Terbit: 28 September 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara mengatasi rambut bercabang tidak hanya dilakukan dengan memotong bagian yang bercabangnya saja, akan tetapi terdapat cara mudah lainnya yang bisa dilakukan. Simak penjelasan selengkapnya di sini.

10 Cara Mengatasi Rambut Bercabang (Mudah Dilakukan)

Mengenali Berbagai Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut bercabang terjadi ketika satu helai rambut terbelah menjadi dua. Secara medis kondisi itu disebut trichoptilosis, di mana ujung bercabang dapat terjadi di seluruh bagian rambut, namun lebih sering terjadi di bagian ujung rambut. Jika kondisi ini tidak mendapatkan penanganan, kerusakan dan kerapuhan rambut secara keseluruhan bisa terjadi.

Berikut adalah cara mengatasi rambut bercabang yang mudah dilakukan, di antaranya:

1. Potong Rambut dengan Gunting Panas

Memotong bagian rambut yang bercabang adalah cara utama yang paling mudah dilakukan. Agar mendapatkan hasil yang terbaik, cobalah gunakan gunting panas untuk menyingkirkan bagian rambut yang bercabang.

Suhu tinggi dari gunting panas dapat menutup kutikula rambut sehingga mengatasi ujung rambut bercabang. Alat ini juga dapat mengurangi kerusakan dan memungkinkan rambut mempertahankan kelembapan dengan lebih baik.

2. Rutin Memotongnya

Selain menggunakan gunting khusus, cara mengatasi rambut bercabang berikutnya adalah dengan rutin memotongnya. Semakin panjang rambut, semakin rentan ujungnya untuk bercabang.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk memotong rambut? Beberapa pakar merekomendasikan memotong setiap enam hingga delapan minggu terlepas dari panjang rambut. Semakin lama Anda menunggu untuk memotong rambut, semakin jauh ujung batang rambut akan terbelah, kondisi ini bisa membuat Anda memiliki rambut lebih pendek dari sebelumnya.

3. Jangan Keramas Berlebihan

Dalam keadaan basah, rambut memiliki kondisi paling rapuh. Keausan sehari-hari pada rambut basah (dalam bentuk keramas) dapat menyebabkan ujung bercabang. Agar rambut bercabang tidak terjadi, keramas tidak dilakukan berlebihan.

Jika Anda memiliki rambut yang rentan terhadap ujung bercabang, pilihlah sampo yang memiliki manfaat revitalisasi. Produk ini diformulasikan untuk mengembalikan rambut yang kusut dan kutikula yang rusak, sehingga memberikan hasil akhir yang halus dan lembut.

4. Hindari Mengeringkan Ujung Rambut

Semakin banyak panas yang diberikan ke ujung rambut, semakin tinggi risiko kerusakan. Dibanding ke ujung rambut, pengering lebih baik diarahkan ke akar dan bagian atas rambut. Oleh karena itu, mengeringkan rambut sepenuhnya dengan alat pengering sebenarnya adalah hal yang tidak perlu.

5. Hindari Menggunakan Shower Panas

Meski memberikan perasaan nyaman, mandi dengan air panas membuat kutikula rambut tidak bisa melepaskan diri dari penyebab ujung rambut bercabang. Air panas bisa merusak rambut karena membuat kutikula membengkak dan membuatnya lebih mudah pecah. Cobalah untuk menggunakan air hangat atau air dingin untuk membilas rambut.

6. Menggunakan Handuk Microfiber

Handuk microfiber lebih mampu mengeringkan rambut setelah mandi dan memiliki manfaat tambahan karena lebih lembut. Setelah mandi, bungkus rambut dengan handuk ini dan biarkan handuk menyerap kelembapan yang berlebih.

Perlu diketahui, menyisir rambut yang masih basah dengan sisir rambut bergigi rapat berisiko menimbulkan kerusakan, jika diharuskan menyisir, gunakanlah sisir bergigi lebar untuk mengurangi rambut kusut bersama dengan kondisioner.

7. Candle Burning

Salah satu metode terbaru untuk cara mengatasi rambut bercabang adalah dengan candle cutting atau velaterapia. Metode ini hanya dilakukan di salon profesional. Cara ini membutuhkan pemelintiran satu bagian rambut dan membakarnya dengan lilin.

Diperkirakan metode ini dapat membuat ‘segel’ untuk membantu melindungi ujung rambut agar tidak pecah lagi. Namun, beberapa ahli perawatan rambut khawatir cara ini sebenarnya dapat menyebabkan ujung bercabang dan merusak folikel rambut.

8. Hair Dusting

Memiliki rambut panjang dengan ujung bercabang namun tetap ingin mempertahankan panjangnya, sepertinya Anda bisa mencoba hair dusting. Ini adalah teknik di mana Anda tidak menghilangkan panjang rambut, tetapi hanya menghilangkan ujung rambut yang rusak.

Cara ini dapat dilakukan dengan dengan memotong bagian paling bawah dari setiap helai rambut. Metode ini lebih merupakan teknik perawatan, daripada aktivitas memotong rambut.

9. Menghidrasi Rambut

Rambut kering bisa menjadi penyebab rambut bercabang. Carilah sampo, masker rambut, dan kondisioner dengan bahan pelembap yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Terdapat banyak reparative sprays yang mengandung asam amino untuk memperbaiki kerusakan.

10. Minyak Argan

Beberapa pakar menyarankan menggunakan produk-produk yang mengandung minyak argan sebagai cara mengatasi rambut bercabang. Dibanding minyak kelapa atau zaitun, molekul minyak ini cukup kecil sehingga mampu menembus batang rambut. Hal itu membuat kelembapan instan sehingga menyamarkan ujung rambut yang bercabang.

Minyak yang kaya akan vitamin A dan vitamin E ini juga populer digunakan untuk mendukung kesehatan kulit. Kandungan tocopherol dari vitamin E membantu meningkatkan produksi sel untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Baca Juga: 17 Cara Menghaluskan Rambut yang Mudah dan Praktis

Bagaimana Cara Mencegah Rambut Bercabang

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya ujung rambut bercabang, di antaranya:

1. Menyisir Rambut dengan Lembut

Menyisir rambut dengan kasar dapat menyebabkan ujung bercabang. Jika Anda dapat mendengar bunyi saat sedang menyisir rambut, berhentilah. Meluruskan rambut yang kusut bisa dimulai dari bawah.

2. Jauhkan Alat Pengering dan Sejenisnya

Jika Anda sudah mengalami rambut bercabang, ingatlah bahwa catokan dan pengering rambut dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut karena panas yang dihasilkan alat tersebut. Cobalah untuk menjaga suhu tetap rendah saat menata rambut.

3. Menjaga Rambut Tetap Bersih

Pastikan juga Anda mencuci rambut secara menyeluruh untuk menghilangkan semua minyak. Jangan pernah meninggalkan sedikitpun kondisioner pada rambut. Bilas seluruh bagian hingga bersih. Gunakan catokan hanya jika rambut bersih dan dilindungi oleh heat protection spray.

4. Hindari Memotong Sendiri

Jangan tergoda untuk memotong ujung rambut yang bercabang karena berisiko menyebabkan gesekan pada kutikula dan menimbulkan lebih banyak ujung rambut yang bercabang. Potong ujung rambut dengan rutin di salon bisa dilakukan dua hingga tiga bulan sekali.

Hindari memangkas ujung rambut sendiri, penggunaan gunting tumpul yang tidak didesain khusus untuk rambut bisa memperparah kondisi.

5. Gunakan Sarung Bantal Berbahan Satin atau Sutra

Sarung bantal bahan katun menyebabkan banyak gesekan pada rambut sehingga menyebabkan ujung bercabang dan patah. Guna mencegah agar ujung rambut tidak bercabang, gunakanlah sarung bantal dengan bahan satin atau sutra.

 

  1. McDermott, Annette. 2017. How to Conceal or Get Rid of Split Ends. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-split-ends. (Diakses pada 28 September 2020).
  2. Rostamian, Michelle dan Hallie Gould. 2020. How to Prevent Split Ends, According to an Expert Hairstylist. https://www.byrdie.com/how-to-prevent-split-ends-4693428. (Diakses pada 28 September 2020).
  3. Tamatam, Sowmya. 2020. How To Fix Split Ends Without Cutting Them?. https://skinkraft.com/blogs/articles/split-ends. (Diakses pada 28 September 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi