Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComSunblock merupakan salah satu jenis skincare yang wajib digunakan. Apalagi sunblock memegang peranan penting falam melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV yang berbahaya. Sebagai tambahan informasi, sinar UV sendiri merupakan penyebab dari radikal bebas yang kerap memicu sejumlah masalah kulit seperti hiperpigmentasi hingga kanker kulit. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk menggunakan sunblock secara rutin. Sayangnya masih banyak orang yang masih belum bisa menggunakan sunblock secara benar dan tepat. Tidak ada salahnya untuk memperbaiki gal tersebut dengan menjalani sejumlah hal berikut.

Cara Menggunakan Sunblock yang Benar dan Tepat

1. Digunakan untuk Semua Jenis Kulit

Dilansir dari laman Gizmodo, penggunaan sunblock sendiri ternyata tidak dikhususkan hanya untuk skin tone tertentu. Produk satu ini wajib digunakan untuk semua skin tone, termasuk dark skin tone. Hal ini lantaran semua skin tone memiliki potensi tinggi terserang kanker kulit. Gunakan sunsreen dengan SPF tinggi. Misalnya saja SPF 30 yang ampuh menghalau sebanyak 96% dari total radiasi sinar UV pada kulit.

2. Gunakan Secara Berkala

Banyak dari Anda yang berpikir jika sunblock mampu bertahan selama seharian penuh. Padahal hal tersebut merupakan pendapat yang salah. Sunblock harus diaplikasikan kembali selama beberapa jam setelah pengaplikasian pertama agar dapat melindungi kulit secara optimal. Tidak hanya itu saja, perhatikan jenis sunblock yang Anda pilih. Apakah termasuk water-resistant atau tidak. Sunblock yang water-resistant akan lebih awet menempel pada kulit sekalipun kulit terkena air.

3. Gunakan Sunblock di Segala Cuaca

Alih-alih cuaca mendung, Anda justru melewatkan penggunaan sunblock. Padahal sinar UV yang mengandung radiasi masih ada dan bisa menyerang kulit. Maka dari itu gunakan aunblock di segala cuaca untuk menghindari dampak buruk radikal bebas secara optimal.

Setelah membaca sejumlah hal di atas, tidak ada salahnya untuk mulai menggunakan sunblock dengan benar dan tepat. Pasalnya hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari sunblock dan kesehatan kulit. Maka dari itu, yuk tinggalkan kebiasaan yang buruk tentang penggunaan sunblock!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi