8 Cara Mengentalkan Sperma untuk Meningkat Kesuburan Pria

cara-mengentalkan-sperma-doktersehat

DokterSehat.Com – Masalah kesuburan pria merupakan topik yang cukup sensitif dalam rumah tangga. Beberapa pria bahkan sampai mengalami depresi lantaran tidak memiliki kesuburan atau sperma yang berkualitas. Salah satunya sperma encer yang memotivasi para pria untuk mencari cara mengentalkan sperma dengan baik. Sperma kental dianggap dapat mempercepat pembuahah.

Jenis masalah kesuburan pada pria ada banyak. Pertama adalah kualitas dari sperma itu sendiri. Sel kecil yang akan membuahi sel telur ini bentuknya lancip di depan dan memiliki ekor. Pergerakan sperma juga gesit sehingga mudah menjangkau sel telur di dalam rahim. Jumlah atau volume sperma di dalam air mani juga menentukan kesuburan. Biasanya kekentalan dari sperma yang ada pada air mani menentukan cepat atau lambatnya pembuahan akan terjadi.

Cara Mengentalkan Sperma dengan Mudah

Sperma dan air mani yang dimiliki oleh pria jumlahnya bisa berubah-ubah setiap saat. Begitupun dengan kekentalan sperma. Agar kondisi air mani tetap terjaga dengan baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pria untuk mengentalkan sperma, di antaranya:

1. Tidak terlalu sering ejakulasi

Salah satu faktor yang menyebabkan pria mengalami menurun volume dari sperma sehingga terlihat encer adalah sering ejakulasi. Ejakulasi yang terjadi berkali-kali akan membuat air mani yang dihasilkan jadi sedikit. Oleh karena itu ejakulasi berkali-kali seperti onani sangat dilarang. Cara mengentalkan sperma ini memang butuh perhatian bila Anda telah kecanduan onani.

Pasangan yang ingin memiliki anak biasanya harus melakukan hubungan intim setiap 2-3 hari sekali. Sperma dan air mani akan maksimal saat ejakulasi sehingga kemungkinan terjadi pembuahan akan besar.

2. Memperbaiki pola makan

Salah satu makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengentalkan sperma, membuat sperma berkualitas, dan jumlahnya banyak adalah zink atau seng. Zat ini banyak terkandung pada biji-bijian yang mengandung protein.

Selain makanan yang mengandung seng, pria tidak disarankan mengonsumsi makanan mengandung banyak lemak. Makanan ini hanya akan menurunkan testosteron yang berperan dalam memproduksi sperma di testis.

3. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan adalah salah satu hal paling efektif yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengentalkan air mani dan meningkatkan jumlah sperma. Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan berat badan dapat secara signifikan meningkatkan volume sperma, konsentrasi, dan mobilitas, serta kesehatan sperma secara keseluruhan.

Perubahan dalam jumlah sperma telah ditemukan paling signifikan pada pria yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih tinggi, jadi jika mengalami penurunan berat badan, bahkan kehilangan sejumlah kecil berat badan dapat membantu.

Bicarakan dengan dokter yang dapat membantu Anda memulai untuk mencapai tujuan penurunan berat badan. Anda mungkin ingin menjadwalkan janji bertemu dengan ahli gizi untuk mengubah kebiasaan makan apa pun yang dapat ditingkatkan. Bekerja sama dengan pelatih atau program latihan lain juga dapat membantu.

4. Mulai berolahraga

Obesitas adalah penyebab sperma tidak bisa dihasilkan dengan maksimal dan volumenya menurun. Kondisi ini menekan testosteron sehingga sperma yang dihasilkan terus menurun.

Olahraga adalah cara mengentalkan sperma dengan sendirinya. Jika Anda mulai berolahraga, kadar lemak di dalam tubuh akan menurun dengan maksimal. Efeknya tubuh akan mudah menghasilkan sperma dengan maksimal.

5. Tidak merokok dan minum alkohol

Selain kadar lemak yang naik di dalam tubuh, radikal bebas juga menyebabkan pria susah menghasilkan sperma yang kental. Radikal bebas ini terkandung pada rokok yang dihisap hampir setiap hari dan juga alkohol yang dikonsumsi dengan berlebihan.

Hindari alkohol dan rokok sejauh mungkin. Bila bisa melakukannya, Anda bisa dengan mudah menjaga kesuburan sehingga dapat mengentalkan sperma.

6. Kenakan celana dalam longgar

Menjaga sperma pada suhu yang memadai dan memungkinkan banyak aliran udara ke skrotum dapat membantu mengolah lingkungan yang tepat untuk sperma yang sehat. Jika tidak merasa nyaman mengenakan celana boxer, pilih celana katun bukan yang sintetis dapat membantu mengentalkan sperma. Celana katun dapat membantu mengontrol aliran dan suhu udara.

7. Konsumsi vitamin

Vara mengentalkan air mani berikutnya adalah mengonsumsi beberapa jenis vitamin, termasuk vitamin D, C, E, dan CoQ10, yang penting untuk kesehatan sperma.

Satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 1.000 mg vitamin C setiap hari dapat membantu konsentrasi dan mobilitas sperma pria dan mengentalkan sperma.

Jumlah sperma secara keseluruhan tidak akan membaik, tetapi sperma dapat menjadi lebih terkonsentrasi dan dapat bergerak lebih efisien. Itu dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Studi lain mencatat tingkat kehamilan yang kurang berhasil di antara pasangan di mana pria memiliki kadar vitamin D yang rendah. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami hubungan antara vitamin ini dan kesuburan, tetapi tampaknya ada hubungannya.

Berkonsultasilah dengan dokter  tentang menguji kadar vitamin Anda. Dokter dapat melakukannya dengan menggunakan tes darah sederhana.

8. Perhatikan lingkungan Anda

Pertimbangkan untuk mengganti pakaian dan mandi sesegera mungkin jika Anda terpapar:

  • Logam
  • Pelarut
  • Pestisida
  • Cairan pembersih cat
  • Degreasers
  • Lem atau cat berbasis air
  • Zat pengganggu endokrin lainnya

Racun-racun itu dapat memengaruhi jumlah sperma. Jika terpapar pada salah satu dari bahan terebut karena terbiasa, cara mengentalkan air mani dengan mempertimbangkan menunda kebiasaaan itu sampai sperma anda sehat dan itu tandanya bisa membuahi sel telur.

Pekerjaan yang membuat Anda terkena panas atau radiasi berlebih, atau bahkan pekerjaan yang ekstrem juga dapat memengaruhi jumlah sperma.

Kekentalan dan Jumlah Sel Sperma

Secara umum air mani yang mengandung sperma memiliki kekentalan yang cukup tinggi. Kekentalan ini menunjukkan jumlah sel yang banyak dan juga kualitasnya. Setelah 15 menit, kekentalan sperma akan menurun dan air mani jadi encer karena semua sel di dalamnya sudah mati.

Kekentalan dari sperma menentukan volume dari sel sperma yang dihasilkan. Menurut WHO, pria bisa melakukan pembuahan dengan normal bila menghasilkan minimal 1,5 ml air mani. Selain volume ini, di dalam air mani juga harus mengandung minimal 20 juta sel sperma per mililiter.

Pria yang tidak mengalami gangguan pada alat vitalnya biasanya tidak akan mampu menghasilkan air mani setengah sendok teh. Pada kondisi ini pria harus mulai mengubah gaya hidupnya agar kekentalan dan volume dari spermanya meningkat.

Semoga ulasan cara mengentalkan air mani di atas bisa membantu mengentalkan sperma kembali. Mari melakukan hal positif dan menjalani pola makan sehat setiap harinya, Teman Sehat!