10 Cara Mengendalikan Emosi Diri Sendiri

Doktersehat-cara-mengendalikan-emosi
Photo Credit: Flickr.com/Gerrit-Jan Visser

DokterSehat.Com – Pada dasarnya setiap manusia memiliki emosi. Emosi yang muncul bisa emosi positif atau emosi negatif. Emosi adalah ekspresi normal atas berbagai hal yang terjadi dalam hidup. Karena emosi adalah perkataan atau ungkapan perasaan yang keluar dari dalam diri seseorang, maka dari itu Anda harus mengekspresikan emosi dengan tepat.

Setiap orang pasti mempunyai tingkat emosi yang berbeda-beda, namun setiap orang dituntut untuk mampu mengendalikan emosinya dengan baik. Sayangnya, banyak sebagian orang tidak mampu mengendalikan emosinya dengan baik.

Sering kali emosi-emosi negatif seperti marah dan kecewa lebih menguasai diri Anda, sehingga Anda menjadi tidak dapat berkonsentrasi. Bahkan, Anda bisa saja melakukan hal-hal yang merugikan orang lain.

Mengekspresikan emosi secara tepat dan mengetahui cara mengendalikan emosi akan membuat Anda merasa lebih baik. Oleh karenanya, penting untuk diketahui bagaimana cara mengendalikan emosi.

Berikut ini adalah cara mengendalikan emosi yang bisa Anda coba, di antaranya:

  1. Mengubah sudut pandang

Cara mengendalikan emosi ini sangat mudah untuk dilakukan. Karena pada dasarnya emosi adalah ekspresi normal terhadap sesuatu hal, Anda dapat memberi arti yang berbeda-beda terhadap suatu kejadian.

Misalnya, ketika ada 2 orang yang duduk di meja dekat Anda tertawa, mereka yang emosi negatifnya lebih besar berpandangan bahwa, orang itu sedang menertawakan Anda. Oleh karena itu, ubahlah cara berpikir Anda bahwa orang tersebut tertawa tidak ada hubungannya dengan Anda. Teknik ini disebut dengan cognitive reappraisal.

  1. Mengubah fokus

Sering kali seseorang emosional karena ada rasa rendah diri (inferior). Untuk mengatasi hal itu, coba fokuskan perhatian Anda pada orang-orang yang secara status sosial/prestasi dibawah Anda.

Sadarilah keberadaan Anda saat ini, perasaan dan pikiran serta lingkungan di sekitar Anda. Ini dapat membuat Anda lebih sadar dan bersikap positif merespons segala sesuatu.

  1. Mengubah situasi

Jika seseorang kecewa terhadap suatu kejadian, maka emosi negatif pasti akan muncul dalam dirinya. Contohnya, Anda sering emosional setiap kali memasak tapi masakan Anda tidak ada yang makan. Maka jalan keluarnya adalah Anda ubah masakan, misalnya dengan memasak makanan yang disukai suami/anak. Bila Anda emosional ketika sedang berdiri, cobalah duduk. Bila Anda emosional ketika sedang didalam ruangan, cobalah jalan ke halaman.

  1. Jangan terburu-buru

Bila Anda termasuk orang yang emosional ketika menjalankan sesuatu dengan terburu-buru, maka usahakan buat rencana yang baik sehingga Anda tidak perlu terburu-buru menjalankan pekerjaan tertentu. Misalnya, jika Anda sering emosi bila bertemu dengan seseorang teman, maka coba jaga jarak dengan teman tersebut.

Kelola waktu dengan mengatur jadwal dan membuat rencana hal-hal yang perlu dilakukan. Perencanaan akan membantu Anda mengurangi stres.

  1. Menyibukan diri dengan hobi

Menjalankan aktivitias yang membuat Anda senang dapat menciptakan emosi positif di kehidupan sehari-hari. Mengerjakan hobi yang Anda sukai membuat Anda merasa rileks dalam dunia Anda sendiri.

  1. Memberi bantuan pada orang lain

Cara mengendalikan emosi ini adalah salah satu cara yang juga dianjurkan oleh banyak agama. Kegiatan memberi dapat membuat Anda senang. Memberi di sini tidak hanya diartikan dengan materi, tetapi Anda juga bisa memberikan bantuan waktu hingga memberi senyum.

  1. Mempelajari hal baru

Mendapatkan kemampuan baru bisa ditempuh dengan belajar alat musik atau bahasa yang jarang Anda gunakan. Memperoleh ilmu baru dapat dapat membangkitkan kepercayaan diri dan berfungsi sebagai cara mengendalikan emosi. Selain itu, mempelajari gaya baru  dalam berhubungan seksual juga dapat mendatangkan manfaat emosional yang membuat Anda merasa lebih percaya diri.

  1. Mengosongkan pikiran

Tenang dan kosongkan pikiran sejenak dengan menghela napas panjang secara teratur. Lakukan ini dengan mata terpejam dan fokuslah pada hal yang membuat Anda merasa rileks. Yoga dan meditasi dapat menjadi metode manajemen stres dan melatih Anda mengendalikan emosi.

  1. Ceritakanlah pada orang lain

Mencurahkan isi hati kepada teman yang Anda percaya atau yang mengalami hal serupa akan sangat membantu mengatasi emosi yang Anda alami. Mengeluh dan tertawa bersama dapat membantu menyingkirkan rasa emosi

  1. Mengubah reaksi

Cara mengendalikan emosi yang terakhir ini sangat mudah dijalankan karena emosi negatif Anda pasti terjadi karena sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman, kuncinya adalah menemukan pemicunya. Cari tahu kenapa Anda bisa marah dan ingatkan pada diri sendiri jika amarah tidak akan memperbaiki apa-apa, dan mungkin hanya membuat segala sesuatu menjadi lebih buruk.

Nah, itulah beberapa cara mengendalikan emosi yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba.