Terbit: 20 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Apakah Anda seorang ibu hamil yang sedang mengalami ngidam parah? Selain mencemaskan berat badan Anda yang semakin meningkat drastis, Anda juga pasti sudah mulai penasaran untuk mengetahui penyebab ngidam dan beberapa cara mengatasi ngidam parah tersebut?

cara-mengatasi-ngidam-parah-doktersehat

Sebaiknya Anda tidak perlu cemas karena ada beberapa hal yang bisa dijelaskan sebagai penyebab ngidam. Selain itu, Anda akan segera mengetahui beberapa cara mengatasi ngidam parah yang bisa Anda terapkan cepat seperti pada penjelasan di bawah ini.

Penyebab ngidam

Ngidam adalah kondisi yang umumnya dirasakan oleh ibu hamil di mana ia sangat meinginkan sesuatu baik berupa makanan, minuman, benda-benda, atau hal lain. Sebenarnya belum diketahui dengan pasti penyebab ngidam secara ilmiah. Namun ada beberapa teori yang bisa menjelaskan tentang beberapa penyebab ngidam.

Berikut ini adalah beberapa penyebab ngidam yang perlu Anda ketahui:

1. Perubahan hormon

Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan telah membuat banyak perubahan yang terjadi pada ibu hamil. Perubahan psikis akibat faktor hormonal ini sangat mungkin terjadi. Kadar hormon kehamilan yang meningkat drastis bisa menjadi penyebab ngidam.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Sering Ngidam Mangga Muda

2. Kekurangan zat gizi tertentu

Kekurangan zat gizi tertentu bisa menjadi penyebab ngidam bagi ibu hamil. Pada beberapa kasus, ada ibu hamil yang mengalami defisensi zat-zat gizi tertentu seperti vitamin, mineral, omega 3, dan sebagainya. Hal ini akan mendorong ibu mengalami ngidam tanpa disadari.

3. Berasal dari kepala Anda

Teori yang satu ini memang tidak ilmiah tetapi sering kali dicurigai sebagai penyebab ngidam oleh masyarakat. Selama menjalani masa kehamilan, ibu hamil sering kali sangat ingin mengonsumsi sesuatu secara tiba-tiba.

Semuanya keinginan ngidam berasal dari kepala Anda yang sangat ingin mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Banyak yang bilang hal ini merupakan isyarat pesan dari bayi. Sayangnya hal ini juga tidak terbukti secara ilmiah.

Cara mengatasi ngidam parah

Ngidam memang hal yang biasa terjadi pada ibu hamil tetapi tidak untuk ngidam parah. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa cara mengatasi ngidam parah yang akan dijelaskan di bawah ini. Cara mengatasi ngidam parah ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa mengontrol ngidam Anda menjadi tidak semakin parah.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi ngidam parah:

1. Makan secara teratur

Meskipun banyak perubahan terjadi pada ibu hamil tetapi hal ini tidak boleh membuat pola makan Anda menjadi tidak teratur. Anda harus selalu makan sesuai dengan waktu yang tepat. Makanlah sarapan Anda di pagi hari, bukan menjelang makan siang.

Jangan menunda makan apalagi saat Anda sudah mulai merasa lapar. Selain untuk mengatasi ngidam parah, hal ini juga penting untuk mencegah asam lambung naik. Jangan pernah sekalipun, Anda melewati sarapan yang sangat berperan terhadap kesehatan tubuh Anda.

2. Pola diet yang sehat

Pola diet yang sehat juga merupakan cara mengatasi ngidam parah yang cukup ampuh untuk mengontrol ngidam parah Anda. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi untuk ibu hamil.

Ibu hamil disarankan untuk memilik diet seimbang setiap hari. Diet seimbang tersebut terdiri dari menu harian yang kaya akan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan produk susu. Menu tersebut mengandung zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

3. Mencari alternatif makanan yang diidamkan

Saat Anda mulai ngidam suatu makanan atau minuman tertentu, pastikan apakah makanan tersebut sehat dan bergizi. Apabila makanan tersebut tidak sehat atau bergizi maka Anda perlu berpikir beberapa makanan sehat yang bisa dijadikan sebagai alternatif.

Sebagai contoh, mungkin saat Anda ngidam es krim maka gantilah dengan yogurt beku atau buah beku yang kemudian dilumatkan seperti es krim. Keduanya sama-sama dingin tetapi makanan alternatif lebih sehat untuk ibu hamil.

Baca juga: Begini Cara Hadapi Ngidam yang Sehat saat Hamil

4. Mengontrol porsi

Terkadang Anda bisa mengalami kondisi ngidam suatu makanan dan ternyata makanan tersebut tidak bisa diganti dengan jenis makanan yang lebih sehat dan bergizi. Apabila Anda dalam situasi seperti ini maka Anda tidak perlu menyiksa diri.

Anda bisa mengonsumsi makanan tersebut. Akan tetapi, Anda harus bisa mengontrol porsi yang ingin dikonsumsi. Ambilah makanan tersebut dengan porsi kecil. Anda bisa menerapkan cara ini juga di saat Anda ingin diet pasca melahirkan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi