Terbit: 3 November 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Setiap orang pernah merasakan sedih namun tidak semua orang tahu cara mengatasi kesedihan yang berlangsung lama dan kadang tanpa sebab. Ketahui bagaimana cara mengatasi kesepian dan kesedihan dalam artikel ini.

21 Cara Mengatasi Kesedihan Mendalam dan Berkepanjangan

Cara Mengatasi Kesedihan yang Berlebihan 

Hampir sebagian besar orang pasti pernah mengalami kesedihan dari waktu ke waktu karena berbagai alasan seperti masalah hidup, hubungan, pekerjaan, dan lainnya. Kesedihan adalah respon emosi yang wajar saat Anda tidak mendapatkan apa yang Anda mau. 

Kesedihan harusnya bersifat sementara karena hidup terlalu indah untuk dihabiskan untuk tidak bahagia. Walaupun demikian, ada beberapa orang yang mengalami durasi kesedihan cukup panjang hingga menjadi gejala stres dan risiko depresi.

Sebelum keadaan emosi Anda semakin larut dalam kesedihan, ikuti cara mengatasi kesedihan sebagai berikut: 

1. Rasakan Kesedihan Tersebut

Sebelum Anda mencari cara mengatasi sedih tanpa sebab, Anda perlu merasakan kesedihan tersebut. Bila ingin menangis, menangislah. Bila Anda sudah mengeluarkan semua emosi tersebut, Anda akan merasa lebih baik. Setiap orang boleh menangis saat merasa sedih, namun Anda harus tahu kapan harus berhenti dan berbahagia lagi. 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Buat Daftar Kegiatan yang Dapat Anda Lakukan Sendiri 

Sebagian besar orang yang sedang sedih memilih untuk menyendiri. Ini dapat membuat Anda semakin sedih namun Anda dapat menggunakan momen kesendirian itu untuk melakukan hal-hal bermanfaat seperti berjalan-jalan ke taman, bermain puzzle, berdoa, menonton film, menulis, bernyanyi, atau apa pun hobi Anda yang dapat menghibur Anda. 

3. Jangan Berbicara Negatif pada Diri Sendiri 

Seseorang yang sedang bersedih cenderung akan menyalahkan diri sendiri karena hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana. Sebaiknya, berhenti berbicara negatif. Terima semua kejadian yang membuat Anda sedih dan siapkan rencana hidup selanjutnya. Bersedihlah seperlunya saja, jangan berlebihan.

4. Cari Media Distraksi yang Positif 

Anda merasa sedih lalu mulai berpikir berlebihan (over thinking). Hasilnya, Anda akan memiliki kesedihan ganda sekarang. Sebaiknya, alihkan perasaan sedih, negatif, dan bersalah pada diri sendiri dengan distraksi yang positif. Anda dapat fokus pada pekerjaan, lakukan hobi Anda, pergi bersepeda, membersihkan dapur, menonton kartun lucu, atau apa pun yang dapat membuat Anda merasa lebih baik. 

5. Habiskan Waktu di Tempat Terang 

Anda mungkin tiba-tiba merasa sedih saat hidup Anda sedang baik-baik saja. Nah, Anda mungkin merasa sedih karena pengaruh suasana dan cuaca.

Seasonal Affective Disorder (SAD) adalah episode kesedihan, stres, atau depresi musiman yang sering terjadi pada musim gugur, musim dingin, atau musim hujan. Matahari tidak bersinar cerah dan dapat memengaruhi perasaan seseorang menjadi sedih.

Bila begitu, sebaiknya keluar dari kamar Anda yang gelap. Cobalah nyalakan lampu bohlam 300 watt selama 20 menit tiga kali sehari untuk membantu Anda keluar dari gejala SAD. Anda harus berada pada tempat terang dan ramai untuk membangkitkan perasaan Anda lagi. 

6. Hubungi Teman Anda

Bila Anda memiliki 1-2 teman yang sangat dekat dan selalu bisa mengerti Anda, telpon mereka dan ajak untuk bertemu. Mengisolasi diri sendiri saat sedang sedih hanya akan membuat Anda lebih sedih lagi. Anda mungkin butuh jalan-jalan dengan sahabat terbaik Anda.

Baca Juga: 13 Cara Mengatasi Patah Hati agar Cepat Move On

7. Dengarkan Musik Upbeat 

Salah satu cara mengatasi kesepian dan kesedihan adalah dengan mendengarkan musik, namun jangan musik sedih. Musik dengan lirik yang sedih akan membuat Anda semakin galau tak terarah. 

Pilih jenis musik upbeat yang bersemangat. Anda dapat memilih musik rock, dangdut, atau pilihan lagu favorit Anda. Anda bisa bernyanyi dan menari untuk menghibur diri sendiri. 

8. Menulis Jurnal Harian 

Ingatkah Anda masa-masa remaja saat Anda sering menulis buku harian? Menulis buku harian dapat membantu Anda mengeluarkan emosi sedih, putus asa, kecewa, atau perasaan tidak berharga. Setelah itu, tulislah hal-hal positif yang pernah dan akan Anda lakukan. Menulis jurnal harian sudah terbukti mampu membuat seseorang berpikir lebih jernih nantinya. 

10. Memaafkan 

Cara menyembuhkan diri sendiri atas berbagai bentuk kesedihan adalah dengan memaafkan orang lain yang membuat Anda sedih atau kecewa. Anda juga harus memaafkan diri sendiri, berdamai dengan kejadian buruk tersebut, lalu mulai rencana baru. 

11. Bersyukur Akan Pengalaman Tersebut 

Kesedihan hari ini tidak akan berlangsung selamanya. Anda harus tetap bersyukur atas kejadian seburuk apa pun karena itu akan membuat Anda lebih kuat pada masa depan. Bukankah kesedihan Anda tahun lalu sudah membuat Anda lebih tangguh hari ini?

12. Beristirahat

Anda mungkin merasa sangat lelah, sedih, dan stres dari akumulasi kesedihan dari berbagai tragedi. Mungkin Anda butuh istirahat beberapa hari.

Tenangkan pikiran Anda sejenak dengan tidur 7,5 hingga 9 jam malam ini. Anda dapat melatih pernapasan, meditasi, menyalakan musik kalem, atau menggunakan aromaterapi agar lebih tenang. 

Baca Juga: 13 Cara Mengendalikan Emosi (Mudah Penerapannya)

13. Jalan-Jalan 

Anda mungkin butuh udara segar dengan pemandangan alam yang asri. Salah satu cara mengatasi kesedihan tanpa sebab adalah dengan berjalan-jalan ke tempat indah, bisa sendirian atau ajak orang-orang terdekat. Tempat-tempat indah bisa membuat Anda berpikir lebih jernih, tenang, dan lebih bahagia. 

14. Bantu Orang Lain

Saat Anda membantu orang lain, Anda akan menyadari bahwa kesedihan memang terjadi pada setiap orang. Kesedihan Anda mungkin tidak lebih besar dari kesedihan orang lain. Bantuan sekecil apa pun seperti membantu membuang sampah, menyebrang jalan, atau memberi tempat duduk pada orang tua dapat membuat semua pihak merasa lebih bahagia.

15. Olahraga 

Setiap kali Anda merasa sedih, coba gerakan tubuh Anda. Lakukan aktivitas fisik apapun yang Anda sukai seperti berjalan, lari, jogging, bersepeda, atau pergi ke gym. Olahraga dapat melepaskan hormon endorfin, dopamin, norepinefrin, dan serotonin yang berperan mengatur suasana hati Anda.

16. Makan Sehat 

Makanan hampir tidak pernah gagal membuat orang bahagia. Sebagian orang cenderung lebih suka makan fast food, junk food, atau makanan ringan saat sedang sedih. Anda boleh mengonsumsinya namun harus tahu batasan.

Anda juga harus tetap makan-makanan sehat seperti buah, sayur, daging, ikan, dan makanan tinggi asam lemak omega-3. Berdasarkan laporan dari Archives of General Psychiatry, konsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat mengurangi gejala kecemasan, sedih, stres, dan gangguan tidur hingga 50%. 

17. Meditasi 

Meditasi adalah latihan untuk mengelola emosi dan perasaan. Manfaat meditasi untuk membuat Anda lebih tenang, berpikir jernih, fokus, dan melatih otak untuk koping emosi negatif.

Lakukan meditasi rutin setidaknya 15 menit sehari atau setiap kali kesedihan mulai menguasai Anda. Ada berbagai teknik dan musik meditasi yang bisa Anda pelajari. Salah satu jenis meditasi yang paling mudah dan efektif adalah mindfulness meditation.

18. Fokus pada Rencana Masa Depan 

Setiap kali Anda merasa sedih, pikir ulang sejauh apa Anda sudah berusaha. Buat tujuan masa depan dengan rencana yang lebih baik.

19. Cobalah Terapi Kognitif

Apabila Anda merasa sedih berkepanjangan dan memiliki gejala depresi, sebaiknya coba terapi kognitif. Terapi kognitif adalah terapi untuk melatih fokus dan membantu Anda untuk memiliki cara pikir, kemampuan koping, dan pengelolaan emosi yang lebih baik.

20. Konsultasi ke Psikolog 

Bila Anda sudah mencoba berbagai cara mengatasi sedih tanpa sebab namun tetap merasa tidak bersemangat dalam hidup, coba konsultasi ke psikolog. Psikolog adalah tenaga profesional untuk mengatasi berbagai keluhan masalah kesehatan mental.

21. Jangan Menyerah 

Semua orang pasti pernah merasa sedih yang mendalam, namun tetap jangan menyerah. Bagaimanapun, hidup harus tetap berjalan dengan segala perjuangan dan tanggung jawab. 

Tetap percaya pada apa yang Anda pegang. Apa yang membuat Anda sedih hari ini akan menjadi alasan yang membuat Anda tertawa pada masa mendatang, bila Anda dapat memenangkannya. 

Itulah berbagai cara mengatasi kesedihan berkepanjangan. Mengerti bila kesedihan atau kekecewaan adalah emosi yang wajar, namun setiap orang tidak boleh bersedih terlalu lama. Semoga informasi ini dapat membuat Anda merasa lebih baik.

 

  1. Kloppers, Mandy. 2020. 15 Simple Ways To Overcome Depression And Sadness. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/fifteen-simple-ways-overcome-depression-and-sadness.html. (Diakses pada 02 November 2020). 
  2. Rodale, MARIA. 2014. 21 Ways to Deal with Sadness. https://www.huffpost.com/entry/21-ways-to-deal-with-sadn_b_5803672?guccounter. (Diakses pada 02 November 2020). 
  3. Stinchcombe, Collen dan KELSEY HURWITS. 2020. How to Deal With Loneliness and Feelings of Isolation. https://www.womansday.com/health-fitness/a25783805/dealing-with-loneliness/. (Diakses pada 02 November 2020). 
  4. Scott, Elizabeth, MS. 2020. 6 Ways to Cope With Loneliness. https://www.verywellmind.com/how-to-cope-with-loneliness-3144939. (Diakses pada 02 November 2020). 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi