4 Cara Tepat Mengatasi Kecemburuan pada Anak

doktersehat-anak-kembar-panjang-umur
pic credit: Olga

DokterSehat.Com– Pernah kesalkah lihat anak-anak di rumah ‘berantem’ hanya karena berebut mainan atau kue Ya, adik-kakak kadang akrab bagaikan sahabat, tapi beberapa menit kemudian mereka bertikai tanpa diketahui masalah pastinya.

Sebagai orang tua, Anda tentu menyayangi semua anak-anak Anda. Tidak ada yang meragukan itu. Namun kadang anak-anak dapat merasa iri pada saudaranya, meskipun Anda tidak membeda-bedakan rasa sayang Anda pada keduanya.

Photo Credit: Olga

Penyebab cemburu antar saudara dan cara mengatasinya

Anak yang cemburu pada saudaranya dapat disebabkan oleh banyak faktor. Tanpa disadari, cara mendidik orang tua bisa menjadi salah satu penyebab mengapa muncul rasa cemburu pada anak. Dilansir dari Mom Junction, beberapa kesalahan cara didik orang tua yang dapat menyebabkan kecemburuan pada anak, antara lain:

1. Terlalu memanjakan anak
Sikap terlalu memanjakan anak, menuruti semua keinginan anak dapat membuat anak merasa superior. Ketika ia memiliki adik, atau melihat ada orang lain yang mendapat perhatian lebih darinya. Maka ia bisa saja merasa cemburu karena tidak diperhatikan dan tidak lagi mendapat semua perhatian yang biasa ia dapatkan.

Untuk mengatasinya, beri pengertian pada anak bahwa baik kakak maupun adik dua-duanya mendapat perhatian yang sama dari orang tua. Jelaskan bahwa ketika orang tua memerhatikan adik, karena memang kondisi adik lebih butuh bantuan orang lain daripada kakak yang sudah lebih mandiri.

2. Bersikap overprotective dan otoriter pada anak
Bersikap overprotective pada anak dan otoriter pada salah satu anak dapat menumbuhkan sikap semburu atau ketidakpuasaan pada anak. Terlalu mengekang anak dan memberinya aturan ketat tanpa menjelaskan fungsi aturan tersebut akan menyebabkan anak tidak percaya diri dan iri pada kakak atau adiknya.

Agar aturan di rumah dapat lebih dimengerti, sebaiknya orang tua menjelaskan dengan baik peraturan tersebut beserta fungsinya. Libatkan anak dalam pembuatan aturan agar anak tidak merasa dianaktirikan dengan aturan-aturan yang ada di rumah.

3. Suka membandingkan anak
Hindari sikap membanding-bandingkan anak seperti “Kamu tidak sepintar kakakmu,” atau “Adikmu bisa lebih rapi dari kamu.” Kalimat-kalimat tersebut dapat menumbuhkan rasa persaingan di antara saudara sehingga membuat hubungan kakak dan adik tidak harmonis.

4. Kebiasaan kakak harus mengalah
Salah satu sikap orang tua yang membuat kakak cemburu pada adiknya adalah kadang kakak selalu disuruh mengalan pada adiknya. Ketika mereka ingin menonton saluran televisi yang berbeda, umumnya kakak yang disuruh mengalah dan membiarkan adiknya menonton televisi. Hal-hal kecil seperti ini dapat menumbuhkan rasa iri kakak pada adik.

Menghadapi hal ini, ajarkan pada anak-anak mengenai pentingnya berbagi pada saudara sehingga tidak perlu merasa ada yang menang dan ada yang kalah. Ajak kakak menikmati tontonan yang diinginkan adik agar ia tidak merasa kecewa.