Terbit: 15 Agustus 2018 | Diperbarui: 21 Januari 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Memiliki rambut yang indah adalah impian semua orang, terutama para wanita. Rambut yang indah identik dengan rambut yang lembut, jatuh, berkilau dan juga mudah diatur. Tapi tentunya tidak semua orang memiliki bentuk rambut yang didambakan tersebut. Ada saja orang yang memiliki rambut mengembang dan juga susah diatur.

6 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Rambut Singa

Penyebab Rambut Mengembang

Orang yang memiliki rambut keriting biasanya rambutnya akan lebih mengembang dibandingkan dengan rambut lurus. Tentunya hal ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu menjadi masalah. Tapi terdapat juga kondisi dimana rambut mengembang dengan tidak wajar dan menjadi sangat susah diatur.

Rambut mengembang atau biasa disebut juga dengan rambut singa seperti ini umumnya terjadi akibat kondisi rambut yang kering dan sudah hilang kelembapannya. Rambut mengembang bukan hanya susah diatur tapi biasanya juga sangat mudah kusut bahkan jika hanya tertiup angin sedikit saja. Penyebab rambut kering dan rambut mengembang antara lain adalah sebagai berikut:

  • Terlalu sering keramas.
  • Salah memilih produk sampo dan perawatan rambut.
  • Terlalu sering menggunakan pengering rambut.
  • Terlalu sering menggunakan catokan dan benda sejenisnya yang membakar rambut dengan suhu tinggi.
  • Penggunaan bahan kimia berlebihan untuk styling rambut mulai dari meluruskan, mengeriting, hingga mewarnai rambut.
  • Rambut dibiarkan terpapar sinar matahari dan udara yang kering terlalu lama.
  • Faktor usia yang menyebabkan produksi minyak pada rambut semakin berkurang.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang

Setelah mengetahui penyebab rambut mengembang atau rambut singa, sekarang saatnya Anda mengetahui cara untuk mengatasinya. Berikut adalah 6 cara mengatasi rambut singa yang bisa Anda coba!

1. Keramas Dua Hari Sekali

Cara agar rambut tidak mengembang yang pertama adalah dengan keramas paling banyak dua hari sekali.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Bahkan Anda diperbolehkan keramas 1 atau 2 kali saja dalam seminggu jika rambut Anda tidak dalam keadaan kotor. Keramas terlalu sering akan membuat minyak alami rambut banyak berkurang hingga rambut pun menjadi kering.

Anda juga disarankan keramas menggunakan air dingin dibandingkan dengan air hangat. Keramas menggunakan air hangat tidak direkomendasikan untuk pemilik rambut mengembang dan kering karena akan semakin banyak mengangkat minyak alami pada rambut.

2. Gunakan Kondisioner

Setelah keramas menggunakan sampo, jangan lewatkan penggunaan kondisioner pada rambut. Kondisioner bertugas untuk melembapkan folikel rambut sehingga rambut pun terjaga kelembapannya dan jadi lebih halus dan mudah diatur.

Masih banyak orang yang mengabaikan penggunaan kondisioner dan beranggapan bahwa sampo saja sudah cukup. Padahal sampo hanya berfungsi membersihkan rambut sedangkan kondisioner mampu untuk menutrisi rambut.

3. Pilih Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Selain memerhatikan intensitas penggunaannya, memilih produk perawatan rambut yang tepat juga merupakan salah satu cara mengatasi rambut kering dan mengembang.

Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Misalnya jika Anda tidak memiliki masalah ketombe, maka Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan perawatan rambut penghilang ketombe karena bisa menyebabkan masalah rambut lainnya.

Baca Juga : Cara Meluruskan Rambut Hanya dengan Bahan-Bahan Alami

4. Pakai Masker Rambut Secara Rutin

Cara mengatasi rambut mengembang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker rambut secara rutin. Anda bisa mengggunakan masker yang sudah tersedia di pasaran ataupun menggunakan masker alami yang bisa Anda buat sendiri.

Bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut singa antara lain adalah susu murni, mayones, madu, dan lidah buaya. Cara mengunakannya adalah dengan langsung mengaplikasikannya pada rambut, lalu didiamkan selama kurang lebih 60 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Anda juga bisa menggunakan berbagai minyak alami sebagai cara menagatasi rambut kering menjadi lurus seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak argan, minyak zaitun, dan minyak jojoba.

Cara menggunakan minyak alami untuk rambut adalah dengan memanaskan minyak terlebih dulu, kemudian aplikasikan minyak hangat langsung pada rambut sambil memijat kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Lindungi Rambut

Cara mengatasi rambut singa selanjutnya adalah dengan melindungi rambut.

Gunakanlah topi atau payung jika Anda akan keluar rumah. Selain itu, berhati-hatilah ketika membersihkan wajah atau mandi dan jangan biarkan produk yang memang bukan untuk rambut mengenai rambut Anda.

6. Hentikan Styling Rambut Sementara Waktu

Styling rambut memberikan pengaruh besar pada kesehatan rambut baik efek dari bahan kimia yang digunakan maupun dari alat-alat yang digunakan.

Sebaiknya Anda jangan dulu mewarnai, mencatok, dan menggunakan pengering rambut terlebih dulu. Berikan waktu rambut Anda untuk pulih dan sehat kembali.

Di sisi lain Anda bisa mengganti styling Anda dengan gaya yang simple seperti mengepang rambut atau menguncir rambut dengan gaya tertentu. Styling simpel ini selain tidak merusak rambut, juga bisa menyembunyikan rambut mengembang Anda.

Mengatasi rambut mengembang tidak bisa dilakukan secara instan tetapi harus dengan perawatan rambut dan kebiasaan yang dilakukan secara rutin. Coba 6 cara di atas dan dapatkan rambut halus, lembut, dan bersinar seperti yang Anda inginkan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 14 Masker Rambut yang Bisa Membuat Rambut Tampak Sempurna!

 

Sumber:

  1. Cacciatore, Bella. 2019. 10 Women With Frizz on the Advice That Changed Their Hair. https://www.glamour.com/story/best-no-frizz-hair-tips. (Diakses 24 November 2019).
  2. DiPede, Olivia. How to Tame Frizzy Hair. https://www.luxyhair.com/blogs/hair-blog/how-to-tame-frizzy-hair. (Diakses 24 November 2019).
  3. Hickman, Janel M. dan Carly Cardellino. 2019. How to De-Frizz Your Hair: 15 Genius Fixes for Flyaways and Frizz. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a33187/how-to-defrizz-your-hair/. (Diakses 24 November 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi