13 Cara Menghaluskan Wajah Secara Alami (Mudah dan Efektif)

DokterSehat.Com – Sebagian besar wanita ingin memiliki kulit halus dan lembut hingga mereka mengeluarkan biaya yang cukup mahal serta melakukan perawatan kecantikan yang kadang menyakitkan, namun sebenarnya terdapat beberapa cara menghaluskan wajah secara alami yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah.

Cara Menghaluskan Wajah Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara menghaluskan wajah secara alami yang dapat Anda andalkan sebagai perawatan kulit rutin dengan bahan-bahan alami dan teknik yang mudah, yaitu:

1. Masker Madu

Cara menghaluskan wajah yang pertama adalah dengan menggunakan masker madu secara rutin, sekitar satu kali perawatan dalam seminggu. Kenapa masker madu? Madu memiliki sifat bioaktif alami yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai kondisi kulit seperti kulit kasar, kusam, keriput, kerutan halus, dll.

Cara menghaluskan wajah secara alami dengan masker madu adalah:

  • Basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan wajah
  • Siapkan madu dan kuas
  • Oleskan madu ke seluruh wajah dengan merata, jangan terkena mata, diamkan selama 30 menit
  • Anda juga dapat menggunakan masker madu di bibir
  • Setelah kandungannya sudah meresap di wajah, cuci muka dengan air dingin

Anda juga dapat menambahkan bahan alami lainnya seperti masker madu dengan oatmeal atau alpukat. Masker madu dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah secara natural.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang memiliki kandungan antimikroba dan anti inflamasi yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering dan pecah-pecah. Menurut dermatologi, minyak kelapa juga merupakan pelembap alami yang bagus digunakan sebelum tidur.

Cara menghaluskan wajah secara alami dengan minyak kelapa, yaitu:

  • Gunakan satu sendok makan minyak kelapa atau secukupnya
  • Aplikasikan pada wajah dan leher secara merata
  • Hindari terkena area mata
  • Diamkan selama semalaman
  • Basuh dengan air dingin keesokan harinya

Minyak kelapa memang dapat membuat Anda kulit halus dan cerah, namun sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakannya karena minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori. Anda dianjurkan untuk melakukan perawatan kulit dengan minyak kelapa satu hari sekali.

3. Scrub Minyak Zaitun dan Gula

Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, K, dan E serta antioksidan yang bagus bagi kulit. Manfaat minyak zaitun untuk kulit adalah untuk membersihkan wajah dari sebum dan bakteri, serta melembapkan kulit wajah. Anda juga dapat membuat scrub alami untuk eksfoliasi kulit wajah dari minyak zaitun dan gula.

Cara menghaluskan wajah secara alami dengan scrub minyak zaitun dan gula:

  • Siapkan ½ cangkir gula dan 1 sdm minyak zaitun
  • Campurkan kedua bahan tersebut
  • Setelah scrub jadi, aplikasikan pada wajah
  • Gosokan scrub dengan halus dan lembut
  • Bilas sampai bersih

Eksfoliasi kulit dengan scrub minyak zaitun berfungsi untuk mengupas kulit mati dan meregenerasi sel kulit sehat sehingga kulit jadi cerah, bersih, dan lembut.

4. Masker Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang memiliki kandungan baik untuk kulit. Alpukat mengandung vitamin E untuk mencegah kerutan dan membuat kulit jadi halus lembut. Untuk mendapatkan manfaat alpukat bagi kulit, Anda dapat memakannya secara langsung atau mengolahnya menjadi masker alpukat.

Berikut ini adalah cara menghaluskan wajah secara alami dengan masker alpukat, yaitu:

  • Siapkan 1 buah alpukat matang lalu hancurkan sampai halus
  • Siapkan sdt minyak kelapa
  • Campurkan kedua bahan tersebut
  • Cuci muka Anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan masker alpukat
  • Oleskan secara merata masker alpukat di wajah
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit

Anda dapat melakukan perawatan kulit wajah dengan masker alpukat satu kali seminggu agar kulit cerah dan sehat. Selengkapnya tentang 12 manfaat masker alpukat untuk wajah dan cara membuatnya.

5. Minyak Esensial

Cara menghaluskan wajah secara alami yang selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan dengan menggunakan berbagai jenis esensial seperti, minyak jojoba, minyak mawar, minyak lemon, tea tree oil, minyak lavender, dll. Pilihlah minyak esensial yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

6. Oatmeal

Bahan alami lainnya yang dapat Anda gunakan adalah oatmeal. Manfaat oatmeal adalah untuk menghidrasi dan melembapkan kulit, bukan hanya kulit wajah namun kulit seluruh tubuh.

Cara menghaluskan wajah secara alami dengan oatmeal adalah dengan memasak oatmeal, lalu mengoleskannya di wajah secara merata dan diamkan sekitar 30 menit. Anda juga dapat mencampurkan oatmeal di air hangat untuk mandi untuk menghaluskan seluruh kulit tubuh.

7. Pelembap

Kunci untuk membuat kulit halus dan lembut adalah dengan menjaga kelembapan kulit agar kulit tidak kering. Anda harus menggunakan pelembap atau moisturizer yang cocok dengan tipe kulit Anda sebagai perawatan kulit secara rutin.

Anda dapat menggunakan moisturizer dari bahan alami seperti minyak almond, lidah buaya, air mawar atau memilih produk perawatan kulit dengan bahan dasar tersebut.

Cara menghaluskan kulit wajah adalah dengan menyimbangkan asupan nutrisi serta perawatan kulit dari luar. Bila Anda merawat kulit dengan rutin dan telaten, maka Anda akan mendapatkan hasil kulit yang bersih, halus, cerah, dan glowing.

Cara Menghaluskan Kulit dengan Gaya Hidup Sehat

Warna dan tekstur kulit wajah Anda dipengaruhi oleh banyak faktor seperti polusi, faktor usia, asupan nutrisi, pemilihan produk kecantikan, dll.

Faktor gaya hidup juga akan berpengaruh pada kulit Anda. Apabila Anda tidak menerapkan gaya hidup sehat, itu juga akan berpengaruh pada kesehatan kulit wajah Anda yang mungkin dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, kasar, jerawat, kerutan, penuaan dini, dll.

Berikut ini adalah beberapa cara menghaluskan kulit wajah, yaitu:

8. Tidur yang Cukup

Cara menghaluskan kulit wajah yang pertama adalah dengan tidur yang cukup setiap harinya karena seperti bagian tubuh Anda lainnya, kulit juga butuh istirahat yang baik.

Waktu tidur ideal untuk usia dewasa muda (17-25 tahun) dan usia dewasa (26-64 tahun) adalah sekitar 7-9 jam. Kulit Anda juga akan memperbaiki jaringannya sendiri dari kerusakan sinar UV saat Anda tidur.

Tidur yang cukup juga akan berpengaruh pada penampilan Anda, dimana Anda akan terlihat lebih fit, kulit lebih segar, dan tidak akan ada mata panda. Bila Anda memiliki gangguan tidur, ketahui 20 cara mengatasi insomnia yang cepat dan efektif.

9. Konsumsi Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang berbahaya bagi kulit yang dapat menyebabkan flek hitam, kulit kasar, garis-garis halus, eksim, serta penuaan dini.

Penelitian membuktikan untuk mengatasi berbagai masalah kulit tersebut, Anda disarankan untuk mengkonsumsi sumber antioksidan yang terdapat di sayuran hijau, buah-buahan berwarna merah, kuning, dan oranye, serta ikan berlemak.

Baca Juga: 10 Makanan dengan Antioksidan Terbaik dan Manfaatnya untuk Tubuh

10. Olahraga

Penelitian membuktikan bahwa manfaat olahraga tidak hanya bagus untuk kebugaran tubuh, namun juga berdampak positif bagi kesehatan kulit.

Anda disarankan untuk olahraga rutin setidaknya satu sampai dua minggu sekali dengan gerakan sederhana. Latihan dasar seperti senam aerobik, jogging, dan lari dapat meningkatkan komposisi kulit Anda, mengencangkan kulit, serta meremajakan kulit Anda bila dilakukan secara rutin.

11. Pastikan Kulit Terhidrasi

Penelitian membuktikan bahwa terdapat manfaat minum air putih untuk kesehatan kulit. Minum air putih yang cukup, yaitu sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari, dapat mengurangi risiko masalah kulit seperti kulit kasar, kering dan kusam.

Minum air putih juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan menghaluskan kulit secara natural. Nah, bila Anda tidak setuju dengan perawatan kulit yang mahal, Anda dapat menerapkan cara menghaluskan kulit secara alami ini, yaitu minum air putih yang cukup setiap harinya.

12. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sinar UV (ultraviolet) adalah sinar matahari yang menghasilkan vitamin D alami yang sebenarnya baik untuk kulit bila paparannya di waktu yang tepat. Sebaliknya, radiasi sinar UV dapat menghancurkan sel-sel kulit, meningkatkan risiko kulit kering, kasar, kusam, penuaan dini, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit.

Salah satu cara menghaluskan kulit adalah dengan melindungi kulit dari radiasi sinar UV tersebut dengan menggunakan tabir surya minimal SPF 30, mengenakan pakaian yang menutupi kulit, dan tidak berlama-lama terpapar sinar matahari terutama di siang hari.

13. Kurangi Rokok dan Alkohol

Kandungan tembakau di rokok dapat menyebabkan kerutan, jerawat, psoriasis, dan berbagai masalah kulit lainnya. Sementara kandungan alkohol dapat meningkatkan risiko kulit kering dan penuaan dini.

Bila Anda menginginkan kulit halus, lembut, dan sehat, Anda dianjurkan untuk berhenti merokok dan minum alkohol demi mengurangi risiko berbagai gangguan kulit tersebut. Selain itu, kedua kebiasaan itu juga akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda secara umum.

Cara menghaluskan kulit wajah adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Anda tidak akan mendapatkan kulit wajah yang halus, bersih, dan lembut hanya dengan perawatan kulit dari luar, namun faktor internal dalam tubuh juga sangat memengaruhi.

Baca Juga: 10 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati pada Wajah yang Alami dan Efektif

Tips agar Kulit Sehat dan Cantik

Berikut ini adalah beberapa tips agar kulit sehat dan cantik, yaitu:

  • Bersihkan wajah Anda secara teratur minimal dua kali sehari
  • Gunakan sabun pembersih wajah yang ringan dan tidak mengandung banyak detergen
  • Jangan malas untuk membersihkan make up, terutama sebelum tidur
  • Aplikasikan semua tahap-tahap perawatan wajah dengan benar dan rutin
  • Gunakan tabir surya, terutama bila Anda memiliki aktivitas luar di siang hari
  • Kulit wajah adalah jenis kulit yang sensitif, Anda harus merawatnya dengan hati-hati
  • Kendalikan tingkat stres Anda karena keadaan emosi dan jiwa juga berpengaruh pada kesehatan kulit.

Banyak faktor yang membuat kulit Anda jadi kusam, kasar, berkerut, atau berjerawat. Kondisi tersebut umumnya normal terjadi, namun Anda dapat merawat kulit dengan cara alami yang sudah disebutkan di atas serta menjalani gaya hidup sehat.

Semoga informasi kesehatan tentang cara menghaluskan wajah secara alami ini dapat berguna bagi Anda. Perlu diingat bahwa hasil kulit lembut, cerah, halus, dan glowing tidak didapatkan dari perawatan singkat, namun perawatan rutin dan benar.

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

Sumber:

  1. Santos-Longhurst, Adrienne. 2019. How to Get Smooth Skin Through Healthy Living, OTC Products and Treatments. https://www.healthline.com/health/smooth-skin. (Diakses pada 29 Oktober 2019).
  2. Cherney, Kristeen. 2018. 10 Natural Dry-Skin Remedies You Can DIY at Home. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/natural-skin-remedies.aspx. (Diakses pada 29 Oktober 2019).
  3. Mayo Clinic. 2019. Skin care: 5 tips for healthy skin. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237. (Diakses pada 29 Oktober 2019).