Terbit: 18 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Siapa sih yang bisa tenang dengan perut buncit? Meskipun banyak orang mengalami hal ini, dalam realitanya masalah perut buncit bisa menyebabkan penurunan rasa percaya diri dan berbagai macam dampak lainnya. Lantas, apakah ada cara mudah dan efektif untuk mengatasi hal ini?

5 Cara Ini Ampuh Mengatasi Perut Buncit

Mengenal Lebih Dalam Perut Buncit

Perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak di dalam rongga perut. Lemak ini bukanlah lemak pada umumnya, melainkan lemak visceral yang dikenal sangat buruk bagi kesehatan. Tak hanya menyebabkan perut membuncit, keberadaan lemak visceral ini bisa menyelubungi organ-organ di dalam perut dan membuat fungsinya semakin menurun. Hal inilah yang bisa membahayakan kesehatan.

Tak hanya dimiliki oleh orang yang mengalami masalah berat badan, dalam realitanya perut buncit juga bisa dialami oleh orang yang terlihat kurus. Biasanya, orang yang mengalami hal ini menerapkan gaya hidup yang buruk seperti tidak menjaga pola makan, malas berolahraga, atau bahkan tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi mengatasi masalah perut buncit.

Berikut adalah cara-cara tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Berolahraga 30 Menit Setiap Hari

Sudah menjadi rahasia umum jika cara paling ampuh yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah perut buncit adalah dengan rutin berolahraga. Lakukanlah setidaknya 30 menit setiap hari demi membantu membakar kalori dan kelebihan lemak di dalam tubuh. Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan adalah berjalan kaki, jogging, atau melakukan sit up yang bisa memberikan dampak langsung bagi perut.

  1. Memperbanyak Asupan Serat dan Protein

Selain rajin berolahraga, sebaiknya kita juga harus lebih cermat dalam menjaga pola makan kita. Sebagai contoh, kita sebaiknya mulai memperbanyak asupan serat seperti dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian seperti gandum, serta makanan berprotein tinggi seperti tempe atau daging ikan. Makanan-makanan ini bisa membantu perut kenyang lebih lama dan mencegah keinginan makan dengan porsi berlebihan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin makan apel yang tinggi serat jika ingin menurunkan lingkar perut dengan efektif.

  1. Tidur Cukup Setiap Malam

Meski terlihat sepele, dalam realitanya waktu tidur bisa memberikan pengaruh besar bagi berat badan kita. Jika kita tidak mendapatkan waktu tidur berkualitas, sistem metabolisme tubuh akan melambat dan hormon akan mengalami kekacauan sehingga bisa memicu peningkatan berat badan.

Pastikan untuk tidur dengan durasi tujuh hingga delapan jam setiap malam demi mendukung proses penurunan berat badan dan lingkar perut.

  1. Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Memperbanyak asupan air putih bisa membantu perut kenyang, menjaga porsi makan agar tidak berlebihan, mencegah keinginan untuk ngemil, dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini tentu akan membantu proses penurunan lingkar perut.

Hanya saja, pastikan bahwa cairan yang dikonsumsi adalah air putih, bukannya air dengan tambahan rasa seperti sirup, minuman bersoda, atau cairan dengan rasa manis lainnya yang kurang sehat.

  1. Mengelola Stres

Meski terlihat tidak berkaitan, dalam realitanya stres bisa memberikan dampak besar bagi berat badan dan ukuran lingkar perut, lho. Jika kita sering stres, bisa jadi akan membuat nafsu makan dan keinginan ngemil akan semakin meningkat. Hal ini tentu akan berimbas pada perut semakin membuncit.

Pastikan untuk mengelola stres dengan baik seperti dengan melakukan hobi yang disukai, piknik, bersantai, melakukan latihan pernapasan, berolahraga, dan lain-lain.

 

Sumber:

  1. Anonim. 2017. 8 Ways to Lose Belly Fat and Live a Healthier Life. www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/8-ways-to-lose-belly-fat-and-live-a-healthier-life (Diakses pada 18 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi