Terbit: 22 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rambut adalah salah satu aset berharga yang dimiliki oleh setiap orang. Selain bisa melindungi kulit kepala, rambut juga bisa membuat penampilan menjadi lebih menarik. Bagi kaum hawa, rambut sering dianggap sebagai mahkota yang harus selalu dijaga dan dirawat kesehatannya.

Jangan Dipotong, Begini Cara Atasi Rambut Kering

Merawat rambut terbilang sebagai hal yang susah-susah gampang. Sebab, rambut seringkali mendapati berbagai masalah yang menjengkelkan, seperti rontok, ketombe, uban, hingga rambut kering yang mengakibatkan patah. Untuk mengatasinya, tidak sedikit wanita yang pergi ke salon atau pusat kecantikan, tentunya dengan harga yang relatif mahal.

Namun, tak sedikit pula yang enggan pergi ke salon karena kesibukan atau tak ingin mengeluarkan uang. Biasanya, mereka akan melakukan cara cepat dalam mengatasi rambut kering, yaitu dengan mengguntingnya. Mereka beranggapan jika menggunting rambut yang kering adalah solusi terbaik dan tercepat. Padahal, keputusan tersebut tidak tepat.

Menurut ahli rambut asal Amerika, rambut yang kering bisa disebabkan oleh pelindung luar kepala yang rusak diakibatkan oleh radiasi matahari serta penggunaan obat tertentu. Untuk mengatasinya, Anda tidak boleh langsung mengguntingnya karena hal tersebut bukanlah menyelesaikan masalah, justru membuat struktur dan ketahanan rambut menjadi semakin buruk.

Dalam mengatasinya, ahli rambut tersebut memberikan beberapa tips yang bisa Anda coba. Pertama, dianjurkan agar setiap orang yang mengalami rambut kering harus rutin mencuci kepala atau keramas agar bisa memberi kelembapan pada kulit kepala. Setelah keramas, ada baiknya agar cepat-cepat disisir secara perlahan menggunakan sisir dengan bergigi renggang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Kemudian, saat Anda ingin mengikat rambut, maka berilah kelonggaran sedikit, alias tidak terlalu kencang. Sebab, dengan mengikat terlalu kencang bisa membuat akar rambut tertarik sehingga mengurangi kekuatan rambut dari dalam.

Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan conditioner ataupun produk pelembap lainnya yang bertujuan untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari secara langsung. Jika Anda enggan melakukannya, Anda bisa menggunakan topi atau penutup kepala lainnya untuk mengurangi efek radiasi sinar ultraviolet penyebab rambut kering.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi