Terbit: 2 April 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Batu empedu adalah salah satu kondisi kesehatan yang cukup umum. Kondisi ini sering kali tidak menimbulkan gejala dan tidak membutuhkan perawatan. Namun terkadang batu empedu juga membutuhkan pembedahan atau obat-obatan untuk mengatasinya. Selain kedua cara tersebut, terdapat juga cara menghancurkan batu empedu secara alami yang banyak orang coba di rumah!

9 Cara Menghancurkan Batu Empedu Secara Alami

Cara Menghancurkan Batu Empedu Secara Alami

Perawatan batu empedu tentunya disesuaikan dengan tingkat keparahan dan gejala yang muncul. Batu empedu yang belum membutuhkan pembedahan, dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan yang dapat menghancurkan batu empedu. Di sisi lain, cara mengatasi batu empedu secara alami juga banyak dicoba oleh masyarakat.

Berikut adalah 9 cara menghancurkan batu empedu secara alami yang mungkin dapat dicoba!

1. Jus Apel

Cara menghancurkan batu empedu secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan jus apel.

Jus apel dipercaya dapat membantu menghancurkan dan memudahkan batu empedu keluar. Klaim ini didapatkan dari sebuah surat yang terbit pada sekitar tahun 1999, yang mencatat tentang seorang wanita yang dapat mengatasi batu empedu berkat konsumsi jus apel.

Meskipun begitu, cara alami satu ini masih belum dibuktikan secara ilmiah. Selain itu, konsumsi jus buah secara berlebihan juga tidak disarankan bagi pasien yang menderita diabetes, hipoglikemia, maag, dan beberapa kondisi medis lainnya.

2. Cuka Apel

Selain jus apel, cuka apel juga dipercaya sebagai bahan alami yang dapat mengatasi batu empedu.

Penggunaan cuka apel untuk membersihkan batu empedu biasanya juga dicampurkan dengan jus apel sebelum dikonsumsi. Cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun masih kurang bukti ilmiah untuk menentukan efektivitasnya dalam hal membersihkan batu empedu.

3. Minyak Jarak

Minyak jarak juga dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang digunakan untuk mengatasi batu empedu.

Penggunaan minyak jarak untuk batu empedu tidak dengan cara dikonsumsi secara langsung. Gunakan handuk yang telah direndam dengan menggunakan minyak jarak hangat, kemudian letakkan di perut dan tutup kembali dengan handuk. Diamkan kompres tersebut selama 1 jam. Pengobatan ini juga belum terbukti efektivitasnya secara ilmiah.

4. Dandelion

Dandelion tersedia sebagai obat herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah saluran empedu, hati, dan batu empedu.

Akar pahit dari tanaman ini dipercaya dapat membantu merangsang produksi empedu di kantong empedu. Namun hingga kini, belum terdapat bukti ilmiah yang membuktikan bunga dandelion efektif untuk mengatasi masalah batu empedu.

Bunga dandelion biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh atau kopi sebagai cara menghancurkan batu empedu secara alami.

5. Milk Thistle

Milk thistle adalah jenis bunga lain yang juga banyak dimanfaatkan dalam pengobatan herbal, sama seperti dandelion.

Milk thistle dipercaya dapat mengatasi gangguan hati dan kandung empedu. Tanaman ini biasanya tersedia dalam bentuk pil. Sebelum menggunakan herbal satu ini, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter, terutama jika Anda memiliki diabetes.

6. Artichoke

Artichoke dipercaya sebagai tanaman yang baik untuk meningkatkan fungsi kandung empedu.

Tanaman satu ini juga dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan juga merangsang empedu. Artichoke dikonsumsi sebagai sayuran dan dapat dikonsumsi dengan cara dikukus atau dipanggang.

Jika ingin mengonsumsi artichoke sebagai suplemen, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter lebih dulu.

7. Gallbladder Cleanse

Gallbladder cleanse adalah salah satu cara menghancurkan batu empedu secara alami yang paling populer.

Metode ini mengharuskan Anda untuk mengonsumsi campuran jus, rempah, dan minyak zaitun. Resep atau takaran jus ini dapat berbeda-beda, begitu juga cara konsumsinya. Umumnya jus ini dikonsumsi selama 2 hingga 5 hari.

Beberapa prosedur mungkin mengharuskan Anda untuk tidak mengonsumsi makanan lain selama beberapa waktu, namun terdapat juga beberapa prosedur lain yang membolehkan.

8. Yoga

Beberapa jenis gerakan yoga juga dipercaya dapat membantu masalah batu empedu.

Manfaat yoga untuk mengatasi batu empedu ini belum secara langsung ditemukan keterkaitannya. Namun meskipun tidak secara langsung dapat membantu mengeluarkan batu empedu, gerakan toga dipercaya dapat membantu meredakan gejala.

9. Akupuntur

Cara tradisional lain yang dipercaya dapat membantu mengatasi batu empedu adalah akupuntur.

Akupuntur adalah pengobatan tradisional dengan menggunakan jamur kecil yang diaplikasikan ke bagian tubuh tertentu. Pengobatan satu ini memang dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit, salah satunya membantu batu empedu. Cara ini juga terbilang aman dan minim risiko, namun tentunya harus dilakukan oleh seorang ahli.

Apakah Cara Menghancurkan Batu Empedu Secara Alami Efektif?

Cara-cara di atas adalah cara untuk mengatasi batu empedu yang banyak digunakan oleh masyarakat. Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa hampir semua cara tersebut belum terbukti secara medis. Pengobatan tersebut tidak dapat menjamin kesembuhan Anda, terutama apabila batu empedu sudah dalam kondisi parah.

Cara yang cukup efektif untuk mengatasi batu empedu adalah dengan menggunakan obat-obatan yang dapat membantu menghancurkan batu empedu tersebut agar batu empedu dapat lebih mudah keluar dari tubuh. Sedangkan jika batu empedu sudah lebih parah, maka pembedahan akan dibutuhkan untuk mengatasinya.

Penerapan pola hidup sehat juga dibutuhkan apabila Anda ingin mengatasi batu empedu yang dialami. Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan lainnya, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter tentang pengobatan alami atau herbal yang ingin digunakan.

Begitu juga jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan herbal karena penggunaan obat tertentu secara bersamaan dapat menyebabkan interaksi obat yang dapat menurunkan efektivitas obat atau menurunkan risiko efek samping.

 

  1. Brooks, Jenny dan Megan Lentz. 2017. Are There Natural Ways to Treat Gallstones?. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-gallstones. (Diakses 2 Januari 2020).
  2. Leonard, Jayne. 2018. What are the natural ways to get rid of gallstones?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321026.php#overview. (Diakses 2 Januari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi