Terbit: 2 Juni 2020 | Diperbarui: 23 Juli 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Pasangan yang baru putus mungkin tidak tahu cara mengatasi patah hati karena rasa sedih pasti mendominasi dirinya. Ketahui bagaimana cara mengatasi patah hati dan obat patah hati agar Anda kembali semangat dan sehat secara mental dan fisik.

13 Cara Mengatasi Patah Hati agar Cepat Move On

Cara Mengatasi Patah Hati Paling Efektif

Patah hati adalah perasaan yang timbul akibat perpisahan atau kehilangan orang yang dicintai dengan tekanan emosional yang intens. Sebagian besar orang yang pernah menjalani hubungan mungkin pernah merasakan setidaknya satu kali momen patah hati terburuk dalam hidupnya.

Bukan hanya memengaruhi kesehatan mental, perasaan sedih akibat kehilangan seseorang yang sangat dikasihi juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Jadi, jangan biarkan diri Anda tenggelam terlalu lama untuk mengingat kisah masa lalu dan mengganggu kebahagiaan Anda di masa depan. Ikuti beberapa motivasi patah hati untuk melanjutkan hidup Anda kembali, berikut ini:

1. Berikan Diri Anda Waktu untuk Sendiri

Saat Anda kehilangan seseorang karena alasan apapun, emosi natural yang pertama kali Anda rasakan adalah patah hati yang sangat dalam. Emosi tersebut sangat wajar. Anda mungkin menangis, marah, takut, kesepian, atau merasa bersalah.

Tubuh dan perasaan Anda memiliki respon natural dan tidak apa-apa untuk membiarkan semua emosi itu ada. Ambil waktu secukup mungkin untuk bersedih, menyepi, sambil berpikir dengan lebih tenang.

Anda mungkin ingin menangis sambil menyanyikan lagu patah hati atau bercerita pada sahabat Anda. Lakukan apapun yang membuat Anda merasa lebih baik atau membuat Anda berpikir bahwa orang lain juga pernah mengalami rasa sakit hati serupa dan Anda tidak sendirian.

2. Jaga Diri Anda

Rasa sakit hati tidak hanya membuat Anda lelah secara mental, tapi secara fisik. Beberapa tipe orang mungkin merasakan patah hati hingga tidak napsu makan dan berakibat buruk pada kesehatan fisik. Anda tidak boleh berduka terlalu lama.

Bila sudah memberikan waktu untuk diri sendiri, Anda harus bangkit pelan-pelan dengan melakukan aktivitas lain daripada terus-menerus menangisi seseorang yang sudah pergi. Anda dapat melakukan latihan pernapasan, yoga, meditasi, atau olahraga, atau pergi ke gym bila perlu.

Ada berbagai manfaat olahraga bagi kesehatan, termasuk melepaskan hormon kebahagian dan tubuh Anda jadi lebih bugar. Selain itu, Anda mungkin dapat menggunakan cara ini untuk memperbaiki penampilan atau tujuan pribadi lainnya.

3. Jalan-Jalan

Salah satu cara menjaga kesehatan mental Anda adalah dengan keluar dari rutinitas yang berpengaruh buruk bagi perasaan dan tubuh Anda. Setelah patah hati, sebaiknya hibur diri Anda dengan pergi ke tempat-tempat indah. Anda bisa melakukannya sendiri atau mengajak sahabat Anda untuk memberi motivasi patah hati.

Bila itu tidak memungkinkan, Anda dapat pergi berjalan kaki ke sekitar tempat tinggal Anda selama 2 jam. Anda mungkin akan bertemu dengan orang lain, melihat sesuatu yang menarik, atau sekadar mendapat inspirasi sederhana untuk mulai bahagia kembali.

4. Lakukan Aktivitas Lain

Alihkan perasaan sedih Anda dengan membuat diri Anda sibuk sepanjang hari. Saat Anda sibuk, Anda mungkin bisa melupakan apa dan siapa yang membuat Anda sedih. Selain itu, Anda mungkin akan menemukan diri Anda kembali dan bersemangat.

Sebagai contoh, Anda dapat membaca buku, menonton film, mengobrol dengan teman, memasak, merawat binatan peliharaan Anda, atau melakukan hal-hal lain yang Anda sukai. Apabila Anda harus bekerja atau belajar, sibukkan diri Anda dengan tujuan dan target baru dalam bidang tersebut.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Orang Jatuh Cinta dan Manfaatnya bagi Kesehatan

5. Buat Kebiasaan Baru

Salah satu motivasi patah hati yang harus Anda dengar adalah bahwa patah hati memang menyakitkan, tapi Anda tidak boleh berduka selamanya. Saatnya untuk menciptakan kebiasaan baru yang tidak ada hubungannya dengan mantan kekasih Anda.

Sementara Anda menyembuhkan diri sendiri, sebaiknya hindari semua tempat, peristiwa, atau hal-hal kecil lainnya yang mengingatkan Anda padanya. Bila perlu, cari suasana baru, kebiasaan baru, sudut pandang baru, komunitas baru, atau kehidupan baru di mana Anda tidak perlu mengingat namanya.

6. Tulis Semua Hal-Hal yang Membuat Anda Kuat

Secara psikologi, seseorang yang sedang sedih hanya akan melihat keburukan dan kesalahan dalam dirinya. Anda mungkin akan menyalahkan diri sendiri saat momen patah hati tersebut baru dirasakan. Kesedihan tersebut dapat menjadi awal gejala stres dan depresi bila dibiarkan.

Anda dapat menuliskan semua kebaikan dan kekuatan yang Anda miliki. Misalnya, Anda seorang yang pintar masak, rajin berkebun, bisa bernyanyi, atau Anda adalah orang baik. Tekankan juga pada diri Anda kalau sejauh ini Anda tidak kalah berjuang dan Anda pasti bisa melewati masa patah hati ini.

Pada dasarnya, obat patah hati adalah diri Anda sendiri. Sebagaimana Anda dapat mengontrol kesedihan dari diri Anda dan jadikan itu sebagai sebuah pelajaran.

7. Berhenti Menggunakan Sosial Media Sementara

Anda mungkin mencari quotes patah hati di sosial media yang sesuai dengan perasaan Anda, namun itu bukanlah cara terbaik. Anda dianjurkan untuk berhenti dari sosial media untuk sementara waktu saat sedang patah hati.

Pasalnya, Anda akan memiliki akses yang mudah untuk melihat mantan Anda di sosial media. Anda juga mungkin memiliki kecenderungan untuk mengunggah kesedihan Anda di internet. Aktivitas tersebut hanya akan memperbesar rasa sedih Anda.

8. Habiskan Waktu dengan Teman atau Keluarga

Berdasarkan seorang Psikolog di Department of Psychiatry and Behavioral Medicine at The Ohio State University Wexner Medical Center, Anda disarankan untuk menghabiskan waktu atau bercerita atau menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga. Orang-orang terdekat Anda dapat membantu Anda untuk agar cepat move on atau sembuh dari patah hati.

9. Catat Rutinitas Anda

Anda mungkin harus memulai hidup dari awal dengan cara mencatat semua hal-hal yang harus Anda kerjakan atau Anda butuhkan setiap hari. Misalnya, Anda harus pergi belanja, merapikan lemari, menyiram tanaman, menolong tetangga, atau lainnya.

Beragam hal-hal kecil dapat membantu Anda agar Anda produktif dan sedikit melupakan kesedihan Anda. Anda juga dapat minta bantuan orang sekitar Anda untuk mengingatkan Anda tentang semua hal yang harus Anda kerjakan. Cara ini efektif agar Anda tidak punya waktu luang untuk bersedih.

10. Menolong Orang Lain

Cara mengatasi patah hati selanjutnya adalah dengan menolong orang lain, walaupun hanya pertolongan sederhana. Sebagai contoh, Anda dapat menolong anggota keluarga Anda, tetangga, teman, atau orang asing di jalan.

Saat Anda menolong seseorang, Anda akan merasa diri Anda berguna. Perasaan tersebut akan membuat Anda bahagia. Anda juga akan belajar bahwa setiap orang memiliki kesedihannya masing-masing.

11. Dengarkan Musik

Berdasarkan penelitian, musik memiliki efek terapeutik untuk membuat Anda merasa lebih bersemangat. Bila sudah pada situasi yang lebih baik, sebaiknya jangan mendengarkan lagu patah hati. Dengarkan lagu-lagu yang bahagia dan membuat Anda tersenyum. Manfaat mendengarkan lagu adalah untuk memicu pelepasan endorfin atau hormon kebahagiaan, mengembalikan semangat, dan mengatasi gejala stres.

Baca Juga: 15 Manfaat Mendengarkan Musik, Bisa Meningkatkan IQ Anak!

12. Cintai Diri Sendiri

Obat patah hati yang paling bekerja adalah dengan mencintai diri Anda sendiri. Lakukan semua kegiatan yang Anda cintai, pergi ke tempat yang membahagiakan Anda, serta berkumpul dengan orang-orang yang menyayangi Anda.

Cintai diri Anda sebelum mencintai orang lain. Pastikan bahwa Anda sudah berada dalam keadaan yang baik dan lebih dewasa sebelum memulai hubungan dengan orang lain lagi.

13. Mencari Bantuan Profesional

Bila Anda sudah mencoba semua cara mengatasi patah hati tersebut namun Anda masih merasa kesedihan yang mendalam, sebaiknya mencari bantuan ke profesional. Terutama bila patah hati yang Anda rasakan sudah berlangsung lama dan mengganggu kehidupan dasar Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi kesedihan mendalam akibat patah hati. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat Anda kembali semangat untuk melangkah maju.

 

  1. Ajjan Chamin MS, LCSW, ACT. 2019. 7 Steps to Heal a Broken Heart. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-dynamics-love/201902/7-steps-heal-broken-heart. (Diakses pada 2 Juni 2020).
  2. Kotz, Deborah dan Angela Haupt. 2012. 8 Steps to Mend a Broken Heart. https://health.usnews.com/health-news/articles/2012/03/22/8-steps-to-mend-a-broken-heart. (Diakses pada 2 Juni 2020).
  3. Lamothe, Cindy. 2019. The Practical Guide to Healing a Broken Heart. https://www.healthline.com/health/how-to-heal-a-broken-heart#self-care-tips. (Diakses pada 2 Juni 2020).
  4. Therese Borchard. 2018. 10 Tips to Mend a Broken Heart. https://psychcentral.com/blog/10-tips-to-mend-a-broken-heart/. (Diakses pada 2 Juni 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi