Cara Menggemukan Badan dengan Cepat yang Sehat

Dokter Sehat – Mempunyai tubuh yang ideal tentu saja menjadi impian bagi setiap orang. Dengan mempunyai tubuh yang ideal kita akan merasa lebih percaya diri. Apalagi untuk kaum pria, biasanya wanita lebih menyukai pria yang badannya lebih berisi dan berotot. Mungkin lebih terlihat keren kan? Bagaimana tips dan cara menggemukan badan dengan cepat yang sehat? Dokter Sehat memiliki tips cara menggemukkan badan yang tepat.

Tips dan Cara Menggemukan Badan

Berikut ini cara menggemukan badan dengan cepat yang bisa anda lakukan setiap hari di rumah:

1. Minum susu

Selain menyehatkan tubuh, susu juga mampu membantu menggemukkan badan. Namun tidak semua jenis susu dapat menggemukan badan.

Cara menggemukan badan dengan susu bisa dilakukan dengan memilih susu full cream. Susu ini jauh lebih efektif untuk menggemukan badan daripada susu tinggi kalsium atau susu jenis lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, susu sebaiknya diminum dua kali sehari setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

Selain susu murni, kamu juga bisa mengonsumsi berbagai susu olahan. Misalnya kamu bisa mengkonsumsi yogurt, puding, dan es krim. Anda bisa minum susu atau olahannya sebagai minuman penutup sesudah makan.

Baca juga: Ingin Menambah Berat Badan Tapi Takut Kegemukan? Ini Solusinya!

2. Mengunyah makanan

Ketika makanan berada di dalam mulut, biasakan untuk mengunyah makanan tersebut sampai halus. Hal ini penting karena dapat mempermudah kinerja lambung Anda.

Mengapa Anda perlu menguyah makanan sampai halus? Pada dasarnya makanan yang halus akan lebih mudah diserap nutrisinya oleh tubuh. Jika Anda bosan, Anda dapat mengkonsumsi jus atau smoothies.

3. Makan teratur

Makan teratur atau tidak ternyata juga dapat berpengaruh pada berat badan. Yang terutama adalah sarapan di pagi hari.

Tips menggemukan badan yang sehat adalah dengan tidak melewatkan waktu sarapan di pagi hari. Selain itu sarapan pagi juga dapat memberi energi untuk beraktivitas. Makananan yang bernutrisi tinggi tentu saja akan membantu proses menggemukkan badan Anda.

Makan lima sampai enam kali dengan porsi yang kecil lebih baik dibandingkan makan tiga kali sehari dengan porsi besar. Hal ini disebabkan karena tubuh akan lebih mudah memproses asupan makanan Anda.

4. Jenis makanan

Cara menggemukan badan selanjutnya adalah melalui pemilihan jenis makanan. Makanan yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan.

Pilihlah jenis makanan yang sesuai dengan aktivitas Anda. Jika dalam kegiatan sehari-hari Anda banyak melakukan aktivitas, maka konsumsilah makanan yang banyak mengandung lemak atau karbohidrat. Misalnya seperti nasi, kentang, alpukat, dan roti. Jika kelebihan makanan, maka lemak dan karbohidrat akan ditimbun sehingga akhirnya dapat menaikkan berat badan.

5. Istirahat

Tubuh memerlukan waktu istirahat minimal 8 jam. Oleh sebab itu pastikan bahwa Anda cukup beristirahat dan jangan terbiasa begadang.

Selain itu usahakan untuk tidur siang. Dengan tidur siang yang cukup maka tubuh Anda akan menjadi sehat dan penyerapan makanan dapat berlangsung secara optimal. Begadang merupakan salah satu yang harus Anda hindari jika ingin menggemukan badan. Apalagi begadang juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit.

Baca juga: 4 Cara Menambah Berat Badan Anak

6. Kurangi merokok

Jika Anda selama ini merokok, maka kurangi kebiasaan merokok. Rokok sangat berbahaya bagi tubuh.

Selain membuat tubuh menjadi tidak sehat, rokok juga dapat menghambat kenaikkan berat badan sehingga Anda sulit gemuk. Apalagi rokok dapat menjadi pemicu penurunan nafsu makan. Jika demikian maka nutrisi dan kebutuhan gizi tentu saja akan menurun.

7. Konsumsi putih telur

Telur merupakan makanan yang kaya protein sehingga sangat baik untuk membantu mempercepat proses penggemukan badan.

Anda dapat mulai membiasakan konsumsi putih telur secara teratur setiap hari. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi telur di pagi hari. Telur merupakan makanan yang mengandung tinggi protein dan juga kalori. Tentu saja Anda harus menjaga jumlah telur yang dikonsumsi.

8. Tambahkan kalori sehat

Anda dapat meningkatkan kalori dengan menambahkan kacang atau taburan biji, keju, dan lauk sehat.

Anda tidak perlu mengubah pola makan secara drastis demi menggemukan badan. Cobalah almond, biji bunga matahari, buah, atau gandum utuh, dan roti gandum. Yang perlu diperhatikan adalah menghindari gorengan. Walau bisa dijadikan sebagai cara menggemukan badan, gorengan memiliki potensi meningkatkan kolesterol yang tidak baik bagi tubuh Anda.

9. Konsumsi nutrisi yang padat

Alih-alih mengonsumsi nol kalori dan junk food, makanlah makanan yang kaya nutrisi. Pertimbangkan daging berprotein tinggi, yang dapat membantu membangun otot.

Anda juga dapat memilih karbohidrat bergizi, seperti beras merah dan biji-bijian lainnya. Makanan ini membantu memastikan tubuh menerima makanan sebanyak mungkin, bahkan jika Anda berurusan dengan nafsu makan yang berkurang.

10. Olahraga

Olahraga dipercaya dapat menurunkan berat badan, namun olahraga ternyata dapat membantu menaikkan berat badan dan cara menggemukan badan yang ampuh.

Selain sebagai cara menggemukkan badan, olahraga yang teratur juga dapat menyehatkan badan Anda. Biasanya setelah olahraga, nafsu makan Anda akan meningkat. Dengan demikian asupan nutrisi dan kalori dalam tubuh juga akan ikut meningkat juga.

Baca juga: Benarkah Mitos Olahraga Renang Bisa Menambah Berat Badan?

11. Periksa kesehatan

Jika Anda sudah pernah gemuk dan sekarang kurus, Anda perlu mencoba cek kesehatan Anda.

Ada beberapa gangguan atau penyakit yang bisa menghalangi Anda menggendutkan badan. Jika Anda tidak mengalami gangguan kesehatan atau penyakit, maka cara menggemukkan badan di atas dapat membuat Anda untuk menggemukkan badan dengan cepat. Ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan ahli gizi atau dokter sebelum mengikuti proses cara menggemukan badan.

Nah, itu dia tips cara menggemukan badan dengan cepat yang bisa Anda coba di rumah, ingat! Tetap terapkan makan sehat ya, Teman Sehat!