Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 16 Juli 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComPsoriasis merupakan salah satu kondisi di mana kulit mengalami peradangan yang disertai dengan rasa gatal. Tidak hanya itu saja, kulit juga menjadi bersisik pada daerah yang terinfeksi. Tentu saja penanganan untuk kulit psoriasis sangat berbeda dari kulit normal. Sejumlah cara berikut diklaim dapat meringankan atau bahkan menyembuhkan psoriasis jika Anda melakukannya secara rutin.

psoriasis pada anak-doktersehat

1. Menjaga Kulit Tetap Lembap

Salah satu cara untuk mengatasi psoriasis adalah dengan menjaga kulit tetap lembap. Dilansir dari lama Web MD, kulit yang lembap justru lebih mudah dan cepat dalam menyembuhkan gatal serta kulit yang bersisik. Maka dari itu, jangan melewatkan penggunaan moisturizer yang tepat. Anda juga bisa mengaplikasikan minyak esensial untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Mandi Air Hangat

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk mengatasi psoriasis adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Mandi air hangat secara rutin dapat menenangkan kulit dan mencegah kulit kering. Kendati demikian, jangan lupa untuk menggunakan sabun yang memiliki formula lembut agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

3. Berjemur

Dilansir dari laman Web MD, sinar matahari yang mengandung UV rupanya juga dapat membantu mengatasi masalah psoriasis. SInar UV dapat memperlambat pertumbuhan sel kulit yang menyebabkan munculnya bagian bersisik pada sebagian area tubuh. Berjemur selama dua kali hingga tiga kali dalam seminggu dapat membantu Anda mengurangi jumlah lesi pada kulit.

Siapa yang menyangka jika masalah psoriasis ternyata juga dapat diatasi dengan sejumlah cara di atas. Tidak hanya mengonsumsi obat-obatan khusus, cara di atas akan membantu kulit lebih cepat dalam memperbaiki jaringan kulit dan menjadikannya normal kembali. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan sekitar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi