Cara Mengatasi Jerawat Hormonal

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

DokterSehat.Com– Jerawat hormonal merupakan jerawat yang disebabkan oleh ketidakstabilan hormon dalam tubuh. biasanya, jerawat hormonal menyerang anak-anak usia remaja mau pun wanita. Pasalnya, baik anak remaja mau pun kaum wanita kerap mengalami ketidakstabilan hormon, terutama saat mendekati waktu menstruasi, sedang hamil, menyusui mau pun menopause. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan jerawat hormonal juga dapat menyerang pria. Nah, untuk mengatasi jerawat hormonal, Anda hanya perlu melakukan sejumlah cara berikut.

1. Produk dengan Kandungan Salicylic Acid

Dilansir dari laman Goop, salah satu cara mengatasi jerawat hormonal adalah dengan menggunakan produk yang mengandung salicylic acid. Bahan satu ini merupakan bahan anti jerawat yang berfungsi meluruhkan sel mati penyumbat pori-pori kulit. Menggunakan salicylic acid juga meredakan peradangan serta membersihkan bakteri penyebab jerawat.

2. Hindari Mengonsumsi Makanan Manis dan Olahan Susu

Sejumlah penelitian terkait jerawat hormonal membutikan jika makanan yang manis mau pun olahan susu ternyata memperparah kondisi jerawat. Hal ini lantaran zat gula pada makanan tersebut akan menjadi bahan makanan bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak. Tidak heran jika kulit akan mengalami breakout jika tetap mengonsumsi dua jenis makanan tersebut.

3. Menggunakan Green Tea

Bagi Anda yang gemar menjajal cara-cara alami, dapat menggunakan green tea. Dilansir dari laman kesehatan Health Line, green tea merupakan bahan alami yang ampuh meredakan peradangan. Mengonsumsi beberapa gelas green tea dalam sehari ternyata dapat membersihkan tubuh dari zat beracun. Tidka hanya itu saja, kandungan antioksidan yang tinggi pada green tea juga akan menjaga kulit tetap sehat dan lembap.

Jerawat hormonal memang dapat menyerang siapa saja. Namun, remaja dan wanita memiliki risiko tertinggi akan serangan jerawat hormonal. Berbeda dari jerawat biasanya, jerawat hormonal memang membutuhkan perawatan khusus yang harus dilakukan secara rutin. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda menjajal cara-cara di atas dalam mengatasi jerawat hormonal secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.