7 Cara Mengatasi Tuba Falopi yang Tersumbat secara Alami

tuba-falopi-tersumbat-doktersehat

DokterSehat.Com – Tuba falopi adalah salah satu bagian dari sistem reproduksi wanita yang sangat penting. Di dalam saluran ini sel telur akan diterima dan berdiam diri selama 24-48 jam menunggu untuk dibuahi. Kalau pasangan berhubungan seks dan melakukan ejakulasi di dalam, pembuahan akan terjadi di saluran ini.

Setelah pembuahan berhasil dilakukan, bakal janin akan bergerak ke rahim dan menempel di dindingnya. Dari fungsinya untuk reproduksi kita bisa membuat sebuah kesimpulan kalau tuba falopi sangat penting. Kalau organ ini sampai mengalami gangguan seperti tersumbat, pembuahan tidak akan terjadi dan membuat wanita jadi tidak subur.

Penyebab tuba falopi tersumbat

Tuba falopi bisa tersumbat karena beberapa gangguan yang terdiri dari beberapa hal di bawah ini. Kenali kondisi tubuh dengan baik agar tahu masalah yang sedang dihadapi.

  • Endometriosis yang menyebabkan lapisan di rahim menebal secara tidak normal. Lapisan endometrium ini sebenarnya bisa menebal dan menipis sendiri seiring dengan siklus menstruasi. Namun, pada kondisi tertentu penebalannya jadi tidak normal dan menyumbat tuba falopi.
  • Penyakit inflamasi yang terjadi pada pelvis. Inflamasi ini menyebabkan beberapa masalah seperti nyeri yang sangat intens. Selain itu, penyakit yang sering terjadi pada wanita ini juga menimbulkan jaringan parut muncul dan menyumbat tuba falopi.
  • Fibroid atau mioma. Mioma adalah tumbuhnya jaringan otot di rahim yang tidak normal. Jaringan ini bisa tumbuh di bagian luar, tengah, atau dalam. Kalau mioma tumbuh di dekat tuba falopi, kemungkinan terjadi penyumbatan akan besar.
  • Munculnya banyak jaringan parut di sekitar tuba falopi. Kondisi ini bisa muncul karena wanita pernah mengalami kehamilan ektopik. Kehamilan ini terjadi di luar rahim dan biasanya janin akan menempel di tuba falopi sehingga operasi harus dilakukan agar tidak membahayakan ibu dan janin.
  • Infeksi penyakit menular seksual. Infeksi yang berpotensi menyebabkan penyumbatan terdiri dari gonore dan klamidia.

Cara mengatasi sumbatan pada tuba falopi

Penyumbatan yang terjadi pada tuba falopi memang menyebabkan seorang wanita tidak bisa hamil. Sperma tidak bisa bergerak ke tuba falopi untuk pembuahan. Pun sel telur yang sudah dibuahi juga tidak bisa bergerak ke rahim. Kondisi ini memang cukup berbahaya meski bisa diatasi kalau belum parah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Mendapatkan asupan vitamin C

Suplemen vitamin C bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi. Nah, inflamasi sendiri bisa berubah menjadi jaringan parut dan melakukan penyumbatan tuba falopi. Dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C ini tubuh bisa terhindar dari masalah yang menyebabkan inflamasi sistem reproduksi.

Oh ya, meski vitamin C bisa digunakan untuk mengatasi inflasi, fungsinya untuk membuka sumbatan di tuba falopi belum terbukti. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba. Kecuali kalau Anda mengalami masalah seperti mioma atau endometriosis, pembedahan mungkin lebih efektif mengatasi sumbatan meski berisiko.

  1. Mengonsumsi kunyit dalam bentuk jamu

Secara umum, kunyit memiliki fungsi yang sama dalam mengatasi masalah pada tubuh seperti inflamasi. Kondisi yang memicu munculnya jaringan parut akan dicegah sehingga penyumbatan tidak bisa terjadi. kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk jamu atau dalam bentuk makanan.

  1. Bawang putih untuk mengatasi penyumbatan

Bawang putih dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kesuburan dari seorang wanita. Meski membutuhkan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya mencoba bawang putih untuk obat dengan memakannya langsung, mengolahnya menjadi makanan atau dibuat acar atau manisan.

  1. Mengonsumsi dong quai

Tidak diketahui secara jelas apakah herbal dari Tiongkok ini bisa mengatasi penyumbatan atau tidak. Meski demikian, dari penelitian yang dilakukan rutin mengkonsumsi dong quai bisa meningkatkan kesuburan hingga dua kali lipat.

  1. Mengonsumsi ginseng dengan takaran yang tepat

Mengonsumsi ginseng juga bisa meningkat kesuburan dan mengatasi penyumbatan pada tuba falopi. Meski demikian, pengonsumsian ginseng tidak bisa dilakukan sembarangan karena herba ini cukup kuat dan bisa menyebabkan nyeri perut serta pusing kalau dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Ginseng bisa dikonsumsi dalam bentuk pil yang sudah diekstrak. Selanjutnya ginseng juga bisa dicampur menjadi minuman herbal atau digunakan sebagai bahan makanan yang berkhasiat.

  1. Mengubah gaya hidup

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat bisa dilakukan dengan tidak mengonsumsi alkohol, lebih banyak berolahraga daripada pasif di rumah, serta mulai melakukan yoga. Apa pun yang Anda lakukan dengan tujuan untuk menyehatkan tubuh memiliki potensi untuk mengatasi masalah tuba falopi yang tersumbat.

Dari studi yang dilakukan pada tahun 2012 silam terhadap 3.600-an wanita, didapatkan data kalau olahraga bisa membuat wanita semakin subur. Mereka Jadi mudah mendapatkan kehamilan. Nah, meski terbukti bisa mempercepat kehamilan, fungsi untuk membuka sumbatan pada tuba falopi belum bisa dibuktikan.

  1. Mengganti pola makan

Mengubah pola makan diketahui bisa meningkatkan kesuburan dari wanita. Meski bukti tentang mengatasi sumbatan di tuba falopi belum bisa dibuktikan, setidaknya cara ini bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan dari seseorang. Dengan cara ini kemungkinan terjadi pembuahan masih tetap ada.

Oh ya, perlu kita ingat kalau tuba falopi yang kita miliki jumlahnya ada dua seperti halnya dengan ovarium. Kalau salah satu tuba falopi tersumbat, tuba falopi yang lain masih bisa berjalan dengan baik dan kehamilan masih bisa dilakukan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Inilah beberapa ulasan tentang penyebab tuba falopi tersumbat dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar. Nah, menurut Anda, apa yang harus dilakukan wanita agar tuba falopi tetap sehat dan tidak tersumbat? Apakah harus mengubah gaya hidupnya sejak dini saat menyiapkan kehamilan?