Terbit: 16 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dibandingkan dengan wanita, pria memang cenderung mudah mengalami kebotakan di rambut kepalanya. Beberapa pria yang sudah memiliki riwayat botak dari keluarganya bisa mengalami kondisi ini sebelum tua. Oleh karena itu, tak jarang banyak yang melakukan berbagai cara mengatasi kebotakan pada pria.

10 Cara Mengatasi Kebotakan pada Pria (No. 5 Paling Mudah)

Masalah kerontokan yang berakhir pada kebotakan ini sebenarnya bisa diatasi dan dicegah dengan mudah. Sayangnya, tidak semua pria mengetahui caranya. Mereka hanya menganggap kalau kerontokan merupakan hasil dari penuaan dan wajar terjadi pada siapa saja. Kalau Anda tidak mau mengalami kerontokan dan menyebabkan kebotakan, simak ulasan di bawah ini!

Cara mengatasi kebotakan pada pria

Ada banyak cara untuk mengatasi kebotakan pada kepala pria. Ada beberapa hal mudah yang harus Anda lakukan agar rambut di kepala tidak rontok. Ini dia cara mengatasi kebotakan pada pria yang mudah dilakukan:

1. Berhenti merokok

Selama ini kita tahu kalau rokok bisa menyebabkan gangguan pada tubuh pria khususnya yang berhubungan dengan paru. Bahkan, merokok juga bisa menyebabkan kanker di dalam tubuh untuk tumbuh. Selain masalah kesehatan kronis ini ternyata rokok juga diketahui bisa menyebabkan masalah pada rambut.

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan, didapatkan relasi antara kebiasaan rokok dan kerontokan pada rambut. Kalau Anda mulai mengalami kerontokan dan merokok, maka sebisa mungkin untuk menjauhinya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

2. Lakukan diet seimbang

Kesehatan dari rambut juga ditentukan dari apa yang Anda makan. Oleh karena itu, cara mengatasi kebotakan pada pria adalah dengan melakukan diet yang seimbang. Jangan melakukan diet sembarangan dan memicu kerontokan rambut. Kalau Anda ingin menjaga kesehatan rambut secara maksimal ada baiknya untuk menambah makanan-makanan yang tinggi zat besi, omega-3, dan protein.

Makanan yang kaya akan zat besi terdiri dari sayuran hijau, telur, dan beberapa jenis daging. Selanjutnya omega-3 bisa didapatkan dari ikan laut berlemak sehat seperti salmon dan tuna. Terakhir makanan yang tinggi protein bisa didapatkan dari telur, daging, dan aneka ikan dari laut.

3. Lakukan pemeriksaan kesehatan

Terkadang rambut rontok yang terjadi pada pria merupakan tanda dari penyakit tertentu. Penyakit yang kemungkinan besar bisa menyebabkan gangguan pada pria terdiri dari diabetes, lupus, gangguan kulit kepala, gangguan tiroid, kekurangan gizi, sifilis, kekurangan zat besi yang memicu anemia, dan lichen plamus.

Jenis penyakit yang menyebabkan kerontokan rambut ada banyak, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri. Siapa tahu penyakitnya agak kronis, sehingga butuh penanganan yang lebih ekstra. Selian itu, ini juga bisa jadi cara mengatasi kebotakan pada pria.

4. Turunkan kadar stres

Kalau stres yang terjadi dibiarkan dan menjadi lebih parah dari sebelumnya, kemungkinan terjadi kerontokan pada rambut akan besar dan cukup masif. Jika Anda melakukan berbagai cara mengatasi kebotakan pada pria, namun tetap stres, maka besar kemungkinan akan gagal.

Cara terbaik untuk menurunkan stres pada tubuh adalah sering melakukan olahraga secara rutin, meditasi, dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi satu per satu. Anda juga bisa mendengarkan musik atau menyaksikan film komedi yang menghibur.

5. Memijat kulit kepala

Lakukan pemijatan di kulit kepala perlahan-lahan agar tidak terjadi banyak sekali kerontokan pada rambut. Dari beberapa studi yang dilakukan, memijat kulit kepala secara perlahan akan memberikan stimulasi pada follicle. Dampaknya, rambut akan tumbuh dengan sehat dan kuat. Lakukan pemijatan setelah mandi selama 24 minggu selama 4 menit per sesi untuk hasil yang memuaskan.

6. Mengonsumsi makanan kaya kandungan biotin

Mengonsumsi makanan yang kaya akan biotin bisa menjadi salah satu cara mengatasi kebotakan pada pria. Kandungan biotin ini baik untuk akar rambut dan mencegah gangguan. Biotin terdapat pada kacang-kacangan, telur, dan bawang merah.

7. Melakukan perawatan pada rambut dan kulit kepala

Lakukan perawatan pada rambut dan kulit kepala. Perawatan bisa dilakukan di salon atau dilakukan sendiri. Secara umum perawatan dilakukan untuk mengatasi segala masalah rambut yang muncul mulai dari bercabang hingga berubah padahal belum saatnya.

8. Gunakan masker rambut

Menggunakan masker rambut adalah salah satu cara mengatasi kebotakan pada pria yang bisa dipilih. Gunakan masker rambut untuk memberikan nutrisi akar dan juga batang dari rambut. Masker rambut ada banyak jenisnya dan sudah tersedia di pasaran. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan alami seperti telur dan minyak zaitun.

9. Penyembuhan dengan laser

Pengobatan menggunakan laser bermanfaat untuk mengatasi inflamasi atau peradangan pada follicle. Efek dari metode ini adalah tumbuhnya lagi rambu sehat dari follicle yang terus diberi rangsangan.

10. Menggunakan obat khusus

Jika sudah mencoba berbagai cara mengatasi kebotakan pada pria, tapi tidak ada yang berhasil, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan obat yang diberikan oleh dokter. Beberapa obat yang sering digunakan untuk mengatasi permasalahan rontok terdiri dari Minoxidil dan Finasteride. Hanya gunakan obat ini sesuai dengan resep dokter.

Efek kebotakan pada pria

Kebotakan memberikan banyak efek buruk pada pria baik secara langsung maupun tidak langsung. Berikut beberapa efek kebotakan pada pria yang akan dirasakan:

  • Menurunkan estetika dari seorang pria. Rambut pria sama halnya dengan rambut wanita. Bagian tubuh itu adalah mahkota dari kepala. Jadi, kalau jumlah rambut menurun dan terjadi pola kebotakan, pria jadi terlihat tidak menarik.
  • Pria akan kebingungan kalau berada di luar ruangan dan hari sedang panas dan terik. Kalau masih memiliki rambut, tanpa topi ke mana pun tidak akan masalah. Namun, kalau rambutnya habis, topi adalah aksesori wajib yang harus dibawa ke mana-mana.
  • Kegemukan kadang merupakan tanda penyakit tertentu yang dimiliki oleh pria. Jadi, kalau kerontokan berjalan cukup masif pria harus segera mengecek kondisi kesehatannya terkini agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya.

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara mengatasi kebotakan pada pria. Apakah ada salah satu yang sedang Anda terapkan? Semoga ulasan di atas menambah wawasan kita semua agar tidak mudah mengalami kebotakan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi