Terbit: 18 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Orang tua mana yang tidak senang jika memiliki anak berbakat. Sebenarnya, semua anak itu berbakat dan bisa sukses di masa depan. Ini bisa didapatkan bila Anda mengetahui bakat anak. Oleh karena itu, temukan beberapa cara mengetahui bakat anak sejak dini yang tidak hanya meliputi tes bakat anak.

10 Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini, Orang Tua Harus Tahu!

Apa itu bakat?

Bakat adalah sebuah potensi yang ada di dalam diri. Secara genetik, bakat ini memang sudah ada sejak lahir. Namun, masyarakat memahami bahwa bakat adalah sebuah keterampilan memukau atau bermanfaat yang bisa dibuktikan secara nyata.

Dengan demikian, definisi yang tepat dari bakat adalah sebuah kelebihan di dalam diri seseorang yang membawa manfaat atau meninggalkan kesan bagi orang-orang. Oleh karena itu, bakat yang sudah ada di dalam diri anak harus ditemukan dan dikembangkan.

Apabila bakat seorang anak bisa ditemukan dan mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitar untuk semakin dikembangkan maka ia akan menjadi anak berbakat. Jadi, penting bagi setiap orang tua untuk mendapatkan cara mengetahui bakat anak sejak dini agar bisa segera dikembangkan.

Cara mengetahui bakat anak

Ingin memiliki anak berbakat? Temukan dulu apa bakatnya kemudian kembangkan hingga bakatnya semakin meningkat. Inilah mengapa informasi mengenai cara mengetahui bakat anak penting bagi setiap orang tua yang ingin memiliki anak yang berbakat.

Setiap orang tua seharusnya tahu beberapa cara mendeteksi bakat anak sebagaimana yang ada di bawah ini.

1. Pelajari tentang bakat

Cara pertama untuk mengetahui bakat anak adalah dengan mempelajari lebih dulu mengenai bakat. Ini penting bagi orang tua sehingga tidak terjadi kesalahpahaman atau ketidaktepatan dalam mengambil keputusan.

Setiap orang tua perlu belajar menyelami apa itu bakat dan hal-hal lain terkait dengan bakat, minat, dan kecerdasan. Orang tua pun akan mengetahui apa yang dimaksud dengan bakat, jenis-jenis bakat, dan cara menindaklanjuti bakat.

Apabila Anda mengetahui banyak jenis bakat maka akan semakin mudah bagi Anda mendeteksi dan menyadari sebuah bakat yang dimiliki oleh anak. Sebagai contoh, orang tua yang tahu bahwa menulis adalah sebuah bakat maka bisa langsung menyadari jika anaknya menunjukkan keunggulan dalam keterampilan membuat tulisan.

Baca Juga: Tak Perlu Tes Bakat! Kenali 8 Ciri-Ciri Anak Cerdas dan Berbakat

Masih banyak orang tua yang memiliki sedikit pengetahuan tentang aneka jenis bakat. Mungkin ada orang tua yang masih berpikiran bahwa bakat itu seperti sains, seni, olahraga dan lainnya. Jadi, jika anaknya tidak memiliki bakat yang dikenalnya maka ia menganggap anaknya tidak memiliki bakat.

Dampaknya cukup fatal bukan? Ini akan mempersulit mengetahui bakat anak apalagi ingin mengembangkannya. Jadi, mulai sekarang pelajarilah informasi terkait bakat dan dalami. Ini bertujuan untuk memudahkan Anda mendapatkan cara mengetahui bakat anak.

2. Perhatikan ketertarikannya sehari-hari

Setelah Anda memiliki pengetahuan tentang bakat maka mulailah untuk memerhatikan aktvitas anak. Perhatikan apa yang ia kerjakan, hal-hal apa saja yang menarik perhatiannya. Amati apa hal yang paling sering dilakukan, dimainkan, dan dibincangkan.

Sering kali, hal yang menarik minat anak adalah sebuah tanda awal minat dan bakat anak dalam hal itu atau yang terkait dengan itu. Contohnya, jika anak Anda suka sekali segala sesuatu yang terkait dengan mobil maka bisa jadi bakatnya terkait dengan mobil. Mungkin ia berbakat dalam mendesain mobil, merancang mesin untuk mobil, atau balapan mobil.

3. Perkenalkan anak dengan banyak keterampilan

Cara mengetahui bakat anak biasanya diikuti dengan memperkenalkan anak dengan banyak bidang. Perkenalkan anak dengan sains, seni, olahraga, teknologi, digital, beladiri, dan lainnya. Paparlah anak dengan banyak hal positif.

Dengan begitu ia akan mengenal banyak hal dan meningkatkan peluang untuk menemukan ketertarikannya. Mungkin saja anak Anda memiliki bakat melakukan koding. Akan tetapi, bagaimana ia bisa mengetahui bakatnya dalam hal itu jika ia tidak mengenal apa itu koding.

4. Amati anak ketika sedang belajar keterampilan tertentu

Setelah anak mengetahui banyak bidang atau hal khusus, biasanya ia akan menindaklanjutinya dengan permintaan kepada Anda. Sebagai contoh, “Bunda, aku ingin belajar melukis.” Itu adalah respon yang bagus dan dukunglah.

Perhatikan bagaimana ketika anak sedang berada di kelas melukis . Apakah ia sangat antusias? Tidak bosan bahkan meminta tambahan jam pelajaran? Apakah ia terus bergelut dengan hal tersebut? Jika jawabannya positif maka itu merupakan tanda bahwa adalah anak berbakat dalam bidang melukis.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Berbakat

5. Cermati keunggulannya pada hal tertentu

Nilai pelajaran anak di sekolah tidak menunjukkan prestasi apa pun? Jangan sampai Anda memiliki pemikiran bahwa anak Anda tidak berbakat bahkan ‘bodoh’. Bakat mencakup hal yang sangat luas. Tidak semua anak berbakat memiliki bakat akademis seperti sains dan matematika.

Jadi, jangan berkecil hati bila anak Anda tidak unggul secara akademis. Itu artinya ia memiliki bakat nonakademis. Tugas Anda adalah menemukan bakat nonakademis apa yang nilainya tinggi. Mungkin, anak Anda memiliki suara yang sangat indah atau anak Anda unggul dalam membuat puisi.

6. Gali informasi aktivitas anak di luar rumah

Umumnya, anak memiliki kegiatan di luar rumah seperti di sekolah. Kegiatan anak di sekolah yang cukup lama seharusnya perlu dipantau. Ini bukan berarti Anda harus ikut menemaninya di dalam kelas. Anda bisa menanyakannya kepada guru atau teman-temannya. Galilah informasi terkait minat dan bakatnya.

7. Lakukan tes bakat anak

Cara mengetahui bakat anak yang cukup ampuh dan efektif adalah dengan melakukan tes bakat anak. Tes bakat anak ini tentunya tidak sama dengan tes IQ. Jika tes IQ menunjukkan tingkat kecerdasan secara umum maka tes bakat memberikan informasi terkait kecerdasan khusus.

8. Konsultasi dengan ahli

Mengetahui bakat anak juga bisa dilakukan dengan menggunakan jasa konsultasi dengan ahli. Orang-orang yang memiliki keahlian untuk mengetahui bakat anak biasanya memiliki pendidikan psikologi atau berpengalaman di bidang parenting dan pendidikan. Konsultasi dengan ahli cukup membantu untuk mengetahui bakat anak.

9. Berikan anak kesempatan untuk mendalami suatu bidang secara serius

Suatu hal yang wajar jika anak pernah memiliki minat pada hal tertentu tetapi berhenti hanya dalam beberapa bulan bahkan hari. Ini adalah hal yang wajar karena anak masih mengekslorasi minat dan bakatnya.

Baca Juga: 8 Alasan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Semakin bertambah usia anak maka ia akan semakin mantap dengan pilihannya. Janganlah meragukan hal ini. Akan tiba masanya di mana anak akan menunjukkan keseriusannya untuk mendalami hal tertentu yang kemungkinan besar ia sudah menemukan bakatnya. Berikanlah ia kesempatan untuk mendalami bidang pilihannya.

10. Tantang anak dengan sebuah proyek nyata

Tantanglah anak untuk menghasilkan sebuah karya nyata dalam bentuk sebuah proyek. Contohnya, tantang anak berbakat dalam bidang sains untuk membuat temuan ilmiah. Mulailah dari yang paling mudah.

Cara mengetahui bakat anak dengan cara ini juga tak kalah dengan tes bakat anak. Namun, jangan langsung memberi tantangan kepada anak sebelum ia cukup belajar banyak pada bidang tersebut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi