tubuh dengan Baik

Cara menghilangkan bau badan yang paling utama adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Cara yang paling mudah ini bisa dilakukan dengan mandi setidaknya satu kali sehari. Mandi dapat menghilangkan keringat dan menyingkirkan bakteri di kulit.

Meski pada dasarnya keringat tidak berbau, akan tetapi ketika bakteri yang ada di kulit bercampur dengan keringat, hal itu bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Rutinlah membersihkan area tubuh yang cenderung menghasilkan keringat berlebih untuk membantu menghilangkan bau badan.

2. Mengeringkan Tubuh dengan Baik

Meski cara menghilangkan bau badan ini terlihat sederhana, mengeringkan tubuh yang baik dengan handuk bersih terkadang tidak dilakukan dengan tepat. Perhatikan area tubuh yang banyak menghasilkan keringat agar tetap kering. Kulit yang kering membuat bakteri sulit untuk berkembang biak.

3. Menjaga Kebersihan Pakaian

Cara mengatasi bau badan ini harus menjadi perhatian terutama bagi Anda yang sering menggunakan pakaian berkali-kali. Pakaian yang bersih dapat membantu mengatasi bau badan. Selain pakaian, Anda juga harus rutin mengganti kaus kaki, terutama jika Anda memiliki kecenderungan bau kaki.

4. Memilih Pakaian yang Terbuat dari Serat Kain Alami

Selain menjaga kebersihan pakaian, cara mengatasi bau badan secara alami berikutnya adalah memilih pakaian yang terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam. Pakaian yang berasal dari serat kain alami seperti katun atau bambu bisa membuat kulit ‘bernapas’ sehingga membantu mengatasi bau badan.

5. Menghindari Bawang, Jinten, dan Kari

Terdapat dua cara utama untuk mengetahui apakah Anda telah makan bawang, jintan, dan kari: dari aroma napas atau keringat yang keluar dari pori-pori. Saat tubuh mengonsumsi makanan-makanan tersebut senyawa seperti sulfur diproduksi.

Senyawa ini dapat terasa sangat jelas dari aroma napas. Selain itu, senyawa ini juga dapat bereaksi dengan keringat pada kulit sehingga menghasilkan aroma yang tidak sedap. Cara menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh hal ini adalah dengan menghindari makanan-makanan tersebut.

6. Menghindari Konsumsi Seafood

Bau badan setelah mengonsumsi makanan laut biasanya terkait dengan gangguan metabolisme. Orang dengan trimethylaminuria mengembangkan bau amis setelah mengonsumsi makanan laut karena tubuh tidak dapat memecah senyawa kimia trimethylamine yang secara alami ditemukan dalam makanan laut. Bau badan biasanya akan muncul dalam beberapa jam.

Cara menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh gangguan ini adalah menghindari makanan laut dan makanan lain yang mengandung prekursor untuk trimethylamine seperti telur, hati, kacang polong, dan susu sapi.

7. Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Selain menghindari seafood, cara mengatasi bau badan secara alami lainnya adalah dengan menghindari konsumsi alkohol. Tubuh memetabolisme alkohol menjadi asetat, senyawa kimia memiliki bau manis yang khas.

Semakin banyak Anda mengonsumsi alkohol, semakin banyak asetat yang diproduksi oleh tubuh, di mana hal ini berkontribusi pada bau badan yang lebih besar.

8. Hindari Makanan Pedas

Pada dasarnya apa yang Anda makan dapat memengaruhi aroma tubuh. Makanan yang cenderung membuat Anda lebih banyak berkeringat, seperti paprika atau makanan pedas lainnya dapat menyebabkan bau badan. Agar bau badan tidak terjadi, kurangi asupan makanan-makanan ini.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Medis

Selain beberapa cara menghilangkan bau badan seperti di atas, terdapat cara lain yang bisa digunakan yaitu menggunakan prosedur medis. Berikut adalah berbagai cara mengatasi bau badan yang sebaiknya Anda ketahui, di antaranya:

1. Menggunakan Sabun Antibakteri

Pilih sabun yang memiliki sifat antibakteri adalah cara menghilangkan bau badan yang bisa Anda coba. Hal itu diperlukan untuk mengurangi jumlah bakteri yang ada di kulit. Penumpukan bakteri di kulit yang bercampur dengan keringat dapat menimbulkan bau pada badan.

2. Menggunakan Deodoran Probiotik

Meski manfaat probiotik yang paling populer adalah untuk menjaga kesehatan usus, ternyata probiotik juga bermanfaat untuk kulit. Lantas, bagaimana penggunaan probiotik untuk mencegah bau badan? Cara termudah dan cepat yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan deodoran probiotik.

3. Menggunakan Antiperspirant

Aluminium klorida adalah bahan aktif di sebagian besar antiperspirant. Senyawa ini membantu mencegah produksi keringat. Antiperspirant kuat yang mengandung lebih banyak aluminium klorida mungkin disarankan jika beberapa perawatan sebelumnya tidak mengurangi bau badan.

Larutan aluminium klorida biasanya diterapkan setiap malam sebelum tidur dan dicuci pada pagi hari. Hal ini disebabkan karena Anda berhenti berkeringat saat tidur, sehingga larutan dapat meresap ke dalam kelenjar keringat dan menghalanginya.

Cara menghilangkan bau badan dengan antiperspirant dapat mengurangi seberapa banyak Anda berkeringat di hari berikutnya.

4. Operasi

Pembedahan mungkin direkomendasikan untuk bau badan parah yang tidak dapat diobati dengan tindakan perawatan mandiri dan produk yang dijual bebas. Cara menghilangkan bau badan ini melibatkan pengangkatan area kecil kulit dari ketiak dan jaringan di bawahnya.

Pilihan lain dari prosedur operasi adalah endoskopi toraks simpatektomi atau endoscopic thoracic sympathectomy (ETS), yaitu prosedur bedah di mana sebagian dari batang saraf simpatik (saraf yang mengontrol keringat) di daerah toraks dihancurkan.

5. Botulinum Toxin

Botulinum toxin atau sering disebut sebagai botox adalah pengobatan untuk orang-orang yang memiliki keringat ketiak yang berlebihan. Toksin ini bekerja dengan cara memblokir sinyal dari otak ke kelenjar keringat dan mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan.

Prosedur ini memakan waktu 30-45 menit dan efek botulinum toxin biasanya berlangsung 2-8 bulan. Setelah waktu ini, perawatan lebih lanjut diperlukan.

 

  1. Anonim. Body odour. https://www.your.md/condition/body-odour
  2. Anonim. 6 Tips for Reducing Body Odor. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/reduce-body-odor
  3. Anonim. How to Get Rid of Body Odor: 5 Quick, Natural Solutions. https://thompsontee.com/blog/how-to-get-rid-of-body-odor/
  4. Champion, Dena. 2019. 5 foods and drinks that affect body odor. https://wexnermedical.osu.edu/blog/5-foods-and-drinks-that-affect-body-odor
  5. Ferreira, Mandy. 2017. 11 Life Hacks to Beat B.O. https://www.healthline.com/health/beat-b-o-and-smell-fresh-hacks#4


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi