Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tersedak adalah sebuah kondisi di mana makanan atau materi lainnya tersangkut pada tenggorokan yang mengakibatkan rasa sakit dan bahkan sulit untuk bernapas. Umumnya, tersedak bisa terjadi akibat duri ikan, biji buah, permen, serta material lain yang keras dan sulit untuk ditelan.

Jangan Panik, Begini Caranya Mengatasi Tersedak Makanan

Hampir setiap orang pernah mengalami hal ini, termasuk Anda, bukan? Biasanya, ketika tersedak makanan, seseorang akan menjadi panik dan takut. Hal itu wajar, sebab tersedak bisa memberikan rasa sakit dan sulit bernapas. Namun, alangkah baiknya Anda bisa mengontrol diri untuk tidak panik. Sebab, kepanikan tersebut justru bisa membuat kondisi semakin parah.

Dilansir dari laman Boldsky, pada beberapa kasus, banyak orang yang meregang nyawa akibat tersedak makanan. Hal itu dikarenakan rasa panik yang terlalu tinggi sehingga membuat makanan yang tersangkut itu menjadi susah dikeluarkan atau ditelan. Semakin sulit untuk ditelan, tentu saja akan membuat kondisi tenggorokan menjadi lebih parah.

Untuk mengatasinya, ada sebuah metode yang cukup terkenal, yakni manuver heilmitch. Namun, untuk melakukannya, Anda harus tenangkan diri terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan posisi berdiri atau duduk tegak dan minta bantuan seorang teman untuk berdiri di belakang Anda.

Kemudian, perintahkan seseorang yang di belakang Anda tersebut untuk mendorong atau memukul (dengan telapak tangan) pada bagian punggung. Tujuannya adalah agar terjadi tekanan dari belakang sehingga materi yang tersangkut akan mudah keluar atau dimuntahkan oleh mulut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Sampai sekarang, cara yang terbilang cukup mudah ini memang telah terbukti bisa mengatasi masalah tersedak, baik makanan maupun material lainnya. Namun, jika cara ini tak membuahkan hasil, maka segeralah pergi ke dokter agar materi yang tersangkut itu tidak merusak laring dan menyebabkan masalah lainnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi