Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan Anak

menghilangkan-bau-badan-anak-doktersehat

DokterSehat.Com – Pada umumnya, bau badan anak mulai muncul ketika mereka berusia di atas 8 tahun. Bukan berarti saat mereka berusia di bawah itu, mereka tidak mengeluarkan bau badan. Anak-anak di bawah usia 8 tahun tetap mengeluarkan bau badan tetapi bau badan tersebut tidak tercium aneh dan menyengat.

Bau badan anak mulai tercium tidak sedap saat mereka mulai memasuki usia 8 tahun. Pada usia ini, biasanya anak-anak semakin mengeksplor gerakan fisiknya dan menjadi sangat aktif sehingga mengeluarkan banyak keringat. Biasanya, keringat merupakan pemicu bau badan anak.

Berkeringat pada anak-anak sesungguhnya adalah hal yang normal. Namun, pada anak usia di atas 8 tahun, keringatnya sudah mulai tercium aneh sehingga menjadi penyebab bau badan. Akan tetapi, keringat bukanlah satu-satunya penyebab bau badan anak. Apa sajakah penyebab bau badan anak selain keringat?

Penyebab bau badan anak

Jika sudah mengetahui penyebab bau badan anak, Anda akan lebih mudah untuk menentukan cara yang tepat untuk mengatasi bau badan anak. Berikut ini adalah beberapa penyebab bau badan pada anak:

1. Tidak menjaga kebersihan dengan baik

Pada umumnya, kebersihan yang buruk merupakan penyebab bau badan anak. Anak-anak sudah mulai semakin aktif seiring semakin bertambah usianya. Tentunya keringat yang dihasilkan akan semakin banyak. Keringat yang keluar pun akhirnya bersentuhan dengan kulit.

Dan bila anak tidak menjaga kebersihan tubuhnya maka akan banyak sekali bakteri yang berkembang biak di atas permukaan kulitnya. Keringat yang bercampur dengan bakteri inilah yang seringkali menjadi penyebab bau badan anak.

2. Kebiasaan makan yang sudah seperti orang dewasa

Apa yang Anda makan maka itulah yang Anda keluarkan. Jadi segala makanan dan minuman yang dimakan sangat terkait dengan bau badan. Anak-anak mulai mengeluarkan bau tak sedap setelah mereka mengonsumsi makanan berupa ikan, telur, daging merah, susu, gula, bawang merah, bawang putih, dan makanan olahan tepung.

3. Munculnya Adrenarche

Adrenarche adalah istilah yang digunakan ketika anak-anak mulai mengalami tanda-tanda kematangan secara seksual. Hal ini disebabkan karena peningkatan produksi hormon tertentu. Adrenarche adalah salah satu tanda awal pubertas dan menghasilkan perubahan fisik seperti munculnya rambut pada kemaluan & ketiak, jerawat, dan perubahan bau badan.

4. Pubertas

Masa puber merupakan kelanjutan dari Adrenarche. Pada masa puber, anak-anak sudah mencapai kematangan seksual. Selama waktu ini, anak-anak mengalami banyak perubahan hormonal yang menyebabkan perubahan di dalam tubuh mereka.

Pada masa pubertas ini, Anda akan dengan cepat menyadari perubahan tubuh anak melalui bau badannya. Jadi jika anak Anda termasuk dalam kelompok usia ini, bau badan adalah normal dan tidak perlu menjadi khawatir.

5. Penyakit tertentu

Selain penyebab-penyebab di atas, bau badan anak juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Contoh kondisi medis tersebut seperti diabetes, ginjal, hati atau peradangan. Cara mengatasi bau badan anak bila dikarenakan kondisi medis ini membutuhkan perhatian yang lebih serius daripada penyebab sebelumnya.

Cara menghilangkan bau badan anak

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab bau badan anak, segeralah menindaklanjutinya dengan melalukan satu atau beberapa cara menghilangkan bau badan anak. Silahkan menyimak beberapa cara menghilangkan bau badan anak di bawah ini.

1. Menjaga kebersihan tubuhnya

Cara menghilangkan bau badan anak yang utama adalah dengan menjaga kebersihan tubuh anak. Dengan menjaga kebersihan tubuh, perkembangbiakan bakteri yang lebih banyak bisa dicegah. Selain itu, anak Anda akan segera mandi bila tubuhnya sudah dipenuhi keringat. Hal ini sangat membantu untuk mengatasi bau badan anak.

2. Menjaga kebersihan pakaian dan sepatu

Pastikan bahwa anak-anak Anda selalu memakai pakaian yang bersih dan kering. Tidak hanya pakaian tetapi Anda juga harus memperhatikan kebersihan sepatu dan kaus kakinya. Jangan membiarkan anak Anda memakai pakaian dan sepatu berulang kali.

Hindari memakai pakaian yang masih basah atau lembab. Hal ini dikarenakan, pada pakaian atau sepatu yang lembab masih terdapat bakteri. Bila anak Anda memakainya maka bakteri tersebut bisa berpindah ke tubuh anak Anda dan malah bisa mengakibatkan infeksi.

3. Perbaiki kebiasaan makan

Memperbaiki kebiasaan makan anak bisa menjadi salah satu cara mengatasi bau badan anak. Kebiasaan makan pertama yang harus diperbaiki adalah dengan minum air yang cukup. Pasalnya, minum air membantu tubuh anak Anda untuk membuang semua racun berbahaya yang mungkin menciptakan bau badan.

Gantilah susu sapi dengan susu kedelai. Bila Anda belum bisa menggantinya setidaknya kurangilah pengonsumsian susu sapi berlebih. Kemudian, hindari konsumsi bawang merah dan bawang putih. Berikanlah sayuran hijau pada menu anak secara rutin karena bisa membuang segala racun yang menjadi penyebab bau badan anak.

4. Mandi dengan obat herbal alami

Menambahkan obat herbal alami merupakan cara menghilangkan bau badan anak yang jitu. Anda bisa memercikan beberapa tetes jus lemon, secangkir rosemary rebus, atau dua cangkir jus tomat ke dalam bak mandi anak Anda.

Biarkan anak berendam selama 15 menit. Obat-obat herbal alami tersebut terbukti ampuh melawan bakteri penyebab bau badan anak dan menghilangkan racun pada tubuh. Selain itu, obat herbal alami tersebut juga bisa meningkatkan kadar pH sehingga keringat yang dihasilkan tidak terlalu banyak

5. Terapi cuka apel

Area ketiak adalah tempat keluarnya keringat yang lebih banyak dari daerah lain. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan area ketiak anak Anda. Mengolesi ketiak anak Anda dengan cuka apel merupakan cara menghilangkan bau badan anak yang ampuh dan efektif.