Terbit: 31 Januari 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Bad mood berlarut-larut tentu saja tidak baik bagi kesehatan, sehingga Anda harus mencari cara menghilangkan bad mood tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut? Simaki informasinya berikut ini!

14 Cara Menghilangkan Bad Mood (No. 10 Paling ‘Asyik’)

Apa Itu Bad Mood?

Bad mood adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami suasana hati yang tidak menyenangkan. Timbulnya bad mood ini tak lepas dari peran hormon testosteron (laki-laki) dan hormon progesteron serta estrogen (perempuan).

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab bad mood pada seseorang, umumnya meliputi:

  • Pubertas
  • Pramenstruasi (PMS)
  • Sedang lapar
  • Sedang lelah
  • Masalah pekerjaan
  • Masalah keluarga
  • Masalah percintaan
  • Kenyataan tidak sesuai harapan

Kehidupan memang akrab dengan berbagai problematika. Oleh karena itu, wajar saja ketika Anda mengalami bad mood akibat hal-hal di atas. Akan tetapi, ada kondisi-kondisi di mana seseorang seringkali bad mood, sekalipun tidak ada masalah. Biasanya, hal ini menimpa mereka yang memiliki masalah psikologis seperti bipolar.

Cara Menghilangkan Bad Mood

Bad mood mungkin tidak bisa dihindari. Kendati begitu, Anda juga pasti tidak ingin bad mood berlarut-larut, bukan? Nah, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bad mood yang bisa dicoba.

1. Makan

Lapar mungkin menjadi penyebab bad mood yang Anda rasakan saat ini. Oleh karena itu, cara menghilangkan bad mood akibat lapar tentu saja dengan menyegerakan diri untuk makan.

Walaupun demikian, usahakan untuk makan makanan yang bergizi seperti makanan yang mengandung asam lemak omega-3 di dalamnya seperti ikan salmon. Asam lemak omega-3 dipercaya dapat memperbaiki suasana hati.

Selain itu, buah dan sayuran juga tak boleh luput dari daftar menu makanan pembangkit mood Anda oleh karena buah dan sayuran mengandung zat-zat penting yang sedikit banyak turut memengaruhi suasana hati.

Anda juga boleh-boleh saja mengonsumsi makanan seperti junk food dan semacamnya untuk mengembalikan mood, namun sebaiknya batasi konsumsinya.

2. Minum Kopi atau Teh

Kopi dan teh adalah dua jenis minuman yang di dalamnya terkandung kafein. Adanya kandungan kafein inilah yang menjadikan keduanya ampuh untuk membangkitkan mood.

Pasalnya, kafein berperan dalam memblokade senyawa adenosin di dalam tubuh. Aktivitas tersebut lantas membantu tubuh untuk memproduksi dopamin dan glutamin sehingga yang terjadi selanjutnya adalah, tubuh akan merasa rileks, waspada, dan tentu saja menghasilkan mood yang bagus.

Kendati dapat menghilangkan bad mood, sebaiknya konsumsi kopi dan teh secara wajar karena terlalu berlebihan juga dampaknya tidak baik bagi tubuh.

3. Memasak

Cara menghilangkan bad mood lainnya yang bisa Anda coba adalah memasak menu-menu masakan favorit. Atau, Anda bisa mencoba membuat kue tart favorit.

Memasak membantu mengalihkan pikiran Anda dari berbagai masalah yang menyebabkan bad mood. Saat masakan buatan Anda sendiri matang, diharapkan suasana hati akan kembali membaik.

4. Mendengarkan Musik

Sepertinya semua setuju kalau mendengarkan musik adalah salah satu cara menghilangkan bad mood yang cukup ampuh.

Begitu bad mood menyerang, cobalah buka aplikasi pemutar musik di gawai Anda dan putar playlist favorit. Agar mood kembali membaik, sebaiknya dengarkan musik yang ceria dan penuh semangat alih-alih musik dengan nada yang sendu.

5. Olahraga

Selain mendengarkan musik, berolahraga juga cara menghilangkan bad mood yang efektif. Bahkan, efektivitas olahraga dalam mengatasi bad mood disebut-sebut sama dengan obat antidepresan.

Pasalnya, aktivitas olahraga membantu pelepasan hormon dopamin atau hormon ‘bahagia’ oleh tubuh sehingga memengaruhi suasana hati menjadi lebih baik.

Anda bisa melakukan aktivitas olahraga dari mulai yang sifatnya ringan seperti berjalan santai dan bersepeda, hingga olahraga berat seperti bermain futsal dan sebagainya.

6. Buat Ruangan Menjadi Terang

Saat sedang bad mood, usahakan untuk  berada  di tempat yang terang. Cahaya diklaim dapat memengaruhi suasana hati seseorang.

Jika berada di dalam rumah, nyalakan lampu-lampu atau buka gorden dan jendela (jika di siang hari) agar suasana ruangan tampak terang. Berada di tempat yang minim cahaya hanya akan memperpanjang bad mood yang sedang Anda alami.

7. Berkumpul Bersama Orang Terdekat

Menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat seperti teman, keluarga, atau pasangan Anda menjadi cara menghilangkan bad mood yang layak dicoba karena efektivitasnya juga dinilai tinggi.

Terlebih lagi jika saat berkumpul, Anda menemukan topik obrolan yang menyenangkan. Seketika, suasana hati pun akan kembali membaik.

Cara mengatasi bad mood yang satu ini bahkan sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang melibatkan kurang lebih 50 ribu responden. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwasanya berkumpul bersama orang-orang terdekat seperti teman dapat meningkatkan mood sebanyak 8 persen.

Sementara jika berkumpul bersama keluarga seperti orang tua dan anak, peningkatan suasana hati yang terjadi masing-masing 1,4 persen dan 0,7 persen.

Baca Juga: 7 Pemicu yang Membuat Seseorang Mudah Bad Mood

8. Berbelanja

Berbelanja, selain sebagai bentuk self reward, juga ternyata bisa mengatasi bad mood yang sedang Anda alami, lho.

Akan tetapi, belanja sewajarnya saja dan usahakan barang yang Anda beli benar-benar bermanfaat. Belanja berlebihan justru makin membuat Anda stres karena tanpa disadari, saldo rekening sudah menipis.

9. Pergi ke Alam Terbuka

Mengunjungi alam terbuka seperti pegunungan maupun hutan kota di mana banyak terdapat pepohonan menurut sebuah penelitian yang dirilis oleh Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America (PNAS) pada tahun 2015 dapat membantu memperbaiki mood yang sedang tidak bagus.

Berada di alam terbuka dengan banyak pepohonan rindang selama 90 menit saja berdasarkan hasil penelitian tersebut efektif untuk meminimalisir bagian otak yang menghasilkan pikiran negatif dan bad mood yaitu subgenual prefrontal cortex (sgPFC).

10. Seks

Seks adalah kegiatan yang menyenangkan. Melakukan aktivitas seks juga menjadi cara ampuh untuk Anda menghilangkan bad mood yang tengah dirasakan. Bahkan, dikatakan jika melakukan hubungan seks dapat meningkatkan mood hingga 14 persen (masih membutuhkan kajian lebih lanjut).

Sama seperti olahraga, seks juga berujung pada pelepasan hormon dopamin oleh tubuh sehingga tubuh akan merasa rileks dan bahagia.

11. Aromaterapi

Para ahli kesehatan sepakat bahwa menghirup aromaterapi menjadi salah satu cara menghilangkan bad mood yang efektif.

Saat bad mood melanda, Anda bisa menyalakan pengharum ruangan aromaterapi. Atau, Anda bisa menghirup minyak esensial seperti minyak peppermint dan minyak lavender.

12. Suplemen Magnesium

Bad mood juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium.

Pasalnya, magnesium membantu pelepasan serotonin dari dalam tubuh yang mana senyawa ini berperan penting dalam meningkatkan suasana hati.

Selain dari obat suplemen, Anda juga bisa mendapatkan magnesium dari sejumlah bahan alami seperti:

  • Cokelat hitam
  • Pisang
  • Alpukat
  • Gandum utuh

13. Istirahat yang Cukup

Sudah banyak penelitian yang mengungkap  keterkaitan antara kurangnya waktu tidur dengan penurunan suasana hati dan sebaliknya, meningkatnya rasa stres.

Apabila akhir-akhir ini Anda sering ditimpa bad mood, mungkin hal tersebut merupakan akibat dari kurangnya waktu tidur. Oleh sebab itu, cara menghilangkan bad mood adalah dengan senantiasa istirahat yang cukup yakni 7-9 jam sehari.

14. Berkunjung ke Psikiater

Jika setelah melakukan cara-cara di atas mood Anda tak kunjung membaik, maka lakukan cara menghilangkan bad mood yang terakhir yaitu mengunjungi psikiater.

Hal ini dikarenakan mungkin saja bad mood yang dirasakan berkaitan dengan gangguan mental lainnya yang lebih kompleks sehingga membutuhkan penanganan medis secara khusus.

Itu dia informasi mengenai cara menghilangkan bad mood yang perlu Anda ketahui dan lakukan. Semoga bermanfaat!

 

  1. Bentley, P. 2013. What really makes us happy? How spending time with your friends is better for you than being with family. https://www.dailymail.co.uk/news/article-2351870/What-really-makes-happy-How-spending-time-friends-better-family.html (Diakses pada 31 Oktober 2019)
  2. Bratman, G et al. 2015. Nature experience reduces rumination and subgenual prefrontal cortex activation. https://www.pnas.org/content/early/2015/06/23/1510459112 (Diakses pada 31 Oktober 2019)
  3. Casserly, M. 2011. In Pictures: 12 Fool-Proof Ways To Shake A Bad Mood. https://www.forbes.com/2011/02/15/bad-mood-happy-boost-forbes-woman-well-being-smile_slide.html#cf20cf44b820 (Diakses pada 31 Oktober 2019)
  4. Haas, S. 2010. 8 Secrets for Beating a Bad Mood. https://www.psychologytoday.com/us/blog/prescriptions-life/201003/8-secrets-beating-bad-mood (Diakses pada 31 Oktober 2019)
  5. Loria, K dan Erin, B. 2015. What caffeine does to your body and brain. https://www.businessinsider.com/physical-and-mental-affects-of-caffeine-2015-4?IR=T (Diakses pada 31 Oktober 2019)
  6. Robinson, K. 10 Surprising Health Benefits of Sex. https://www.webmd.com/sex-relationships/guide/sex-and-health#1 (Diakses pada 31 Oktober 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi