Terbit: 16 April 2020 | Diperbarui: 16 Mei 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Tenggorokan gatal biasanya menjadi gejala radang tenggorokan, batuk, atau kondisi lainnya. Kondisi ini dapat disebabkan berbagai sebab dan cara mengatasinya juga beragam. Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi tenggorokan gatal yang bisa Anda coba di rumah!

9 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal, Ketahui juga Penyebabnya!

Penyebab Tenggorokan Gatal

Sebelum membahas tentang cara mengatasi tenggorokan gatal, perlu diketahui lebih dulu bahwa tenggorokan gatal disebabkan oleh berbagai sebab. Secara umum penyebab tenggorokan gatal adalah iritasi pada tenggorokan.

Berikut adalah beberapa penyebab tenggorokan gatal:

  • Alergi
  • Infeksi bakteri dan virus
  • Dehidrasi
  • Asam lambung naik
  • Efek samping obat

Umumnya gejala tenggorokan gatal tidak muncul sendiri, tapi dibarengi dengan gejala lainnya juga. Anda dapat melihat pada gejala lainnya untuk dapat memastikan penyebab pasti dari tenggorokan gatal yang dialami.

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal

Cara mengatasi tenggorokan gatal terus-menerus pada dasarnya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Meskipun begitu, terdapat juga beberapa cara umum yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala ini.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi tenggorokan gatal yang bisa Anda coba!

1. Kumur Air Garam

Cara mengobati tenggorokan gatal yang pertama adalah dengan cara kumur air garam dengan cara tengadah.

Cara yang satu ini memang termasuk ke dalam salah satu pengobatan tradisional yang cukup populer. Kumur air garam dipercaya dapat memblokir virus dan bakteri, sehingga dapat menurunkan risiko infeksi mulut dan tenggorokan.

Cara kumur air garam untuk mengatasi sakit tenggorokan:

  • Campurkan ½ sendok teh garam dengan 250 ml air hangat
  • Gunakan campuran tersebut untuk kumur dengan cara menengadahkan kepala selama 10 detik
  • Muntahkan kembali, cairan sebaiknya tidak ditelan
  • Ulangi 2 hingga 3 kali dalam sehari

2. Madu

Madu dipercaya dapat mengatasi tenggorokan gatal dan sakit tenggorokan, bahkan yang disertai dengan batuk.

Bahan alami yang satu ini memang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba dari madu adalah beberapa sifat yang membantu mengatasi masalah tenggorokan gatal.

Cara menggunakan madu untuk mengatasi tenggorokan gatal sangat mudah. Anda dapat makan 1 sendok makan madu secara langsung di pagi hari atau Anda juga dapat mencampurkan 1 sendok makan madu dengan segelas air hangat dan meminumnya kapanpun dibutuhkan.

3. Air Jahe dengan Madu dan Lemon

Ramuan selanjutnya yang ampuh mengatasi tenggorokan gatal terus-menerus adalah air jahe dengan madu dan lemon.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa madu memiliki manfaat untuk mengatasi tenggorokan gatal. Begitu juga dengan jahe dan lemon, keduanya juga dapat membantu menenangkan tenggorokan. Lemon juga memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu mencegah infeksi.

Cara membuat air jahe, madu, dan lemon adalah sebagai berikut:

  • Masukkan 1 sdm madu ke dalam cangkir
  • Campurkan madu dengan air panas
  • Campurkan dengan perasan 2 iris lemon
  • Parut sedikit jahe segar, aduk hingga rata
  • Minuman siap untuk dihidangkan, minum sebanyak 2-3 gelas per hari

4. Susu dan Kunyit

Ramuan susu dan kunyit juga merupakan obat tradisional populer untuk mengatasi tenggorokan gatal dan batuk.

Kunyit memiliki kandungan senyawa curcuminoid yang memiliki sifat antiinflamasi. Kunyit bekerja menghambat peradangan dan juga meredakan gejala sakit tenggorokan, termasuk gatal pada tenggorokan.

Cara menggunakan susu dan kunyit untuk mengatasi sakit tenggorokan:

  • Campurkan 1 sdt kunyit bubuk dengan 250 ml susu, panaskan dengan api sedang.
  • Biarkan campuran hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, matikan api dan biarkan hingga suhunya menurun hingga susu siap untuk diminum.

5. Cuka Apel

Cuka apel merupakan hasil fermentasi sari apel yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Salah satu manfaat cuka apel adalah dapat membantu mengatasi tenggorokan gatal. Cuka apel memiliki sifat antibakteri, sehingga bahan alami satu ini diklaim mampu mengatasi tenggorokan gatal yang penyebabnya adalah infeksi bakteri.

  • Campurkan 1 sdm cuka apel ke dalam 250 ml air panas.
  • Tambahan madu untuk menambah cita rasa (opsional).
  • Tunggu hingga suhunya cukup dingin untuk diminum, laku teguk perlahan.

6. Teh Herbal

Cara mengobati tenggorokan gatal selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh herbal.

Umumnya teh herbal memang memiliki kandungan fitoprotein yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi teh herbal yang hangat juga dapat membantu menenangkan tenggorokan. Jenis teh herbal yang mungkin dapat Anda coba antara lain adalah ginkgo biloba, chamomile, dan licorice.

7. Tablet Hisap

Beberapa jenis tablet atau permen hisap juga dapat membantu mengatasi tenggorokan yang gatal.

Tablet atau permen hisap mengandung mentol dapat memberikan efek mati rasa sementara pada tenggorokan. Efek inilah yang kemudian menghindarkan Anda dari rasa gatal pada tenggorokan untuk sementara waktu.

Tablet hisap atau permen untuk sakit tenggorokan dapat ditemukan dengan mudah di swalayan dan minimarket.

8. Semprotan Tenggorokan

Cara mengobati tenggorokan gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan semprotan tenggorokan.

Sama seperti tablet hisap, semprotan tenggorokan ini juga biasanya mengandung bahan aktif yang dapat menimbulkan efek mati rasa pada tenggorokan. Bahan aktif tersebut dapat meliputi benzocaine, minyak eukaliptus, atau mentol

9. Antihistamin

Penggunaan antihistamin dapat menjadi cara mengatasi tenggorokan gatal yang diakibatkan oleh alergi.

Antihistamin bekerja dengan menghambat senyawa histamin, yang bekerja menghasilkan respons peradangan pada tubuh ketika alergi. Selain menggunakan antihistamin, tentunya Anda juga harus mengetahui apa pemicu alergi Anda agar dapat lebih waspada dan menghindarinya.

Cara di atas dapat Anda gunakan sebagai pertolongan pertama untuk tenggorokan gatal. Jika kondisi tidak membaik dan juga dibarengi dengan gejala lain yang mengganggu, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mematikan kondisi Anda dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

  1. Chilukoti, Bhavyajyoti. 2014. Try turmeric for quick relief from a sore throat. https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/try-turmeric-for-quick-relief-from-a
  2. Fletcher, Jenna. 2018. Everything you need to know about itchy throat. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317066.php. (Diakses 16 Desember 2019).
  3. Frothingham, Scott. 2019. Itchy Throat Remedy. https://www.healthline.com/health/itchy-throat-remedy. (Diakses 16 Desember 2019).
  4. Frothingham, Scott. 2019. Honey for a Sore Throat: Is It an Effective Remedy?. https://www.healthline.com/health/honey-for-sore-throat. (Diakses 16 Desember 2019). sore-throat-170528/. (Diakses 16 Desember 2019).
  5. Holland, Kimberly dan Stephanie Watson. 2017. Help for Sore Throats. https://www.healthline.com/health/cold-flu/help-sore-throats#in-children. (Diakses 16 Desember 2019).
  6. Nall, Rachel. 2019. Everything You Need to Know About Throat Irritation. https://www.healthline.com/health/itchy-throat. (Diakses 16 Desember 2019).
  7. Whelan, Corey. 2018. Apple Cider Vinegar for a Sore Throat. https://www.healthline.com/health/apple-cider-vinegar-for-a-sore-throat. (Diakses 16 Desember 2019).
  8. White, Adrian. 2017. What Are the Benefits of a Salt Water Gargle?. https://www.healthline.com/health/salt-water-gargle. (Diakses 16 Desember 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi