Terbit: 9 Februari 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara mengatasi penuaan dini pada kulit wajah mulai dari perawatan kulit rutin, makan sayur dan buah, hingga olahraga. Ketahui bagaimana cara mengatasi penuaan dini pada wajah, kulit, dan mata bagi pria dan wanita lengkap di sini!

19 Cara Mengatasi Penuaan Dini secara Alami bagi Pria dan Wanita

Cara Mengatasi Penuaan Dini secara Alami

Penuaan dini mungkin terjadi pada usia 20an hingga 30an dengan gejala umum seperti timbul bintik-bintik hitam, kerutan, keriput, wajah kusam, dan kulit kendur. Elastisitas kulit memang berkurang secara alami seiring bertambahnya usia, namun Anda dapat mencegahnya dengan perawatan kulit dan penerapan pola hidup sehat setiap hari.

Berikut ini beberapa cara mengatasi penuaan dini pada wajah pria dan wanita secara alami:

1. Jangan Merokok

Perokok lebih rentan mengalami penuaan dini pada kulit dan organ tubuh. Pasalnya, kandungan tembakau dapat mempercepat pemecahan kolagen dan zat elastin, serta menyempitkan pembuluh darah.

Akibatnya, kulit akan kekurangan asupan kolagen, darah penuh oksigen, dan nutrisi. Bahkan, tanda-tanda penuaan dini pada perokok terlihat jelas pada kulit dan ujung jari yang menguning. Bila Anda seorang perokok, pertimbangkan untuk berhenti merokok bukan hanya untuk kesehatan kulit, namun kesehatan seluruh organ tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Jangan Minum Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol akan membuat kulit jadi dehidrasi, sehingga tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput dan kerutan rentang terjadi lebih cepat. Kandungan alkohol terlalu tinggi juga akan merusak aliran darah dan memicu masalah kulit seperti kulit kemerahan, jerawat, dan rosacea.

3. Hindari Kulit dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari di siang hari secara langsung akan merusak lapisan kulit, membuat kulit jadi kusam, dan terbakar (sunburn). Bila Anda beraktivitas di luar ruangan, pertimbangkan untuk menggunakan pakaian panjang, kacamata, atau topi. Bila ingin berjemur untuk mendapatkan vitamin D, lakukan di pagi hari sekitar jam 8-10 selama 10-15 menit.

4. Terapkan Pola Makan Sehat

Cara mengatasi penuaan dini pada wajah wanita adalah dengan makan sehat setiap hari. Vitamin untuk kulit termasuk vitamin A, C, D, antioksidan, dan antiinflamasi alami.

Berikut ini beberapa jenis makanan sehat untuk kulit:

  • Teh hijau.
  • Alpukat.
  • Sayuran berdaun hijau.
  • Wortel.
  • Brokoli.
  • Stroberi.
  • Buah delima.

Ada banyak lagi makanan sehat untuk kulit, pelajari di sini

5. Cukup Minum Air Putih

Hidrasi kulit dari dalam agar kulit sehat, lembap, dan tampak awet muda. Terutama bila kulit Anda kering dan pecah-pecah, minum air putih dapat menjadi solusi alami yang efektif. Jadi, minum 8 gelas air putih per hari untuk tubuh dan kulit yang sehat.

6. Jangan Stres

Salah satu penyebab penuaan kulit adalah pengaruh stres berkepanjangan. Anda bisa melihat tandanya dari lingkaran mata yang menghitam, kerutan, dan kulit kusam.

Bila Anda merasa diri Anda berkutat dengan stres sehari-hari, berikut ini beberapa cara mengatasi stres:

  • Meditasi.
  • Latihan pernapasan dalam.
  • Yoga.
  • Olahraga.
  • Mindfulness meditasi.
  • Jalan-jalan.

Silakan cari teknik pengelolaan stres yang baik untuk diri Anda. Lakukan kegiatan positif dan menyenangkan setiap hari!

7. Olahraga

Cara mengatasi penuaan dini pada wajah pria dengan olahraga secara teratur. Olahraga setiap hari setidaknya 15-30 menit per hari dapat melancarkan sirkulasi darah dan membuat kulit menjadi lebih sehat dan tampak awet muda. Pilih jenis olahraga apa saja yang Anda sukai, termasuk jogging, menari, bersepeda, dll.

Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Selain cara alami, pertimbangkan untuk melakukan perawatan kulit wajah setiap hari. Berikut ini tips merawat kulit agar tampak awet muda setiap saat!

1. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen setiap hari di segala cuaca. American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan sunscreen minimal SPF 30 dengan label  “broad-spectrum” yang berarti dapat mencegah paparan UVA dan UVB sekaligus.

2. Gunakan Retinoid atau Retinol

Retinoid atau retinol adalah turunan vitamin A yang merupakan agen anti-ageing paling efektif. Retinoid juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit jadi lembut, kenyal, bersih, dan sehat.

Ada berbagai produk kecantikan yang mengandung retinoid atau retinol. Pelajari tentang fungsi dan cara menggunakan retinoid di sini.

3. Gunakan Pelembap

Krim pelembap adalah agen hidrasi kulit dari luar. Pelembap akan membantu untuk menutrisi kulit dan mencegah berbagai tanda penuaan. Pertimbangkan untuk menggunakan pelembap yang mengandung vitamin C dan hyaluronic acid sekaligus untuk mencegah penuaan kulit dari lapisan kulit yang lebih dalam.

4. Antioksidan

Cara mengatasi penuaan dini pada wajah wanita dengan menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan antioksidan, serta konsumsi makanan tinggi antioksidan. Antioksidan akan menangkal paparan radikal bebas yang menyebabkan tanda penuaan kulit secara efektif.

Baca Juga: 12 Buah Antioksidan Tinggi yang Wajib Dikonsumsi 

5. Bersihkan Wajah secara Teratur

Gunakan sabun pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda. Bersihkan wajah setidaknya dua sehari, serta jangan lupa bersihkan sisa make up untuk mencegah iritasi kulit, jerawat, serta masalah kulit lainnya.

6. Perawatan Kulit Rutin

Gunakan pembersih wajah, toner, serum, pelembap, serta rangkaian produk skin care pagi dan malam hari secara teratur. Skin care akan membantu membersihkan kulit, membuat kulit glowing, bersih, dan tentu saja awet muda. Pertimbangkan untuk konsultasi ke dokter kulit untuk memilih jenis skin care terbaik untuk kulit Anda.

Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Mata

Tanda penuaan kulit terlihat jelas pada lingkar mata yang hitam dan berkerut. Pelajari cara mengatasi penuaan dini pada mata, sebagai berikut:

1. Kompres Es

Kompres es dapat membantu melancarkan aliran darah di area mata. Caranya dengan menggunakan es batu yang dibungkus kain, lalu kompres di area mata selama 20 menit. Jangan menempelkan es batu langsung ke mata.

2. Beri Mata Istirahat

Anda mungkin telah bekerja menggunakan laptop setiap hari hingga mata lelah dan memicu tanda penuaan di sekitar mata. Mohon berikan mata sedikit istirahat. Gunakan teknik 20-20-20, yaitu setiap melihat layar ponsel atau komputer setelah 20 menit, beri mata istirahat selama 20 detik dengan melihat pemandangan atau objek lain sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter.

3. Masker Mata

Gunakan masker mata sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa gunakan bahan alami seperti irisan timun dan tomat yang sudah direndam air dingin lalu tempelkan di mata selama 5 menit atau lebih.

4. Eye Cream

Gunakan produk eye cream setiap hari. Anda perlu mencoba beberapa merek eye cream sebelum mendapatkan produk yang cocok untuk Anda. Pelajari tentang cara mengatasi kantung mata hitam di sini.

Itulah pembahasan tentang cara mengatasi penuaan dini secara alami baik untuk pria dan wanita. Terapkan pola hidup sehat dan gunakan skin care rutin untuk hasil kulit yang cerah dan awet muda. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Anthony, Kiara. 2019. What Causes Dark Circles Under Your Eyes?. https://www.healthline.com/health/dark-circle-under-eyes. (Diakses pada 9 Februari 2021).
  2. Gallagher, Grace. 2019. 8 Proven Ways to Prevent Wrinkles. https://www.healthline.com/health/skin/how-to-prevent-wrinkles. (Diakses pada 9 Februari 2021).
  3. Kam, Katherine. 2012. 10 Ways to Slow the Aging Process. https://www.webmd.com/beauty/features/wrinkles-skin#1. (Diakses pada 9 Februari 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi