Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ngiler adalah sebuah kondisi di mana seseorang mengeluarkan air liur ketika sedang tertidur lelap. Hal ini dikarenakan otak tetap bekerja meskipun sedang tidur sehingga membuat seseorang tidak sanggup mengeluarkan air liur (meludah). Kelenjar air liur inilah yang lantas memproduksi air liur. Ketika Anda tidur dalam kondisi miring atau tengkurap, maka air liur yang menggenang di dalam mulut akan tumpah.

Suka Ngiler Waktu Tidur? Gunakan Tips ini!

Menurut sebagian besar orang, ngiler merupakan hal yang menjijikkan dan bisa membuat risih, terlebih lagi jika tidur dengan teman. Maka bisa membuat rasa percaya diri menurun. Tapi Anda jangan khawatir, sebab ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari ngiler. Apa saja itu?

1. Kurangilah Makanan Manis

Banyak orang yang menyukai makanan manis. Padahal, makanan manis yang mengandung banyak gula bisa membuat Anda ngiler saat tidur. Hal ini dikarenakan makanan manis bisa merangsang produksi liur berlebih. Semakin banyak gula yang Anda makan, maka semakin banyak produksi air liur dalam mulut. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangilah konsumsi makanan manis, karena selain dapat membuat Anda ngiler saat tidur, makanan manis juga bisa memicu timbulnya berbagai penyakit.

2. Ubahlah Posisi Tidur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ngiler atau air liur bisa keluar dari mulut diakibatkan oleh posisi tidur Anda. posisi tidur miring atau tengkurap bisa memicu Anda untuk ngiler lebih banyak. Oleh sebab itu, ubahlah posisi tidur Anda menjadi terlentang. Sebab, posisi tidur terlentang mampu menampung air liur di tenggorokan. Hal ini terjadi karena gaya gravitasi membantu mencegah air liur merembes dari mulut.

3. Obati Alergi dan Sinus

Selain disebabkan oleh makanan dan posisi tidur, ngiler juga bisa disebabkan oleh alergi, infeksi sinus, pilek dan hidung tersumbat. Ketika hidung tersumbat, sedangkan Anda dalam keadaan tertidur, maka produksi air liur menjadi semakin berlebih. Cobalah untuk mengatasi masalah sinus dan alergi Anda terlebih dahulu. periksakan ke dokter dan minumlah obat alergi dan sinus sebelum tidur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi