Anak Anda Kecanduan Game? Inilah 10 Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

kecanduan-game-pada-anak-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah anak Anda terdeteksi mengalami kecanduan game? Hal tersebut tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Kecanduan game bisa membahayakan kesehatan anak terutama kesehatan mata. Selain itu, anak akan mengalami masalah pada motivasi dan konsentrasi belajar.

Sebagai orang tua yang baik, tentunya Anda tidak ingin anak Anda mengalami masalah-masalah tersebut. Anda harus melakukan tindakan untuk segera mengatasi kecanduan game pada anak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa cara mengatasi kecanduan game pada anak di bawah ini.

Cara mengatasi kecanduan game pada anak

Orang tua harus segera mengatasi kecanduan game pada anak agar tidak menimbulkan dampak negatif yang lebih luas lagi. Ada beberapa cara mengatasi kecanduan game pada anak yang bisa Anda lakukan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kecanduan game pada anak:

1. Kurangi waktu bermain game

Cara mengatasi kecanduan game harus dilakukan secara bertahap. Anda tidak boleh langsung menghentikan secara tiba-tiba dan kasar. Apabila Anda melakukan cara ini maka anak akan melakukan kebohongan bahkan pembangkangan.

Jadi, mulailah dengan mengurangi waktu bermain game. Buatlah kesepakatan dengan anak tentang jumlah jam dalam sehari dan pada jam berapa saja ia bisa bermain. Pasanglah alarm setiap anak mulai bermain game. Tetapkan aturan untuk berhenti bermain game apabila waktunya sudah habis.

Baca juga: Terlalu Lama Bermain Game, Kandung Kemih Membengkak

2. Kurangi konsol untuk bermain game

Setelah Anda berhasil mengurangi waktu bermain game pada anak maka langkah selanjutnya adalah mengurangi konsol untuk bermain game. Tawarkan kepada anak untuk memilih satu konsol saja yang digunakan untuk bermain game.

Apabila Anda memang hanya memiliki satu konsol game maka itu sudah bagus. Namun, apabila Anda memiliki lebih dari satu maka lakukan cara ini. Konsol game yang tersisa sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak.

3. Hindari game dengan tingkat kecanduan tinggi

Zaman sekarang semakin banyak jenis game yang tersedia di berbagai konsol game. Anda perlu mengetahui bahwa dari sekian banyak jenis game, beberapa di antaranya memiliki risiko tinggi untuk kecanduan. Hindarilah game seperti ini.

Cari tahulah apa saja game yang berpeluang membuat kecanduan dan larang anak untuk memainkannya. Game jenis ini telah membuat anak-anak bahkan orang dewasa menjadi lupa waktu. Parahnya lagi, ada beberapa kasus seperti pembuluh darah mata pecah dan pingsan bahkan meninggal karena menderita kecanduan parah dengan game tersebut.

4. Pilihkan game yang bisa dimainkan bersama keluarga

Cara mengatasi kecanduan game yang berikutnya adalah dengan memilihkan game pada anak yang bisa dimainkan bersama keluarga. Cara ini bisa mencegahnya dari larut dalam bermain game hingga kecanduan. Bermain game bersama keluarga tidak terlalu membuatnya begitu larut.

Game yang dimainkan bersama keluarga akan membuat banyak orang yang akan selalu mengingatkan tentang waktu bermain game. Selain itu, hal ini juga bisa mempererat ikatan antar anggota keluarga.

5. Selingi game dengan istirahat dan aktivitas fisik

Mintalah anak untuk beristirahat dan beraktivitas fisik seperti berjalan, berlari kecil, lompat, dan lainnya setiap satu jam setelah dia bermain game. Cara mengatasi kecanduan game ini bisa memberi jeda agar anak tidak terlalu larut dalam bermain game. Selain itu cara ini juga bisa membuat tubuh anak menjadi sehat dan bugar.

6. Berikan syarat sebelum bermain game

Tetapklanlah syarat sebelum bermain game. Ini merupakan cara mengatasi permainan game sekaligus cara mengajarkan tentang prioritas. Buatlah anak mengerjakan beberapa hal atau satu hal sebelum ia bermain game. Anak akan belajar dan terbiasa untuk melakukan prioritas utama terlebih dahulu.

7. Alihkan game dengan permainan yang bermanfaat

Cara mengatasi kecanduan game yang ini sudah menyiratkan sebuah kemajuan. Enam cara sebelumnya merupakan cara yang bersifat mengurangi kecanduan bermain game. Pada cara ke-7 ini, Anda sudah mulai bisa menyingkirkan game dengan permainan yang bermanfaat.

Baca juga: Tak Disangka, Ternyata Ini 10 Manfaat Main Catur untuk Anak

8. Deteksi dan dukung hobinya selain game

Temukanlah hal yang menjadi hobi anak Anda lalu berikanlah dukungan kepada anak dengan menumbuhkan kembangkan hobi tersebut. Dukunglah hobi anak yang jauh dari konsol game. Lambat laun, anak akan mulai menjauh dari game yang biasa ia mainkan.

9. Hidupkan kehidupan sosialnya di dunia nyata

Cara mengatasi kecanduan game pada anak bisa diatasi dengan menghidupkan kehidupan sosialnya. Ajaklah ia untuk bermain bersama teman sebayanya yang ada di dekat rumah atau di sekolah. Akan tetapi, bermain di sini bukan bermain game.

10. Cari tahu dan dukung impian masa depannya

Cara mengatasi kecanduan game yang terakhir adalah dengan mencari tahu apa yang menjadi impiannya di masa depan. Selanjutnya adalah tugas Anda untuk mendukung impian tersebut. Anak akan fokus untuk mengejar impian masa depannya. Seiring berjalannya waktu, ia akan lupa dengan game.