Jangan Panik, Beginilah Cara Mengatasi Kram Otot!

doktersehat-cara-mengatasi-kram

DokterSehat.Com– Tubuh seseorang dilengkapi dengan otot yang terletak pada setiap organ dan persendian. Otot sendiri merupakan sebuah jaringan dalam tubuh yang berperan sebagai alat penggerak rangka serta organ di dalam tubuh.

Menurut data medis, terdapat jutaan otot pada tubuh seseorang sehingga seluruh organ tubuh bisa bergerak normal dan bagaimana mestinya. Begitu banyaknya otot yang terdapat dalam tubuh, maka wajar jika setiap orang pernah mengalami kendala atau gangguan pada otot, misalnya kram.

Kram adalah sebuah reaksi kejang otot atau kontraksi otot yang muncul disertai dengan rasa nyeri. Biasanya, kram berlangsung dalam kurun waktu tertentu, mulai dari hitungan menit atau jam tergantung dari kontraksi yang didapatkan.

Kram sendiri bisa didapati ketika seseorang mengalami kelelahan hebat akibat olahraga ataupun aktivitas lainnya. Kemudian, kram juga bisa terjadi karena faktor internal, yakni kekurangan mineral serta suplai darah tidak lancar sehingga menimbulkan kontraksi otot.

Biasanya, ketika seseorang mengalami kram, maka orang tersebut akan panik dan khawatir dengan kondisinya. Padahal seharusnya tidak perlu panik, sebab seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kram adalah sebuah hal wajar dialami oleh otot. Justru, dengan panik yang berlebihan akan membuat efek nyeri menjadi lebih parah.

Dilansir dari laman Cosmopolitan, hal pertama yang harus dilakukan saat kram adalah menenangkan diri dan jangan sampai panik. Lalu, regangan bagian tubuh yang mengalami kram. Misalnya, kaki Anda mengalami kram, maka luruskan kaki Anda sejenak yang tujuannya agar darah bisa berjalan dengan lancar.

Lantas, lakukanlah peregangan otot pada bagian-bagian tertentu, misal lutut, pergelangan kaki, atau pun pada telapak. Usahakan perergangan ini dilakukan dengan perlahan agar rasa nyerinya tidak semakin parah. Pijat perlahan dengan sedikit mengurut bagian otot yang kram.

Dengan melakukan cara tersebut, kram pun akan cepat hilang. Jika panik, justru kram semakin menjadi-jadi. Nah, untuk mengantisipasi dan mengurangi risiko kram, ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan potasium seperti pisang atau susu.

Oh, ya, perbanyak juga olahraga agar otot pada tubuh Anda semakin terlatih dan kuat terhadap kontraksi!