DokterSehat.Com– Menyusui tentunya menjadi momen penting bagi ibu dan anak saat anak baru saja lahir. Namun ketika menyusui tak jarang ibu mengalami iritasi payudara. Hal ini membuat suasana menyusui menjadi tidak nyaman. Bagaimana mengatasinya?

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Penyebab iritasi pada payudara ada bermacam-macam. Bisa karena cara menyusui yang salah atau karena masalah kulit lainnya seperti eksim, psoriasis, dan dermatitis. Jika Anda mengalami iritasi payudara, jangan berhenti menyusui untuk anak Anda. Anda tetap bisa menyusui dengan cara berikut:

1. Perbaiki posisi menyusui
Iritasi payudara bisa terjadi karena posisi menyusui yang tidak benar. Banyak ibu yang tidak memastikan perlekatan mulut bayi dan payudara ibu secara benar. Hal ini bisa membuat iritasi payudara semakin parah.

2. Jangan menggunakan bra atau pakaian ketat
Memakai bra atau pakaian yang terlalu ketat bisa membuat payudara tertekan dan kulit susah bernapas. Selain itu payudara juga menjadi lembab yang bisa menjadi sarang bakteri.

3. Pastikan area payudara tetap kering
Ketika menyusui, kadang ada sejumlah ASI yang keluar dari puting yang tidak digunakan untuk menyusui. Gunakan breast pad untuk menyerap ASI yang ikut keluar untuk menjaga payudara tetap kering.

4. Gunakan pompa ASI
Jika payudara Anda sedang butuh perawatan, Anda bisa menggunakan pompa ASI agar dapat menyusui si kecil. Hal ini dilakukan untuk menghindari pembengkakan payudara.

Sedangkan untuk mengatasi iritasi payudara, Anda bisa segera mengkonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan anti iritasi yang aman digunakan selama menyusui. Kompres payudara dengan air hangat pada bagian yang mengalami iritasi dan gunakan salep yang aman digunakan saat menyusui. Oleskan salep setelah menyusui anak Anda, lalu bilas dan bersihkan ketika akan menyusui kembali.