Cara Mengecilkan Paha dan Betis secara Alami

Doktersehat-Manfaat-Olahraga-Lompat-Tali-Bagi-Tubuh
Photo Credit: Flickr.com/Matt Saunders

DokterSehat.Com– Memiliki paha dan betis yang besar bagi seorang perempuan membuatnya risih dan kurang percaya diri. Kondisi ini menjadi alasan kau perempuan mancar cara mengecilkan paha dan betis dengan cara operasi ataupun secara alami seperti rutin menjalani olahraga atau pergi ke tempat gym.

Betis dan paha yang besar pada setiap orang biasanya disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat sehingga penumpukan lemak terjadi di area betis dan paha. Terutapa mereka yang mengonsumsi makanan berlemak tinggi akan menyebabkan badan menjadi gemuk dan tidak sehat, yang juga berdampak pada betis dan paha.

Tindakan utama yang harus dihindari adalah makanan yang berlemak tinggi, contoh makanan cepat saji atau junk food. Memang terasa nikmat sekali ketika kita memakannya namun tidak menyehatkan. Akan tetapi jika sering mengonsumsi makanan ini kemungkinan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh akan semakin besar.

Selain itu, sering mengonsumsi makanan cepat saji juga tidak baik untuk kesehatan jantung karena bisa menimbulkan kolesterol tinggi dalam darah. Hindarilah makan terlalu banyak karbohidrat dan makanan yang mengandung gula tinggi, karena gula jika tidak dicerna dengan baik oleh tubuh maka akan menjadi lemak.

Cara Mengecilkan Paha dan Betis

Bila Anda risih dengan penampilan tubuh anda, berikut ini cara mengecilkan betis dan paha yang telah DokterSeahat rangkum, di antaranya:

1. Rutin olahraga kardio

Kardio adalah olahraga yang memacu kerja jantung. Hampir semua bagian tubuh akan bergerak, jika banyak bagian tubuh yang bergerak, otomatis terjadi pembakaran energi. Awalnya energi yang berasal dari makanan yang kita makan digunakan, setelah habis, maka tubuh akan memecah cadangan makan yang tersimpan di bagian tubuh tertentu, misalnya adalah di paha untuk dijadikan sumber energi berikutnya.

Jadi jika cadangan makanan di pecah, maka bagian tubuh seperti paha akan kehilangan lemak secara bertahap dan berganti dengan tumbuhnya masa otot, sehingga paha tampak ramping dan langsing.

Jenis olahraga kardio yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan murah antara lain adalah berlari, berenang, naik turun tangga, melakukan squat jump, dan lompat tali. Olahraga tersebut dapat dilakukan selama sekitar 30 menit setiap kali latihan selama 3-4 kali dalam seminggu. Jika ini dilakukan dengan rutin, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan bentuk paha dan betis yang ideal.

2. Menjaga pola makan

Memang prinsip utama dalam mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh adalah menjaga pola makan, untuk itu aturlah jam makan Anda menjadi 3 kali dalam satu hari. Anda sebaiknya selalu tepat waktu ketika makan. Selain itu porsi makan juga harus diperhatikan. Buatlah porsi makan yang lebih sedikit. Gunakan piring makan yang berukuran kecil, ini tujuannya agar makanan yang Anda masukkan di dalamnya terbatas jumlahnya. Untuk menu makanannya pilihlah makanan yang bergizi, perbanyak buah dan sayur, serta batasi mengonsumsi gorengan.

3. Kurangi ngemil

Lebih baik Anda makan satu piring nasi dari pada Anda memakan satu bungkus kecil keripik singkong atau snack lainnya, karena kandungan kalori dalam cemilan lebih tinggi daripada nasi. Jika Anda membatasi jumlah cemilan, maka proses pembakaran lemak di paha akan berjalan lebih cepat.

4. Pijat paha dan betis

Langkah yang paling tepat cara mengecilkan paha dan betis adalah dengan memijat-mijat paha dan betis secara perlahan, hal ini dilakukan agar otot-otot betis bisa menjadi lebih rileks dan tidak tegang sehingga mempermudah peredaran darah dan asupan oksigen ke otot betis. Selain itu cara ini akan membuat betis akan terlihat indah jika Anda lakukan secara rutin.

Bagaimana caranya? Anda hanya duduk dengan posisi bersila kemudian pijatlah pergelangan kaki dari telapak kaki hingga paha, lakukan cara ini menggunakan telapak tangan.

5. Angkat beban

Cara mengecilkan betis dan paha selanjutnya adalah dengan menggunakan metode angkat beban yang bertumpu pada kaki Anda. Caranya cukup mudah yaitu Anda hanya menaruh sebuah beban di kaki Anda kemudian angkat, kemudian biarkan posisi tersebut selama mungkin Anda mampu. Lakukan kegiatan tersebut minimal 7 sampai 8 kali dalam sehari.

Itulah cara mengecilkan paha dan betis secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Mudah kan, Teman Sehat? Selamat mencoba.