7 Cara Mengatasi Lelah Berlebihan Saat Hamil

atasi-lelah-saat-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap wanita hamil memiliki masalah sendiri-sendiri dan tidak bisa disamakan satu dengan yang lain. Pada trimester pertama, ada wanita yang selalu merasakan mual berlebihan. Selain itu, ada juga yang sering sekali mengalami masalah dengan nafsu makannya yang sering turun padahal di awal kehamilan butuh banyak nutrisi.

Selain masalah di atas, ada satu masalah yang dialami oleh hampir semua wanita yang sedang hamil. Masalah itu adalah lelah yang berlebihan. Meski tidak melakukan banyak aktivitas, tubuh akan terasa sangat lelah berlebihan. Kalau Anda sering mengalaminya juga lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasinya.

Cara mengatasi lelah saat hamil yang aman

Lelah bisa dengan mudah terjadi pada wanita yang sedang hamil. Kondisi ini bisa membuat wanita tidak aktif dan lebih banyak melakukan aktivitas di tempat tidur. Agar kondisi lelah tidak terjadi berulang-ulang, ada baiknya Anda melakukan beberapa  hal di bawah ini.

  1. Tidur dengan cukup dan berkualitas

Salah satu pemicu lelah yang paling sering terjadi pada wanita yang sedang hamil adalah tidurnya kurang. Wanita yang sedang hamil tetap harus tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Dengan jam tidur ini rasa lelah yang dimiliki oleh tubuh bisa segera hilang sehingga esok pagi bisa bangun dalam kondisi yang segar.

Kalau Anda sering mengalami gangguan tidur setiap malam, kenali penyebabnya terlebih dahulu. Kalau penyebabnya adalah perut yang terus membesar, bisa mengubah posisi tidur dan juga memberi ganjalan pada tubuh. Selain itu hindari hal-al yang memicu Anda jadi semakin terjaga, misal saat sudah di kasur tidak menggunakan ponsel lagi.

  1. Memperhatikan jumlah kalori yang masuk

Wanita dewasa umumnya membutuhkan sekitar 2.000 kalori setiap hari. Kalori ini didapatkan dari makanan yang masuk. Saat hamil, nutrisi yang dibutuhkan akan meningkat dan bisa jadi di atas 2.000 kalori. Hal ini bisa terjadi karena janin juga membutuhkan energi untuk tumbuh setiap harinya.

Sebisa mungkin wanita memiliki semacam aplikasi untuk mencatat apa saja yang dimakan setiap harinya. Dengan begitu, wanita tidak akan mengalami masalah pada kesehatan janin dan dirinya sendiri. Kalau setiap hari kalori yang masuk ke dalam tubuh mengalami penurunan, tubuh akan lemak dan kemungkinan janin tidak tumbuh sempurna akan besar.

  1. Ngemil tidak dilarang asal sehat

Wanita yang sedang hamil memang disarankan untuk makan lebih banyak dari biasanya. Di antara waktu makan utama bisa diusahakan untuk ngemil, tapi yang sehat. Wanita hamil tidak bisa ngemil gorengan atau sejenisnya. Namun, mereka masih bisa ngemil sehat dengan kacang-kacangan atau buah.

Makanan di sela-sela jam makan utama akan membuat wanita tidak gampang lapar. Dengan tubuh terasa lebih kenyang, perasaan lelah berlebihan tidak akan terjadi. Siasat ini bisa dilakukan setiap saat sehingga Anda bisa menjalani kehamilan dengan lebih santai.

  1. Menurunkan tempo aktivitas

Beraktivitas seperti biasa memang bisa dilakukan kalau hanya sekadar bekerja di depan komputer. Namun, kalau wanita sampai mengangkat benda yang berat, tubuh akan mengalami gangguan dan mudah lelah sehingga berpotensi menyebabkan masalah dengan janinnya. Bekerja seperti biasa tidak masalah, tapi tetap perhatikan kemampuan tubuh.

  1. Hindari kopi berlebihan

Kopi akan membuat wanita hamil sering buang air kecil. Kondisi ini memicu dehidrasi dan akhirnya tubuh menjadi lebih lelah dari sebelumnya. Ganti kopi dengan air putih saja agar tidak memberikan efek buruk pada tubuh. Teh juga memberikan efek sama meski tidak terlalu intens.

  1. Konsumsi air putih harus digenjot

Kalau tubuh merasa lelah dan sering lapar padahal sudah makan setiap saat, berarti Anda sedang mengalami dehidrasi. Penuhi kebutuhan air setiap harinya sebanyak 6-8 gelas air putih tanpa ada campuran gula.

  1. Melakukan olahraga ringan

Tetap lakukan olahraga ringan setiap hari. Olahraga dilakukan agar Anda bisa lebih semangat dan tubuh tidak pasif. Kadang rasa lelah yang berlebihan muncul karena Anda selalu pasif dan cenderung bermalas-malasan.

Hal-hal yang memicu lelah saat hamil

Rasa lelah saat hamil bisa terjadi karena beberapa hal. Yang paling sering dialami oleh wanita adalah beberapa hal di bawah ini.

  • Sering susah tidur setiap malam. Saat wanita memasuki kehamilan tua, mereka akan mengalami pembesaran rahim di dalam perut. Akibatnya untuk tidur saja akan susah. Wanita akan sering sekali mengalami sesak setiap hari sehingga butuh segera diatasi dengan cara mengubah posisi tubuh.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan karbohidrat sederhana. Wanita hamil rawan sekali mengalami diabetes gestasional. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menurunkan konsumsi gula berlebihan. Selai diabetes, gula darah yang tinggi juga memicu kondisi lelah berlebihan.
  • Begadang di malam hari baik disengaja atau tidak. Biasanya wanita akan susah tidur karena susah bernapas dan tubuhnya tidak nyaman. Meski demikian, tidur tetap harus dilakukan agar tidak kehilangan volume tidurnya setiap hari.
  • Memaksakan diri untuk mengerjakan semua tugas rumahnya padahal tubuh sedang tidak nyaman dan mudah lelah. Kenali batas tubuh saat sedang hamil dan jangan sungkan meminta bantuan pasangan.
  • Jarang sekali makan dengan alasan mual dan muntah. Pada trimester pertama, kondisi ini memang bisa terjadi. Namun, memenuhi kebutuhan nutrisi tetap harus dilakukan agar tubuh tidak mudah lemas dan akhirnya lelah muncul. Siasati dengan mengonsumsi susu atau makanan yang mudah masuk ke tubuh.

Lelah saat hamil adalah hal biasa dialami oleh banyak wanita. Namun, kita tidak bisa terus-terusan berkutat dengan rasa lelah ini. Kalau lelah membuat Anda jadi tidak nyaman, ada baiknya untuk mengatasinya agar masih bisa melakukan aktivitas dengan baik selama kehamilan.