10 Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik (No. 7 Cukup Unik)

kulit-kering-doktersehat

DokterSehat.Com – Memiliki kulit yang kering dan kusam memang bisa mengganggu penampilan seseorang, tidak hanya mengganggu penampilan namun kebanyakan orang juga akan merasakan minder bergaul dengan teman-teman lainnya. Cara mengatasi kulit kering dapat dilakukan dengan cara alami maupun mengonsumsi vitamin kulit.

Penyebab Kulit Kering

Penyebab kulit kering terjadi karena kurangnya kadar kelenjar minyak pada kulit (sebum) sehingga mengakibatkan kulit cepat kering dan kusam. Sebum adalah kelenjar minyak alami dari kulit tubuh kita. Selain kelenjar sebum, kulit kering juga disebabkan karena kehilangan hidrasi pada lapisan kulit epidermis.

Pola makan dapat mengatasi kulit kering

Cara menghilangkan kulit kering dan mencegah kekeringan pada kulit dimulai dari dalam tubuh, seperti memperbanyak asupan air putih dan mengonsumsi buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Buah-buahan yang baik dikonsumsi seperti apel, pisang, pepaya, stroberi, jeruk, mangga, kiwi dan buah lainnya.

Selain mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A dan C, Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E. Fungsi vitamin E baik untuk menjaga kelembapan kulit, menyegarkan, dan mengencangkan kulit. Untuk memenuhi vitamin E ini Anda dapat memilih makanan berbahan dasar kacang-kacangan yang mudah didapat.

Selain dari dalam, cara mengatasi kulit kering dan kusam juga bisa dilakukan dari luar tubuh. Caranya oleskan saja moisturizer pada kulit wajah dan sekitarnya. Untuk kulit normal maka gunakan moisturizer jenis lotion, sedangkan untuk kulit bersisik gunakan pelembap jenis krim.

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik

Selain dengan beberapa tips mengatasi kulit kering bersisik yang telah dijelaskan di atas, ada cara alami lainnya seperti berikut ini:

1. Mengatasi kulit kering dengan minyak kelapa

Cara mengatasi kulit kering yang pertama adalah minyak kelapa karena memiliki sifat emolien. Emolien mengisi ruang di antara sel-sel kulit, yang dapat menghaluskan kulit. Itu sebabnya asam lemak jenuh secara alami dalam minyak kelapa dapat melembapkan dan menghaluskan kulit.

Anda dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari di bagian tubuh yang paling sensitif sekalipun. Ini termasuk area di bawah mata Anda dan di sekitar mulut Anda. Keuntungan lain dari minyak kelapa adalah Anda tidak perlu mencampurnya dengan apa pun. Minyak kelapa cukup lembut untuk digunakan sehari-hari.

2. Menggunakan petroleum jelly

Menurut sebuah penelitian, produk petroleum jelly dapat membantu menyembuhkan kulit kering untuk semua kalangan, dari anak-anak hingga orang tua. Petroleum jelly juga dikenal sebagai minyak mineral yang menutupi kulit di lapisan pelindung. Ini perangkap kelembapan di bawahnya, yang dapat membantu menyembuhkan kulit kering dan teriritasi.

3. Asupan antioksidan dan omega-3

Ketika kulit Anda kering, itu berarti kulit berisiko menyebabkan kerusakan sel-sel kulit lebih cepat. Kabar baiknya, ada beberapa makanan yang dapat membantu kulit Anda tampak lebih sehat.

Makanan kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan dari racun dan membantu tubuh Anda membuat sel menjadi sehat. Beberapa makanan yang membantu menyehatkan kulit meliputi:

  • Bluberi
  • Tomat
  • Wortel
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan

Makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon juga dapat membantu mengatasi kulit kering.

4. Menggunakan sarung tangan

Tangan cenderung mengalami kontak langsung dengan iritasi lingkungan, seperti beberapa produk (sabun cuci piring dan deterjen), polusi, dan sengatan matahari.

Jadi, biasakan mengenakan sarung tangan saat beraktivitas yang berisiko menyebabkan kuylit kering, seperti mencuci manggunakan deterjen atau bahan lainya. Tangan juga menerima banyak paparan ketika Anda bekerja di luar saat cuaca dingin.

Mengenakan sarung dapat menghindari kulit kering saat melakukan pekerjaan rumah tangga, atau ketika berada di luar saat suhu ekstrem dapat mengurangi kulit kering dan bersisik.

5. Sesuaikan suhu air dan gunakan sabun yang tepat

The American Academy of Dermatology mencatat bahwa mengatasi kulit bersisik terkadang dapat dilakukan secara sederhana dengan mengubah rutinitas mandi Anda. Sementara kebanyakan orang cenderung mandi air hangat, justru ini dapat melukai dan menyebabkan kerusakan pada kulit.

Apabila Anda memiliki kulit kering dan sensitif, sebaiknya menggunakan sabun mandi dengan potential hydrogen (pH) yang netral, karena sabun dengan pH yang basa akan membuat kulit semakin kering.

Bila mandi air hangat kulit akan bertambah kering, lebih baik cara menghilangkan kulit kering dengan mandi air dingin supaya kulit tidak bertambah kering.

6. Menggunakan humidifier

Menggunakan humidifier (alat untuk menjaga kelembapan ruangan) di rumah dapat membantu meminimalkan kekeringan yang disebabkan oleh sistem penghangat rumah – biasanya di wilayah beriklim dingin atau pegunungan. Meskipun gas dan panas strip listrik kelembapan dari udara, humidifier diatur hingga 60 persen sudah cukup untuk mengimbangi efek ini, menurut Harvard Medical School.

7. Mandi menggunakan oatmeal

Cara menghilangkan kulit kering ini cukup unik, yakni menggunakan oeatmeal yang biasa dikonsumsi untuk sarapan. Ternyata oatmeal adalah obat tradisional untuk kulit yang teriritasi. Sebuah studi 2015 menunjukkan mengapa nenek moyang di Eropa telah merekomendasikan pengobatan rumah ini selama berabad-abad: Berhasil.

Oatmeal koloid memiliki antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang menenangkan iritasi. Obat alami ini sangat efektif jika Anda ingin menghilangkan rasa gatal. Setelah Anda mandi oatmeal, dipastikan dapat melembapkan kulit.

Anda dapat melakukan mandi oatmeal di rumah. Caranya cukup mudah, gunakanlah oatmeal bubuk yang bertekstur halus, lalu masukan pada bak air hangat dan aduk hingga merata. Kemudian mandi dengan perlahan, agar oatmeal melapisi semua kulit kering Anda.

8. Menggunakan baju yang tepat dan menjaga kebersihan

Munculnya kulit kering secara tiba-tiba mungkin berhubungan dengan pakaian yang Anda kenakan atau apa yang digunakan pada kulit.

Mengenakan pakaian wol mungkin dapat mengiritasi kulit dan membuat kulit terasa kering. Jadi, pakailah baju berbahan katun yang dapat menyerap keringat. Selalu perhatikan apa yang Anda gunakan untuk kulit dan cobalah untuk memperlakukan kulit dengan lembut.

Selain itu, menghindari debu, polusi, menjaga kebersihan rumah seperti rutin membersihkan karpet dan gorden, serta hindari berendam di dalam air yang diklorinasi juga dapat mendari kulit bersisik dan kering.

9. Menggunakan susu

Susu mengandung sifat anti-inflamasi untuk menenangkan kulit kering dan gatal. Cukup celupkan kapas ke dalam susu dan kemudian oleskan ke area kulit yang teriritasi selama lima menit. Lakukan cara mengatasi kulit kering ini secara rutin hingga kulit Anda halus dan lembut.

10. Menggunakan lotion saat tidur

Cara menghilangkan kulit kering berikutnnya adalah menggunakan body lotion dan wraping pada tumit atau tangan yang kering saat tidur. Caranya, setelah mengoleskan body lotion pada kaki atau tangan, bagian tubuh tersebut boleh ditutup dengan wrapping plastik untuk menghindari penguapan lotion dan agar lotion terserap kulit secara maksimal. Perlu diperhatikan, jangan terlalu kencang saat membebat kulit menggunakan wapping untuk menjaga peredaran darah tetap lancar.

Itu dia cara mengatasi kulit kering bersisik yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba, Teman Sehat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia