Terbit: 1 Maret 2021 | Diperbarui: 2 Maret 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Bagaimana cara mengatasi mata lelah dan pusing? Mata lelah sering terjadi akibat menatap layar gawai terlalu lama hingga menyebabkan mata kering, merah, gatal, buram, dan tidak nyaman. Artikel ini akan membahas tentang cara mengatasi mata lelah dan perih secara lengkap.

11 Cara Mengatasi Mata Lelah dan Perih Akibat Komputer

Gejala Mata Lelah

Anda mungkin mengalami kondisi mata lelah namun sering mengabaikannya. Ketahui apa saja gejala mata lelah agar dapat mencegah masalah kesehatan yang lebih buruk, sebagai berikut:

  • Mata kering dan perih.
  • Sensasi terbakar pada mata.
  • Mata gatal.
  • Penglihatan sedikit buram.
  • Sensitif pada cahaya.
  • Sulit fokus.
  • Beberapa orang mengalami mata berair.
  • Tidak dapat membuka mata dalam waktu lama.
  • Sakit kepala.
  • Nyeri pada leher dan punggung.
  • Penglihatan ganda atau berbayang.

Umumnya, gejala mata lelah tidak membahayakan dan tidak serius, namun dapat menurunkan konsentrasi dan membuat Anda tidak nyaman.

Penyebab Mata Lelah

Mata lelah biasanya terjadi akibat penggunaan gawai terlalu lama. Seseorang yang menggunakan gawai setidaknya dua jam tanpa henti setiap hari rentan mengalami gejala mata lelah. Ketahui penyebab mata lelah lainnya, termasuk:

  • Menatap layar gawai (gadget) seperti laptop, komputer, atau ponsel terlalu lama.
  • Membaca tanpa istirahat.
  • Menyetir lama dan jauh.
  • Berada di ruangan yang terlalu terang atau silau.
  • Melihat dalam tempat yang redup.
  • Stres atau pusing.
  • Terpapar udara dingin dari AC atau kipas angin terlalu lama.
  • Memiliki masalah penglihatan yang mendasarinya.
  • Melihat layar gawai dalam jarang yang terlalu dekat.

Saat ini, kebanyakan orang menggunakan perangkat digital dalam waktu yang lama dan rentan mengalami gejala mata lelah. American Optometric Association bahkan menyebut kondisi tersebut sebagian computer vision syndrome (sindrom penglihatan komputer) atau digital eye strain (kelelahan mata digital).

Cara Mengatasi Mata Lelah dan Perih

Berikut ini beberapa cara mengatasi mata lelah dan pusing dengan mudah:

1. Sesuaikan Penerangan

Atur penerangan dengan cahaya yang sesuai, jangan terlalu terang atau terlalu redup. Berikut ini rekomendasi pengaturan cahaya yang baik:

  • Ruangan harus cukup terang saat menonton TV. Bila membaca media cetak atau melakukan pekerjaan yang mengharuskan Anda melihat objek dari jarak dekat, arahkan cahaya ke objek tersebut.
  • Saat Anda membaca di meja, nyalakan lampu dengan sinar teduh dengan arah cahaya ke depan Anda.
  • Bila menggunakan komputer atur kontras komputer yang sesuai. Hindari cahaya luar yang terlalu silau.

Selebihnya, gunakan lampu yang sesuai untuk setiap ruangan dan kebutuhan Anda. Silakan gunakan produk lampu yang ramah mata seperti lampu fluoresen padat (CFL), LED, atau lampu dengan teknologi terbaru ComfortEye.

2. Atur Kontras Layar Gawai

Layar gawai sebaiknya tidak terlalu terang. Sebagian besar gawai atau aplikasi sudah memiliki teknologi dark mode atau mode gelap yang ramah untuk mata. Fitur dark mode dinilai lebih nyaman untuk mata karena dapat mengurangi emisi cahaya dari layar ke mata.

3. Batasi Penggunaan Gawai

Anda mungkin harus membatasi penggunaan gawai bila sering mengalami gejala mata lelah. Terutama pada anak-anak yang belum tahu bagaimana cara menggunakan gawai dengan bijaksana. Kebanyakan anak-anak menggunakan ponsel terlalu lama, terlalu dekat, dan sering lupa istirahat.

4. Istirahat

Beri mata istirahat setelah melihat layar gawai atau melihat objek tertentu dalam jarak dekat dan durasi lama. Istirahat dapat membantu mengembalikan fokus dan konsentrasi Anda.

5. Gunakan Tetes Mata

Apabila gejala mata lelah sudah sangat mengganggu, silakan gunakan tetes mata untuk melembapkan mata dan membuat mata segar lagi. Walaupun demikian, obat tetes mata bukanlah solusi permanen.

Anda harus tetap menjaga kesehatan mata dengan konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin A, C, E, B kompleks, dan asam lemak omega-3. Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat dan memberi mata waktu istirahat.

Baca Juga: 12 Obat Mata Merah secara Medis dan Alami (Ampuh!)

6. Kompres Mata

Cara mengatasi mata lelah dan perih selanjutnya dengan kompres air hangat. Sentuhan air hangat dapat membuka penyumbatan kelenjar meibom pada mata kering.

Caranya dengan menggunakan handuk kecil yang direndam air hangat. Peras, lalu kompreskan ke mata dengan lembut. Para peneliti menyebutkan suhu air hangat harus sekitar 42.2°C atau 108°F, dan kompres selama 10 menit dua kali sehari untuk hasil yang lebih efektif.

7. Masker Mata

Beberapa orang juga menyukai masker mata untuk membuat mata kembali segar. Anda dapat menggunakan masker mata alami seperti dengan potongan tomat atau timun dingin.

Menggunakan masker mata juga termasuk cara mengatasi mata lelah karena kurang tidur. Anda juga dapat menggunakan produk kompres mata yang dijual sebagai skin care, sekaligus mengatasi mata panda.

Baca Juga: Iritasi Mata: 9 Penyebab dan Cara Mengobatinya

Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Komputer

Mata lelah adalah masalah umum yang sering dialami para pekerja kantoran yang harus menatap komputer atau laptop lebih dari 8 jam sehari. Berikut ini beberapa cara mengatasi mata lelah di depan komputer:

1. Atur Jarak Komputer

Sebaiknya, beri jarak pandang antara layar komputer dan mata Anda sekitar jarak satu lengan. Bagian atas layar komputer berada di bawah pandangan mata. Jangan menatap layar komputer terlalu dekat.

2. Sesuaikan Pengaturan Tampilan Komputer

Berikut ini cara mengatasi mata lelah akibat komputer:

  • Atur Tingkat Kecerahan Layar: Kecerahan layar sebaiknya sama dengan tingkat kecerahan di ruangan Anda. Apabila layar komputer Anda terlihat seperti sumber cahaya, itu berarti terlalu terang. Bila cahaya pada layar komputer terlalu abu-abu atau kusam, berarti terlalu gelap.
  • Atur Ukuran dan Kontras Teks: Anda dapat mengatur besar kecilnya tampilan layar. Jangan terlalu kecil karena akan merepotkan Anda sendiri.
  • Temperatur Warna: Blue light dari layar komputer dapat menembus lensa ke retina dan memicu ketegangan mata. Kurangi temperatur warna layar dengan menggunakan blue light filter yang sekarang tersedia di berbagai merek gawai.

3. Sering Berkedip

Berkedip untuk menyegarkan dan melembapkan mata dengan air mata alami. Kebanyakan orang yang menggunakan komputer jarang berkedip karena terlalu fokus, itu membuat mata kering.

Baca Juga: 7 Penyebab Cedera Mata dan Cara Mengatasinya

4. Aplikasikan Metode 20-20-20

Beri mata istirahat dengan metode 20-20-20, yaitu setiap 20 menit, lihatlah objek lain yang jaraknya 20 kaki (sekitar 6 meter), selama 20 detik. Kebiasaan ini dapat mencegah mata lelah.

5. Periksa Mata

Silakan konsultasikan kesehatan mata Anda ke dokter mata. Terutama bila Anda sudah memiliki masalah mata seperti rabun jauh dan menggunakan kaca mata. Periksa mata secara rutin dapat mencegah masalah penglihatan yang lebih serius.

Itulah beberapa cara mengatasi mata lelah akibat komputer. Jaga kesehatan kesehatan mata dengan tidak memforsir mata dan selalu konsumsi makanan sehat. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Heiting, Gary, OD, dan Larry K. Wan, OD. 2021. Computer eye strain: 10 steps for relief. https://www.allaboutvision.com/cvs/irritated.htm. (Diakses pada 1 Maret 2021).
  2. Mayo Clinic. 2020. Eyestrain. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/eyestrain/diagnosis-treatment/drc-20372403. (Diakses pada 1 Maret 2021).
  3. White, Adrian. 2018. How to Use a Warm Eye Compress to Treat Stye and Other Conditions. https://www.healthline.com/health/warm-compress-for-eye#howto. (Diakses pada 1 Maret 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi