Terbit: 2 Juli 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

COVID-19 memaksa kita untuk membatasi kegiatan di luar rumah bahkan menahan diri untuk tidak bepergian ke tempat umum. Kebanyakan di rumah juga akan menimbulkan stres tersendiri. Cara mengatasi stres di masa pandemi COVID-19 sangat diperlukan agar tubuh dan mental tetap sehat. Misalnya dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghibur diri. Yuk simak selengkapnya cara mengontrol stres di masa pandemi yang tak kunjung berakhir!

11 Cara Mengatasi Stres di Masa Pandemi COVID-19 (Ampuh)

Cara Mengatasi Stres di Masa Pandemi

Merebaknya virus Corona (COVID-19) di seluruh dunia, khususnya Indonesia, bukan tidak wajar jika orang-orang merasa stres, kecemasan, dan panik yang semakin meningkat. Hal ini karena wabah tak kunjung usai yang membuat orang harus berada di rumah dengan waktu yang tak menentu.

Seiring waktu, stres bertambah bertambah dan memengaruhi Anda dan keluarga baik secara fisik maupun mental. Guna mengatasi kondisi ini, penting untuk melakukan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan di rumah.

Berikut ini cara mengatasi stres di masa pandemi:

1. Mempertahankan Pola Makan Sehat

Stres di masa pandemi dapat memengaruhi kebiasaan makan dan metabolisme tubuh. Cara terbaik untuk memerangi stres atau makan emosional (makanan sebagai cara untuk mengatasi emosi) adalah dengan memperhatikan apa yang memicu makan stres dan bersiap untuk melawan dorongan tersebut.

Jika Anda adalah orang yang rentan terhadap makan emosional, sebaiknya ketahui pemicunya dan apa yang membuat Anda stres. Memastikan makan camilan sehat akan membantu menyehatkan tubuh, yang mampu melindungi tubuh dengan nutrisi untuk mengatasi stres lebih baik.

Membantu mengatur gula darah sepanjang hari juga akan membuat kondisi tubuh tetap stabil dan emosi lebih baik.

2. Berolahraga secara Teratur

Meskipun sementara waktu gym ditutup karena pembatasan aktivitas, masih mungkin untuk melakukan latihan aerobik di rumah, seperti berjalan, berlari, hiking, atau bermain dengan anak-anak atau hewan peliharaan, semua dapat membantu melepaskan endorfin. Ini adalah zat alami yang membantu merasa lebih baik dan mempertahankan energi positif.

Ada latihan lain yang dapat Anda lakukan dengan muda di dalam rumah, misalnya yoga dan peregangan. Latihan ini sebagai salah satu cara untuk melatih tubuh dan menenangkan pikiran, sehingga tepat menjadi salah satu cara mengatasi stres selama pandemi

3. Kurangi Paparan Berita COVID-19

Meskipun penting untuk tetap mendapat informasi tentang berita dan perkembangan terbaru, khususnya COVID-19, tetapi paparan berita yang terus-menerus bisa berdampak tidak baik bagi Anda.

Oleh karena itu, temukan keseimbangan paparan berita yang cocok untuk Anda. Ini juga sangat penting bagi anak-anak. Anda perlu membatasi paparan media dan memberikan informasi yang sesuai dengan usia anak.

Akses berita kesehatan hanya dari sumber terpercaya dan harus kroscek lagi bila mendapatkan sebuah berita. Bila memungkinkan, cari cara mengatasi stres di masa pandemi, mungkin dengan aktivitas yang lebih menyenangkan untuk keluarga.

Baca Juga: 10 Varian Baru Virus Corona (COVID-19) yang Patut Diwaspadai!

4. Tetap Terhubung dengan Orang Lain

Betapa pentingnya hubungan Anda dengan orang lain selama masa pandemi yang membuat orang rentan stres. Ketakutan dan isolasi dapat menyebabkan depresi dan kecemasan. Untuk itu, cara mengatasi stres akibat pandemi dengan tetap terhubung bersma orang lain secara teratur.

Sebaiknya jangkau anggota keluarga, teman, dan kolega secara teratur melalui telepon atau platform virtual lainnya. Pastikan Anda memeriksa mereka yang sendirian di rumah, misalnya teman atau tetangga. Periksa juga secara teratur dengan orang tua, kakek-nenek, dan anak-anak Anda.

5. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Informasi atau berita yang selalu berubah dapat memicu stres, kondisi ini semakin meningkat ketika Anda tidak cukup tidur. Jadi, saat ini sangat penting untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Hal ini untuk membantu tetap fokus pada pekerjaan dan mengelola stres yang dapat ditimbulkan selama wabah.

Selama di rumah, hindari stimulan seperti alkohol, kafein, dan merokok sebelum tidur. Jika masih merasa terlalu stres untuk tidur, cobalah pertimbangkan untuk mengembangkan rutinitas sebelum tidur, seperti mandi air hangat atau minum teh herbal bebas kafein.

6. Mempraktikkan Kebersihan dengan Baik

Meskipun di rumah saja, tetap bersikap ekstra waspada dan ikuti tindakan pencegahan yang telah disarankan oleh pemerintah. Menjaga agar lantai di rumah tetap bersih dan bersihkan permukaan yang keras secara teratur. Pastikan pula untuk mandi setiap hari dan menjaga rutinitas kebersihan pribadi setiap hari.

Baca Juga: 12 Vitamin untuk COVID-19 yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

7. Menemukan Cara untuk Mengekspresikan Diri Anda

Baik dengan merekam video keseharian, membuat jurnal, atau dengan blogging, mengekspresikan diri dapat membantu mengatasi perasaan Anda yang mungkin bosan di rumah saja.

Sebagai salah satu cara menghilangkan stres di masa pandemi, Anda mungkin dapat menulis secara ekstensif atau hanya satu baris sehari, sampai Anda menemukan hobi yang paling cocok untuk Anda. Ini dapat menghindari stres dan memberi Anda sesuatu untuk dinantikan setiap harinya.

8. Batasi Penggunaan Media Sosial

Media sosial memang menjadi salah satu cara yang bagus untuk terhubung dengan orang lain ketika di rumah saja. Di sisi lain, media sosial dapat meningkatkan kecemasan dan stres dengan paparan informasi yang mengkhawatirkan. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan penggunaan media sosial Anda.

Sebaiknya pertimbangkan untuk mematikan pemberitahuan, berhenti mengikuti atau menonaktifkan akun yang memicu kecemasan, mematikan grup WhatsApp, dan menyembunyikan kiriman dan umpan Facebook yang mungkin membuat Anda kewalahan.

9. Melakukan Pernapasan Terkontrol

Saat merasa stres atau kewalahan, tubuh Anda melakukan respons fight or flight (melawan atau lari), merupakan mekanisme respons tubuh saat menghadapi stres.

Kondisi tersebut bertujuan untuk membantu Anda menanggapi situasi yang berbahaya. Tetapi jika membiarkan tubuh tetap stres untuk waktu yang lama (respons melawan atau lari), yang menekan sistem pencernaan dan kekebalan, dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Oleh karena itu, melakukan pernapasan yang terkontrol sangat penting untuk mencegah kondisi tersebut. Dengan memperlambat pernapasan dan mengatur asupan oksigen, Anda dapat menenangkan kadar stres. Sebaiknya lakukan 3-5 menit pernapasan terkontrol setiap hari, yang menjadi rutinitas harian di pagi hari atau setelah bekerja.

10. Menghibur Diri Sendiri

Menonton hiburan di televisi atau streaming secara online bisa membantu menghilangkan stres. Jika memiliki anak di rumah, menonton kartun dan film animasi lainnya bisa membuat anak-anak terhibur selama berjam-jam sekaligus.

Selain menonton, lakukan hobi seperti menanam bunga jika tertarik berkebun, atau mencoba resep kue dan membuat makanan lainnya.

Pilihan lainnya adalah dengan bermain game di aplikasi yang memungkinkan Anda terhubung dengan teman. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan waktu tatap muka dengan teman-teman Anda dan tetap terhubung.

Baca Juga: 10 Gejala Virus Corona Varian Baru yang Perlu Anda Kenali!

11. Dapatkan Bantuan Profesional

Jika merasa kewalahan dan membutuhkan dukungan profesional, ada banyak cara menghilangkan stres di masa pandemi. Anda bisa mendapatkan bantuan dari konselor profesional atau mencari dukungan teman sebaya.

Dalam satu sesi bersama konselor profesional, Anda bisa berbagi pengalaman dan empati pribadi sambil berfokus pada kekuatan, kedamaian, dan pemulihan individu. Namun, jika ingin menghindari pertemuan langsung, Anda dapat mempertimbangkan untuk sesi online.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. 2020. 5 Ways to Manage Stress During the Coronavirus Outbreak. https://health.clevelandclinic.org/5-ways-to-manage-stress-during-the-coronavirus-outbreak/ (Diakses pada 2 Juli 2021)
  2. Anonim. 2020. 10 ways to cope with stress during the pandemic. https://www.mhe-sme.org/10-ways-to-cope-with-stress-during-the-pandemic/ (Diakses pada 2 Juli 2021)
  3. Health, Narayana. 2020. Managing Stress Around Coronavirus Outbreak: How To Cope With Anxiety. https://www.narayanahealth.org/blog/coronavirus-outbreak-manage-stress/ (Diakses pada 2 Juli 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi