Terbit: 11 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang, termasuk Anda pasti selalu menggunakan handuk setelah mandi, bukan? Ya, handuk adalah salah satu alat mandi yang fungsinya untuk menyerap cairan dan mengeringkan badan. Handuk sendiri tercipta dari kain atau kertas yang diformulasikan dengan material lain dan dibentuk menyesuaikan dengan ukuran tubuh seseorang pada umumnya.

Begini Cara Sehat Menggunakan Handuk

Alat mandi yang berasal dari bahasa Belanda, handooek ini memang sangat dibutuhkan bagi setiap orang. Sebab, tanpa handuk, tubuh akan sulit dikeringkan jika terkena air. Namun, walau digunakan setiap hari, tak sedikit orang yang mengabaikan kebersihannya. Padahal, handuk adalah salah satu benda yang sering menjadi sarang jamur dan bakteri.

Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara yang tepat menggunakan handuk agar tidak terjangkit oleh bakteri tersebut. Berikut adalah 3 cara sehat menggunakan handuk:

1. Gunakan Sendiri

Jika Anda sering berbagi alat mandi, khususnya handuk bersama dengan orang lain, maka hentikan kebisaan itu mulai sekarang. Usahakan untuk menggunakan handuk secara pribadi tanpa berbagi dengan orang lain. Sebab, dengan berbagi handuk, maka sama saja Anda memberi celah pertukaran bakteri, kuman, dan jamur yang bisa mengancam kesehatan kulit Anda.

2. Sesuai Fungsinya

Biasanya, seseorang akan menggunakan satu handuk untuk segala keperluan, misalnya menggosok tubuh dan wajah. Padahal, menggunakan handuk pun ada aturannya. Anda harus memisahkan antara handuk badan dan handuk wajah. Sebab, wajah sangat sensitif terhadap kuman dan bakteri. Jika diteruskan, bisa menjadi penyebab datangnya jerawat dan komedo.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Simpan di Tempat yang Kering

Setelah menggunakan handuk, usahakan agar menyimpannya di tempat yang kering. Bahkan, jika memungkinkan, segera jemur handuk di tempat yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Sebab, tempat yang lembap akan membuat bakteri pada handuk semakin betah. Begitupula sebaliknya, jika Anda menggantungnya pada tempat yang kering dan terkena sinar matahari, maka bakteri dan kuman akan hilang dengan sendirinya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi