Terbit: 20 Oktober 2020 | Diperbarui: 21 Oktober 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara mengatasi wajah berminyak sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat, segar, dan bebas jerawat. Nah, ada banyak pilihan cara yang bisa Anda praktikkan, termasuk perubahan gaya hidup dan penggunaan bahan alami. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

13 Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Bikin Bebas Jerawat

Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Alami 

Kulit berminyak terjadi akibat kelenjar sebaceous pada kulit membuat sebum terlalu banyak. Sebum adalah zat berminyak yang melindungi dan melembapkan kulit. Namun, terlalu banyak menyebabkan penyumbatan pori-pori dan jerawat. Jika ini terjadi, Anda perlu melakukan perawatan kulit berminyak secara teratur.   

Berikut ini pilihan cara mengatasi wajah berminyak:

1. Mencuci Wajah Dua Kali Sehari

Cara sederhana untuk menjaga kulit wajah berminyak adalah dengan mencuci wajah secara teratur, yakni pagi dan malam sebelum tidur. Gunakanlah sabun berbusa atau pembersih wajah berbahan dasar krim atau lotion. Pembersih berbusa bekerja lebih baik untuk membersihkan minyak berlebih dan membuat kulit terasa segar dan bersih.

Selain itu, bersihkan wajah ketika berkeringat setelah kelas gym atau berolahraga. Keringat dapat mengiritasi jerawat dan menyebabkan jenis jerawat tertentu atau acne mechanica (jerawat mekanika).

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Menggunakan Kertas Minyak (Blotting Papers)

Kertas minyak adalah kertas tipis dan kecil untuk mencegah kelenjar sebaceous atau sebum berlebihan di wajah. Kertas ini juga dapat menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang membantu mengurangi kulit berminyak.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan kertas ini dapat Anda terapkan pada area wajah yang berminyak, termasuk dahi, hidung, dan dagu. Jangan menggosok kulit dengan selembar kertas ini, sebaiknya cukup tekan pada area tertentu cukup lama untuk menyerap minyak selama 15-20 detik.

3. Menggunakan Pelembap

Orang dengan kulit berminyak biasanya menghindari pelembap, karena khawatir akan membuat kulit tampak mengkilat. Namun, kulit berminyak perlu pelembap agar terlihat lebih baik.

Guna menghindari kilau berminyak, pilihlah pelembap bebas minyak. Variasikan jumlah yang Anda gunakan tergantung pada area wajah cenderung kering atau berminyak.

4. Masker Tanah Liat

Tanah liat kosmetik untuk masker wajah bisa membantu menyerap minyak pada kulit dan membersihkan pori-pori, tetapi hati-hati karena bisa mengeringkan kulit berlebih. Untuk itu, terapkan hanya pada bagian wajah yang berminyak dan jangan terlalu sering

Berikut ini cara mengatasi wajah berminyak dengan masker tanah liat:

  • Tambahkan air atau air mawar ke dalam satu sendok teh tanah liat, kemudian aduk sampai membentuk konsistensi seperti pasta.
  • Oleskan campuran tanah liat ini ke wajah dan biarkan sampai mengering.
  • Bersihkan tanah liat dengan air hangat dan keringkan kulit wajah.

5. Oatmeal

Oatmeal bisa membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih pada kulit wajah. Bahan ini bisa dicampur dengan yoghurt, madu, atau buah tumbuk seperti pisang, apel, atau pepaya.

Berikut ini cara menggunakan oatmeal sebagai masker wajah:

  • Campurkan 1/2 cangkir oatmeal halus dengan air panas dan aduk sampai menjadi pasta.
  • Campurkan 1 sendok makan madu dan aduk sampai merata.
  • Pijatkan campuran ini ke wajah selama sekitar tiga menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.
  • Cara lainnya dengan mengoleskan campuran oatmeal ke wajah dan biarkan selama 10–15 menit, lalu bilas dengan air hangat, dan keringkan.

6. Putih Telur dan Lemon

Putih telur dan lemon adalah bahan alami yang cocok untuk kulit berminyak. Kedua bahan tersebut dapat mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Asam dalam lemon dapat membantu menyerap minyak dan memiliki kemampuan antibakteri.

Berikut ini cara mengatasi wajah berminyak dengan masker putih telur dan lemon:

  • Campurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh air lemon.
  • Oleskan campuran ini ke wajah dan biarkan sampai masker mengering.
  • Bersihkan masker dengan air hangat dan keringkan.

7. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, obat biasanya untuk mengatasi jerawat. Asam dalam tomat bisa membantu menyerap minyak berlebih pada kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Berikut ini cara menghilangkan minyak di wajah dengan masker tomat:

  • Campurkan 1 sendok teh gula pasir dengan 1 buah tomat yang sudah halus.
  • Oleskan campuran ini ke kulit dengan gerakan melingkar.
  • Biarkan masker selama 5 menit.
  • Bilas masker dengan air hangat hingga bersih dan keringkan.

Baca Juga: 14 Penyebab Kulit Berminyak pada Wanita dan Pria

8. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera biasanya untuk mengatasi luka bakar dan masalah kulit lainnya. Gel lidah buaya ini juga bagus untuk membantu mengobati kulit bersisik akibat bercak berminyak, banyak orang menggunakannya untuk mengatasi kulit berminyak.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni cukup mengaplikasikanlah gel aloe vera segar ini secara tipis ke wajah sebelum tidur dan membiarkannya sampai pagi. 

9. Madu

Madu adalah salah satu perawatan kulit alami lainnya yang paling populer. Ini berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, yang bermanfaat untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat. Madu juga merupakan humektan alami (agen pelembap), sehingga membantu menjaga kelembapan kulit tapi tidak berminyak. 

Berikut ini cara menghilangkan minyak di wajah dengan madu:

  • Oleskan madu secara tipis pada kulit wajah, sebaiknya gunakan madu mentah.
  • Biarkan mengering selama sekitar 10 menit.
  • Bilas hingga bersih dengan air hangat.

10. Almond

Kacang ini tidak hanya bermanfaat untuk mengelupas kulit, tetapi juga membantu menghilangkan minyak berlebih dan kotoran. Berikut ini cara menggunakan scrub wajah dari almond:

  • Halus almond mentah untuk untuk mendapatkan 3 sendok teh.
  • Campurkan 2 sendok makan madu mentah dengan almond.
  • Oleskan campuran ini ke wajah secara lembut dengan gerakan melingkar.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan.

11. Menggunakan Toner

Toner astringent yang mengandung witch hazel dapat memiliki sifat menenangkan kulit. Witch hazel memiliki kandungan tanin tinggi yang menjadikannya astringent alami, yang cocok untuk wajah berminyak. Untuk itu, toner bisa menjadi salah satu cara menghilangkan minyak di wajah.

Untuk beberapa orang, toner astringent alami bisa memperkecil pori-pori yang membesar dan membersihkan sedikit riasan yang menyumbat pori-pori.

Baca Juga: 25 Masker Wajah Alami dan Cara Membuatnya

12. Makan Lemak yang Tepat

Salah satu mitos yang beredar menyebutkan bahwa makan makanan berminyak menyebabkan kulit berminyak. Namun, faktanya tidak demikian karena jenis minyak tertentu seperti minyak ikan telah terbukti membantu mengurangi jerawat. Ini karena kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi dalam ikan memiliki sifat antinflamasi.

Produk susu, makanan manis, dan karbohidrat olahan seperti roti dan pasta terkait dengan kondisi jerawat lebih buruk. Selain menghindari makanan ini, sebaiknya makan makanan ini dalam porsi sedikit untuk menjaga gula darah tetap stabil. Ini untuk membantu mengurangi produksi minyak dan penyumbatan pori-pori.

13. Jangan Terlalu Sering Mencuci Wajah

Kebiasaan mencuci wajah beberapa kali termasuk berlebihan, ini dapat menghilangkan minyak alami pelindung yang membuat kulit terasa kering dan kencang. Karena tidak dapat menghasilkan kelembapannya sendiri, kulit merespons kekeringan dengan menghasilkan minyak lebih banyak.

Oleh karena itu, segera hentikan kebiasaan ini dan bersihkanlah wajah hanya saat pagi, malam, dan setelah berolahraga.

_

Itulah sejumlah pilihan cara menghilangkan minyak di wajah untuk Anda. Jika tertarik, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang kondisi kulit, alergi, dan kondisi medis lainnya. Ini untuk menghindari efek samping dan kondisi lainnya yang merugikan!      

 

  1. Booker, Kristin. The 6 Most Effective Ways to Manage Oily Skin. https://www.everydayhealth.com/beauty-pictures/the-6-most-effective-ways-to-manage-oily-skin.aspx. (Diakses pada 20 Oktober 2020)
  2. Brady, Krissy. 2019. How to Get Your Oily Skin Under Control, According to Dermatologists. https://www.prevention.com/beauty/skin-care/a28209367/how-to-get-rid-of-oily-skin/. (Diakses pada 20 Oktober 2020)
  3. Johnson, Jon. 2020. Top six home treatments for oily skin. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090. (Diakses pada 20 Oktober 2020)
  4. Jaret, Peter. 2012. How to Manage Oily Skin. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/features/oily-skin#1. (Diakses pada 20 Oktober 2020)
  5. McDermott, Annette. 2019. 10 Home Remedies for Oily Skin. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-oily-skin#almonds. (Diakses pada 20 Oktober 2020)
  6. Palmer, Angela. 2019. Tips for Treating Acne and Oily Skin. https://www.verywellhealth.com/acne-and-oily-skin-15964. (Diakses pada 20 Oktober 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi