Terbit: 10 Mei 2020 | Diperbarui: 12 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Cara menghilangkan gatal di penis bukan dengan digaruk sembarangan! Ini memang cara paling cepat, namun bisa timbul rasa tidak nyaman lainnya. Sama halnya dengan organ intim wanita, alat kelamin pada pria juga harus selalu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Cek cara mengatasi gatal selengkapnya!

cara-menghilangkan-gatal-di-penis-doktersehat

Cara Menghilangkan Gatal di Penis secara Alami

Penis yang gatal dapat disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk penyakit menular seksual (PMS). Untuk itu, berikut cara mengurangi gatal pada penis  secara alami yaitu :

1. Kompres dingin

Cara ini dapat menghilangkan gatal yang disebabkan oleh dermatitis kontak, kudis, dan rambut yang tumbuh ke dalam atau ingrown hair.

Cara menghilangkan gatal di penis ini cukup mudah dan sering digunakan untuk pengobatan lainnya. Kompreskan kain yang basah dan dingin ke daerah yang gatal di penis ataupun sekitarnya selama lima hingga 10 menit, atau bungkus es dengan handuk kemudian kompres daerah yang gatal.

Efek pendinginan dari kompres dingin ini juga dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh balanitis (peradangan di ujung penis) atau uretritis (pembengkakan uretra).

2. Garam Epsom

Sementara obat alami untuk penis gatal karena psoriasis (peradangan pada kulit) adalah mineral sulfat heptahidrat epsomit atau yang dikenal garam Epsom. Bagaimana cara menggunakan garam Epsom?

Sebelum mandi air hangat, tambahkan garam Epsom ke dalam bak air dan tunggu hingga larut, kemudian berendamlah selama sekitar 15 menit.

3. Baking soda

Jika mengalami  infeksi jamur pada penis, Anda dapat menggunakan soda kue yang dapat mengurangi rasa gatal pada penis.

Cara menghilangkan gatal di penis ini tidak jauh berbeda dengan pengobatan di atas, Anda hanya menambahkan satu cangkir baking soda ke dalam bak air hangat dan kemudian berendam.

Anda juga dapat menggunakan pasta baking soda sebagai obat topikal. Pertama, campurkanlah baking soda ke dalam sedikit air, dan aduk hingga menjadi pasta. Kemudian oleskanlah pasta tersebut ke penis, dan bilas setelah didiamkan beberapa menit.

4. Oatmeal koloid

Oatmeal koloid atau gandum koloid dapat mengurangi iritasi kulit seperti penis gatal dan kekeringan. Dikutip dari Healthline, oatmeal koloid adalah oatmeal yang sering digunakan untuk lotion atau untuk mandi, yang memiliki anti-inflamasi dan antioksidan berkat kandungan vitamin E, asam ferulic, dan aventhramides.

Cara menghilangkan gatal di penis ini juga mudah. Pertama, taburkan bubuk oatmeal ke dalam air hangat dan tunggu larut. Aduklah hingga rata dan berendamlah selagi masih hangat. Kemudian bilaslah setelah berendam selama 15 hingga 20 menit.

5. Cuka sari apel

Jika psoriasis menyebabkan gatal pada penis, cuka sari apel dapat digunakan untuk menghilangkan gatal dan iritasi.

Agar hasilnya maksimal, campurkan cuka sari apel ke dalam segelas air hingga larut. Kemudian oleskan larutan tersebut pada area penis, lalu bilas setelah mengering.

Ingat, jangan mengoleskan cuka sari apel jika kulit kering atau pecah-pecah, atau kulit terasa terbakar.

Perlu diketahui, meskipun praktis dan mudah untuk dilakukan, efektivitas beberapa bahan-bahan alami yang telah dijelaskan diatas masih perlu mendapat dukungan bukti ilmiah. Oleh karena itu, bila  cara menghilangkan gatal di penis dengan bahan alami tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: 7 Penyebab Penis Keluar Nanah dan Cairan Putih

Cara Menghilangkan Gatal di Penis secara Medis

1. Krim steroid topikal

Jika gatal-gatal Anda disebabkan oleh kondisi dermatologis, dokter kemungkinan akan meresepkan krim steroid topikal untuk mengurangi peradangan dan perubahan pada kulit. Anca cukup mengoleskan krim steroid pada area penis yang gatal.

2. Obat atau krim antijamur

Mirip dengan antibiotik yang dapat mengobati bakteri, krim anti-jamur dapat mengatasi jamur yang menyebabkan gatal pada penis.

Apa pun jenis jamur yang menyebabkan rasa gatal, krim antijamur topikal seperti Lotrimin AF dapat mengobatinya. Krim ini menyerang sel-sel jamur yang menyebabkan infeksi, dan membiarkan sel-sel kulit sehat tidak terganggu.

Sebelum mengoles krim anti-jamur, terlebih dahulu tepuk-tepuk bagian kulit penis yang terasa gatal. Cara ini akan membantu menghilangkan kelembapan, mencegah pertumbuhan jamur dan memungkinkan obat anti-jamur bekerja lebih baik.

3. Pelembap

Krim pelembab seperti Aveeno Skin Relief dapat membantu mengobati gatal pada penis. Pelembap ini juga mengandung oatmeal koloid, yang berfungsi untuk meredakan iritasi.

Padukan krim pelembap dengan krim zinc, yang melindungi kulit dari gesekan. Kemudian gunakan krim yang mengandung petroleum, yang dapat membantu melembapkan kulit.

Sebagai pencegahan penis gatal, gunakanlah celana athletic supporter ketika beraktivitas seperti olahraga, karena celana ini dirancang untuk mencegah peradangan.

4. Sampo & lotion

Bila penis gatal kerena kutu kemaluan, dokter mungkin meresepkan sampo atau lotion yang mengandung permetrin atau piretrin dengan piperonyl butoksida, yang akan membasmi kutu.

Menurut Mayo Clinic yang dilansir Menshealth, kutu kemaluan paling sering dikaitkan dengan penyakit menular seksual. Anda juga dapat tertular kutu kemaluan dari selimut atau handuk yang terkontaminasi. Bahkan jika Anda belum melakukan hubungan seks baru-baru ini, dan jangan menyepelekan risiko.

5. Antibiotik

Pengggunaan antibiotik dapat meredakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada kulit penis. Dokter akan meresepkan antibiotik berupa pil atau krim, tergantung pemicu gatal pada penis.

Apabila gatal yang terasa pada penis dan area di sekitarnya terasa cukup mengganggu, sebaiknya Anda berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

 

  1. Fisher, James Keith. 2018. What’s Causing My Penis to Itch and How Do I Treat It?. https://www.healthline.com/health/penis-itches#pubic-itch (Diakses 19 Agustus 2019).
  2. Sampaney, Claudia Gambrah. 2019. Reasons Your Penis May Be Itchy & How to Find Relief. https://www.buoyhealth.com/symptoms-a-z/penis-itch/ (Diakses 19 Agustus 2019)
  3. Smith, Joelle. 2019. 7 Reasons Your Crotch Is So Damn Itchy. https://www.menshealth.com/health/a19536913/itchy-crotch/ (Diakses 19 Agustus 2019).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi