Terbit: 19 November 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara mengencangkan kulit wajah cukup mudah dengan menggunakan skin care, masker alami, pelembap, face roller, atau melalui prosedur medis seperti chemical peels, laser, botox, dan lainnya. Ketahui tips perawatan untuk mengencangkan kulit di sini. 

15 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami dan Medis

Penyebab Kulit Kendur 

Salah satu tanda-tanda penuaan kulit adalah kulit kendur dan keriput. Kondisi ini terjadi akibat kulit tidak memproduksi kolagen secara alami yang cukup karena faktor usia. Kolagen adalah protein yang berperan untuk menjaga struktur serta jaringan kulit. 

Faktor gaya hidup kurang sehat juga dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti kebiasaan merokok, paparan sinar UV, atau makan tidak sehat. Anda mungkin juga mengalami kulit kendur bila mengalami penurunan berat badan ekstrim. 

Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami 

Nah, sebagian besar orang tentu ingin memiliki kulit yang kencang dan sehat bahkan saat sudah berusia lebih tua. Ikuti beberapa tips dan cara mengencangkan kulit berikut ini: 

1. Senam Wajah

Bukan hanya tubuh, tapi wajah juga butuh olahraga. Latihan otot wajah dapat meremajakan kulit dan meningkatkan kadar oksigen pada jaringan kulit. 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Berikut ini cara senam wajah, khususnya untuk mengencangkan bagian pipi: 

  • Letakkan masing-masing dua jari pada kedua pipi. 
  • Tekan kulit pipi ke atas. 
  • Buka mulut membentuk huruf “O” panjang. 
  • Tahan selama 5 detik dan lakukan sebanyak 10-15 kali setiap hari. 

2. Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa alami untuk menangkal paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan keriput dan penuaan dini. Kandungan antioksidan juga dapat memperbaiki kerusakan jaringan kulit serta mendukung regenerasi kulit. 

Anda disarankan untuk konsumsi makanan kaya akan antioksidan seperti blueberry, stroberi, bayam, plum, sayuran berdaun hijau, kale, teh hijau, kol merah, apel, dan lainnya. Anda juga bisa menggunakan krim kulit yang diperkaya antioksidan. 

Baca Juga: 12 Buah Antioksidan Tinggi yang Wajib Dikonsumsi 

3. Gunakan Pelembap 

Gunakan krim atau pelembap untuk kulit wajah dan seluruh tubuh. Pelembap mengandung kolagen, vitamin A, C, dan E untuk menutrisi dan menghidrasi kulit agar kulit kencang, sehat, dan tampak berseri-seri. 

Sebagian besar produk pelembap mengandung agen hidrasi yang kuat seperti hidrasi asam hialuronat, ceramides, natrium PCA, gliserin, gliserol, silikon, petrolatum, asam salisilat, dan asam alfa hidroksi. Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

4. Gunakan Tabir Surya 

Kenapa harus menggunakan sunscreen? Manfaat sunscreen atau tabir surya adalah melindungi kulit dari gelombang UV. Pasalnya, paparan gelombang UV dapat menyebabkan radikal bebas, penuaan dini, kulit keriput, hingga risiko kanker kulit. 

Jadi, gunakan sunscreen atau tabir surya khususnya bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk proteksi kulit terbaik. 

5. Gunakan Skin Care 

Skin care atau perawatan kulit harian sangat penting untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Anda perlu menggunakan skin care setiap hari, termasuk skin care untuk siang hari dan malam hari. 

Produk skin care apa yang Anda perlukan? Anda butuh produk pembersih wajah, cleanser, toner, serum, pelembap, sunscreen, eye cream dan juga krim anti-ageing. Gunakan produk perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 10 Urutan Skincare Pagi yang Benar untuk Kulit Cantik dan Glowing

6. Gunakan Masker Wajah 

Masker wajah dapat menjadi bagian dari perawatan kulit rutin seminggu sekali atau bahkan lebih sering untuk jenis kulit tertentu. Salah satu kandungan terbaik untuk kulit adalah aloe vera untuk menghidrasi kulit, madu untuk meremajakan kulit, buah sitrus yang kaya akan antioksidan, atau minyak kelapa untuk mengatasi kulit kendur dan keriput. 

Anda dapat menggunakan jenis masker kecantikan apa saja seperti clay mask, charcoal, cream, atau yang berbentuk sheets dan peel off. Gunakan masker kecantikan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. 

7. Makan Sehat dan Cukup Minum Air Putih 

Selain perawatan kulit dari luar, Anda harus merawat kulit dari dalam. Konsumsi makanan sehat bukan hanya baik untuk seluruh organ tubuh, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan, penampilan, dan kecantikan kulit. 

Penuhi kebutuhan vitamin untuk kulit dari makanan, termasuk vitamin A (retinol), vitamin B, C, dan E. Semua vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan dan juga membantu meningkatkan produksi kolagen untuk jaringan kulit agar tetap kencang, kenyal, bersih, dan cerah. 

8. Gunakan Face Roller 

Cara mengencangkan kulit wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan face roller. Alat kecantikan sederhana ini bisa digunakan dengan mudah di rumah. 

Manfaat face roller adalah menghaluskan kulit, membantu mengatasi kerutan, dan juga menarik jaringan kulit yang mulai kendur. Berdasarkan laporan, face roller juga dapat meningkatkan produksi protein tertentu pada lapisan kulit walaupun penelitian ini belum sempurna. 

Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Medis 

Berikut ini beberapa cara membuat kulit kencang dengan prosedur medis untuk hasil penampilan kulit yang lebih efektif dan cepat: 

1. Chemical Peels 

Ada tiga jenis chemical peels yang bisa Anda lihat di sini. Chemical peels adalah prosedur eksfoliasi kulit untuk mengangkat kulit mati dan mendukung pertumbuhan sel-sel kulit baru. Prosedur chemical peels dapat membantu Anda mengatasi kerutan, garis-garis halus, dan kulit kendur. 

2. Laser 

Terapi laser untuk kulit adalah prosedur medis menggunakan cahaya kuat untuk mengelupas sel kulit mati sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Prosedur laser dapat menjadi alternatif yang efektif dan cepat untuk mengatasi kerutan dan kulit kendur.

3. Tanam Benang 

Tanam benang adalah prosedur kecantikan untuk mengencangkan kulit tanpa operasi. Prosedur tanam benang menggunakan benang polydioxanone (PDA) yang diaplikasikan di bawah jaringan kulit, lalu ditarik untuk membuat kulit kencang. Tanam benang juga membantu meningkatkan produksi antioksidan dan kolagen untuk jaringan kulit.

4. Botox 

Botox adalah protein yang terbuat dari botulinum toxin. Dalam dosis kecil dan tepat, suntik botox berguna untuk mengatasi keriput dan kulit kendur. Namun, dosis yang berlebihan akan menyebabkan botulisme (keracunan bakteri Clostridium botulinum). 

Dalam prosedur kecantikan, dokter akan menyuntikkan botox ke sel saraf tertentu yang menyebabkan otot-otot tersebut tidak bisa bergerak atau berkontraksi. Hasilnya, kerutan, garis-garis halus, dan kulit kendur akan hilang. Walaupun demikian, risiko efek samping suntik botox sangat tinggi sehingga Anda harus berhati-hati.

5. Prosedur Ultrasound 

Cara mengencangkan kulit wajah secara medis selanjutnya adalah dengan menggunakan terapi ultrasound atau ultrasonologi. Prosedur ini menggunakan gelombang ultrasonik untuk merangsang produksi kolagen di dalam jaringan kulit. 

Perawatan ultrasonologi dapat mengatasi kerutan, membuat kulit halus, serta mengencang kulit area pipi, alis, kelopak mata, bawah rahang, dan leher. Namun, perawatan kulit ini tergolong mahal yaitu sekitar 29 juta rupiah untuk satu kali perawatan.

6. Facelift

Facelift adalah operasi kulit wajah secara lengkap untuk memperbaiki hampir seluruh masalah kulit, termasuk:

  • Kulit kendur. 
  • Keriput. 
  • Garis halus dan noda hitam. 
  • Kulit kusam.

Pembedahan kulit digunakan untuk memperbaiki seluruh jaringan kulit wajah. Walaupun cukup efektif, operasi kulit tentu memiliki risiko efek samping cukup tinggi dan biaya yang cukup tinggi. Harga facelift bisa mencapai 100 juta rupiah lebih. 

7. Radiofrequency 

Radiofrequency adalah prosedur kecantikan yang menggunakan frekuensi radio tinggi untuk merangsang produksi protein dan kolagen agar kulit kencang. Anda mungkin harus melakukan perawatan dengan prosedur radiofrequency beberapa kali hingga melihat hasilnya. 

Nah, itulah beberapa cara mengencangkan kulit wajah secara alami dan medis. Kulit kendur tidak kencang adalah salah satu tanda penuaan yang mungkin sulit dihindari, namun dapat dikontrol dengan perawatan kulit setiap hari dan yang terpenting memenuhi asupan vitamin untuk kulit dari luar dan dalam. Semoga informasi ini bermanfaat! 

 

  1. Kakar, Pound. 2019. How To Tighten Loose Skin (Saggy) on Your Face?. https://skinkraft.com/blogs/articles/how-to-tighten-loose-skin-on-face. (Diakses pada 19 November 2020). 
  2. Watson, Kathryn. 2019. How to Tighten Skin on the Face and Neck. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-tighten-skin-on-face#collagen-supplements. (Diakses pada 19 November 2020). 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi