7 Cara Mengatasi PMS yang Sangat Menyiksa (Paling Ampuh)

mengatasi-PMS-yang-sakit-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap bulannya wanita akan mengalami menstruasi secara rutin. Sebelum waktu menstruasi tiba biasanya akan terjadi PMS atau sindrom pramenstruasi yang cukup menyiksa. Beberapa wanita mengalami nyeri yang cukup kuat hingga mereka merasa tidak nyaman dan ada yang sampai pingsan, namun tak banya yang tahu bagaimana cara mengatasi PMS.

Berhubung PMS pada beberapa wanita sangat menyiksa, tidak ada salahnya kalau kita lebih bisa menyiasati kondisi ini. Dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini perasaan menyiksa saat PMS tidak akan muncul atau intensitasnya menjadi cukup rendah.

Cara mengatasi PMS yang paling ampuh

PMS memang menyiksa dan bisa membuat seorang wanita merasa tidak nyaman dan kehilangan kesadaran. Kondisi ini bisa diatasi atau dicegah dampak buruknya dengan melakukan beberapa hal sederhana. Berikut ini beberapa cara mengatasi PMS yang menyiksa:

  1. Mengubah gaya hidup

Ubah gaya hidup agar rasa sakit saat PMS tidak muncul. Gaya hidup yang bisa diubah dimulai dari pola makan. Usahakan untuk memperbanyak makanan segar yang diolah sendiri. Jangan membeli makanan yang sudah jadi atau jenis makanan cepat saji. Makanan ini mengandung banyak bahan berbahaya yang buruk untuk tubuh.

Sebisa mungkin untuk tidak tidur terlalu mala matai begadang. Kalau sudah pukul 21.00 atau 22.00 segera tidur agar badan lebih segar dan hormon yang memicu stres tidak muncul. Hormon ini biasanya membuat PMS jadi lebih sakit dari sebelumnya. Lakukan kebiasaan ini menelang tanggal menstruasi atau lakukan terus-menerus agar gangguan PMS tidak pernah muncul lagi.

  1. Berolahraga ringan

Beberapa wanita beranggapan kalau melakukan olahraga sebelum menstruasi justru membuat siklus ini jadi lebih menyiksa. Sebenarnya yang menyiksa itu adalah olahraga yang dilakukan secara berlebihan. Kalau olahraga yang dilakukan terlalu berlebihan ada kemungkinan PMS menjadi lebih sakit.

Anda tidak perlu olahraga terlalu keras seperti jogging atau angkat beban. Cara mengatasi PMS adalah cukup melakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau olahraga dengan menggunakan beban tubuh. Kalau tubuh aktif, peredaran darah berjalan lancar, selanjutnya PMS akan berjalan lebih ringan.

  1. Batasi minuman dengan kandungan kafein

Membatasi minuman yang mengandung kafein bisa menjadi cara mengatasi PMS. Kafein akan menyebabkan PMS lebih sakit dari sebelumnya. Selain itu ada kemungkinan darah yang keluar saat menstruasi menjadi lebih besar. Kafein banyak terdapat di kopi, minuman bersoda, hingga teh. Jadi lebih waspadalah dengan apa yang Anda konsumsi.

Oh ya, minuman dengan kandungan kafein juga memiliki gula yang banyak. Gula juga tidak baik untuk menstruasi dan PMS. Perbanyak minum air putih setiap harinya. Minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Tubuh akan jarang sakit kalau kondisi tubuh terus terhidrasi dengan sempurna.

  1. Mengonsumsi suplemen kalsium

Konsumsi suplemen seperti kalsium yang banyak di pasaran. Suplemen ini akan mengurangi rasa sakit saat PMS. Dalam satu hari wanita membutuhkan sekitar 1.200 mg kalsium agar rasa nyeri saat PMS tidak sering muncul. Kalau Anda tidak ingin mengonsumsi kalsium, bisa memperbanyak susu rendah gula dan lemak.

  1. Relaksasi dengan pijat atau meditasi

Cara mengatasi PMS yang berikutnya adalah denga melakukan relaksasi begitu mendekati tanggal menstruasi. Relaksasi bisa dilakukan dengan lebih sering melakukan hal menyenangkan, pijat, atau aktivitas yang membuat tubuh mengalami peregangan dengan sempurna.

Selain melakukan hal di atas, Anda juga melakukan meditasi ringan di dalam rumah. Dengan melakukan meditasi, tubuh menjadi lebih relaks sehingga hormon stres yang menyebabkan rasa sakit saat PMS tidak muncul.

  1. Kurangi konsumsi garam

Kurangi konsumsi garam setiap harinya begitu mendekati tanggal PMS atau menstruasi. Dengan mengurangi garam, PMS yang akan dihadapi bisa lebih ringan dari sebelumnya. Anda juga disarankan untuk menghindari aneka camilan dan makanan ringan lainnya juga mengandung garam.

  1. Gunakan obat pereda nyeri

Kalau nyeri di perut sudah tidak tertahankan lagi biasanya dokter akan memberikan obat pereda nyeri dengan dosis rendah. Obat jenis ini akan segera menyembuhkan rasa nyeri berlebih dan membuat Anda bisa segera melakukan aktivitas. Penggunaan obat sebagai cara mengatasi PMS hanya dilakukan jika tidak kuat menahan rasa sakit lagi. Jangan asal menggunakannya begitu PMS tiba.

Selain obat yang dijual di apotek, ada juga obat jenis herbal yang bisa mengatasi inflamasi dan nyeri yang ada di perut. Obat herbal itu biasanya terbuat dari kunyit yang memiliki manfaat sebagai pelancar menstruasi.

Kapan harus menemui dokter?

Sindrom sebelum PMS pasti terjadi pada semua wanita dan hal ini normal. Pada kondisi tertentu, PMS bisa menyebabkan banyak masalah sehingga mau tidak mau Anda harus memeriksakan diri ke dokter agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Salah satu masalah yang bisa menjadi indikator gangguan saat PMS adalah rasa sakit.

Kalau cara mengatasi PMS di atas tidak mempan dan rasa sakit saat PMS sudah sangat parah hingga wanita mengalami lemas berlebihan dan pingsan, pemeriksaan harus segera dilakukan. Dikhawatirkan kalau tidak segera mendapatkan pemeriksaan akan ada masalah pada rahim atau organ dalam lainnya.

Kalau PMS menyebabkan masalah lain seperti pusing yang terlalu kuat hingga kehilangan nafsu makan, Anda juga harus segera memeriksakan diri. Apa pun jenis gangguan yang muncul bersama dengan PMS dan Anda merasa tidak nyaman, jangan segan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Premenstrual Syndrom setiap wanita kurang lebih sama dengan intensitas berbeda-beda. Ada yang cukup kuat dan menyiksa dan ada yang ringan saja. Selama tidak mengganggu aktivitas secara umum Anda tidak perlu mengkhawatirkan kondisi ini. Namun, kalau sampai menyebabkan masalah yang besar harus segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.