Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami

bau-badan-doktersehat

DokterSehat.Com– Bau badan yang tidak sedap merupakan salah satu masalah yang cukup serius. Tidak hanya membuat Anda kurang percaya diri, bau badan yang tidak sedap rupanya juga menjadi indikasi jika tubuh sedang tidak dalam keadaan sehat. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk segera mengatasi masalah satu ini. Bagaimana cara menghilangkan bau badan? Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut.

Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami

1. Cuka Apel

Cara mengatasi bau badan yang pertama adala dengan cuka apel. Ini merupakan salah satu bahan alami yang mampu menghilangkan bau badan tidak sedap. Dilansir dari laman Health and Body Tips, cuka apel mengandung bahan antiseptik yang ampuh membasmi bakteri penyebab bau badan. Tidak hanya itu saja, cuka apel juga mengembalikan keseimbangan pH kulit.

2. Baking Soda

Bahan yang kerap digunakan untuk kue ini ternyata juga memegang peranan penting dalam menjaga bau badan. Sebagai tambahan informasi, mengaplikasikan pasta baking soda pada ketiak dapat menghilangkan bau badan tidak sedap. Karena baking soda mengandung bahan antibakteri yang baik dalam membunuh bakteri penyebab bau badan.

3. Tepung maizena

Anda juga dapat menggunakan tepung maizena yang terbuat dari jagung. Tepung maizena sendiri dapat mengontrol pH kulit sehingga kulit tidak mudah terserang infeksi bakteri penyebab bau badan.

4. Jus lobak

Cara menghilangkan bau badan secara alami bisa menggunakan jus lobak. Lobak mengandung vitamin C yang dapat mengontrol pertumbuhan bakteri pada kulit. Tidak heran jika kondisi demikian membuat Anda rentan terserang bau badan tidak sedap.

Kendati demikian, jangan pernah lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit dengan menggunakan sabun yang tepat. Selain itu, pilihlah deodoran dengan kandungan bahan yang mengandung antibakteri untuk mencegah bau badan tidak sedap. Hindari pula terlalu sering mengonsumsi makanan dengan aroma kuat seperti bawang atau durian.

5. Garam epsom

Garam Epsom adalah antioksidan dan dikenal untuk mendetoksifikasi tubuh. Garam epsom juga membantu tubuh menghasilkan hormon yang disebut serotonin, yang membantu untuk rileks. Sifat-sifat garam epsom ini menghilangkan stres, yang pada gilirannyam dapat mengurangi produksi keringat, sehingga menghilangkan bau badan.

Caranya berendamlah dengan air yang telah disampurkan 2hingga 3 cangkir garam epsom. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu.

6. Biji adas

Beberapa komponen hadir dalam biji adas adalah stimulan dan membantu sekresi pencernaan dan cairan di lambung. Mereka juga dikenal bertindak sebagai obat pencahar dan dapat mencegah bau badan.

Caranya tambahkan biji adas yang telah dihancurkan ke dalam secangkir air dan biarkan campuran mendidih. Kemudian saring campuran tersebut. Jika diperlukan, tambahkan madu untuk menambah rasa. Minumlah setiap pagi sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

7. Teh hijau

Antioksidan dan asam tannic dalam teh hijau membantu memerangi bau badan dari dalam tubuh. Sementara aplikasi eksternal teh hijau membantu menjaga kulit tetap kering dan mencegah bakteri, asupan teh hijau setiap hari dapat membantu menyiram semua racun keluar dari tubuh.

Caranya rebuslah air secukupnya di teko dan tambahkan daun teh hijau. Biarkan hingga dingin lalu oleskan ekstrak yang tersaring ke area tubuh, terutama di area ketiak. Minum teh hijau secara teratur saat perut kosong juga dapat membantu Anda mengatasi bau badan yang busuk. Oleskan campuran ini pada kulit biang keringat, hindari aplikasi harian, karena bisa menyababkan kulit terlalu kering untuk beberapa jenis kulit seseorang.

Nah, itu dia cara menghilangkan bau badan secara alami. Selamat mencoba ya, Teman Sehat!