Terbit: 25 Mei 2021 | Diperbarui: 27 Mei 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara mengatasi hidung tersumbat penting untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan di area hidung. Simak penjelasan lengkap mengenai berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung yang tersumbat berikut ini.

Berbagai Cara Mengatasi Hidung Tersumbat (Medis dan Alami)

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Aman

Hidung tersumbat terjadi ketika pembuluh darah, selaput lendir di sinus, dan saluran hidung membengkak. Meskipun keadaan ini umumnya bisa hilang dengan sendirinya, berbagai perawatan rumahan dan pengobatan medis dapat membantu proses penyembuhan.

Berikut beragam cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Menghirup Uap Hangat

Banyak orang dengan hidung tersumbat menemukan bahwa menghirup uap air hangat membuat kondisi pernapasannya lebih baik. Tuangkan air panas pada wadah, kemudian Anda bisa mencampurkan beberapa tetes chamomile atau peppermint oil.

Kehangatan dan kelembapan bisa menenangkan selaput di dalam hidung dan memberikan kelegaan sementara. Teori lain mengatakan bahwa metode ini memungkinkan lendir mengalir lebih baik sehingga membantu menghilangkan virus. Namun, penelitian ilmiah belum mengonfirmasi hal ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

 2. Menggunakan Saline Spray

Menggunakan saline spray dapat membantu mengurangi peradangan jaringan di hidung dan mengurangi hidung tersumbat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa metode ini tampaknya memiliki beberapa manfaat bagi penderita hidung tersumbat akibat sinusitis kronis.

Saline spray juga merupakan cara yang aman digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat selama kehamilan.

3. Neti Pot

Cara ini dapat digunakan untuk membersihkan sinus dan membantu melegakan saluran hidung yang kering. Selain menggunakan air bersih, Anda bisa menggunakan perangkat ini dengan larutan garam

Guna mengurangi risiko infeksi, beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah:

  • Gunakan hanya air suling, steril, atau air yang telah direbus.
  • Ikuti instruksi penggunaan perangkat dengan hati-hati.
  • Pastikan perangkat bersih dan benar-benar kering saat tidak digunakan.
  • Cuci dan keringkan tangan sebelum digunakan.
  • Tanyakan pada dokter sebelum menggunakan perangkat apakah aman orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah atau masih anak-anak.

Air yang tidak dimasak bisa mengandung bakteri sehingga tidak cocok digunakan untuk neti pot.

4. Kompres Hangat

Menerapkan kompres hangat dapat membantu meredakan nyeri hidung tersumbat dan meningkatkan sirkulasi di sinus. Hal-hal yang harus Anda persiapkan adalah:

  • Rendam waslap di air yang hangat.
  • Peras waslap hingga tidak ada air yang menetes.
  • Tempelkan ke hidung atau dahi.

Beberapa orang suka menambahkan irisan jahe ke dalam air sebelum merendam waslap.

Baca Juga: Hidung Tersumbat Sebelah, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Eucalyptus Oil

Eucalyptus oil atau minyak kayu putih cara mengatasi hidung tersumbat yang paling populer. Komponen tertentu dalam minyak kayu putih mungkin memiliki sifat penyembuhan dan bertindak sebagai:

  • Agen antibakteri.
  • Antiinflamasi.
  • Pereda nyeri.
  • Obat penenang.

Menghirup minyak kayu putih dapat dilakukan melalui wadah yang berisi air panas atau diffuser. Pelega tenggorokan dan obat gosok yang mengandung minyak ini juga dapat membantu membersihkan hidung.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa setiap produk memiliki kualitas yang berbeda-beda. Konsultasi dengan dokter dan meneliti suatu produk diperlukan sebelum Anda menggunakannya.

Baca Juga: 10 Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

6. Antihistamin

Terkadang, reaksi alergi menyebabkan hidung tersumbat. Obat alergi sering kali mengandung antihistamin yang menghalangi reaksi ini. Obat ini juga dapat membantu mengelola tingkat keparahan gejala pada orang dewasa dengan flu biasa pada hari pertama atau kedua.

Meski dapat digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat, konsultasi dengan dokter diperlukan sebelum Anda mengonsumsinya.

Penting untuk membaca petunjuk pada kemasan dan memahami efek sampingnya. Beberapa obat alergi dapat menyebabkan kantuk, sehingga Anda tidak boleh mengemudi saat menggunakannya.

7. Dekongestan

Dekongestan menyebabkan pembuluh darah kecil di hidung menyempit. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan di lapisan hidung dan mengurangi rasa sesak. Meski begitu, tidak ada penelitian yang memastikan bahwa satu dosis dapat membantu meringankan gejala flu biasa pada orang dewasa, akan tetapi beberapa dosis mungkin memiliki sedikit manfaat.

Anda tidak dianjurkan menggunakan obat ini lebih dari seminggu, penggunaan jangka panjang dapat memperburuk keadaan. Efek sampingnya yang ditimbulkan adalah peningkatan detak jantung, sakit kepala, dan mulut kering.

Siapa pun dengan tekanan darah tinggi, diabetes, hipertiroidisme, glaukoma, atau kondisi lain harus bertanya pada dokter apakah aman menggunakan dekongestan. Obat ini tidak cocok untuk anak di bawah usia 6 tahun dan mungkin tidak cocok selama kehamilan.

Obat ini tersedia dalam semprotan hidung, tetes, tablet, atau sirup.

8. Humidifier

Beberapa orang menemukan bahwa menambahkan kelembapan ke udara dari humidifier dapat memberikan kelegaan. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa alat ini berfungsi untuk meredakan flu biasa.

Penting untuk menjaga kebersihan humidifier dan mengikuti petunjuk penggunaan untuk mencegah berkembangnya bakteri atau jamur.

9. Meningkatkan Asupan Cairan

Cara mengatasi hidung tersumbat yang paling mudah dilakukan adalah meningkatkan asupan cairan. Namun, para ahli tidak menemukan bukti yang menunjukkan bahwa minum cairan tambahan dapat membantu meredakan gejala.

Meskipun demikian, para peneliti mencatat bahwa mengonsumsi minuman hangat atau air lemon dapat memberikan efek menenangkan.

Metode Lain untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Selain beberapa cara seperti di atas, terdapat beberapa tips lain yang dapat membantu meredakan gejala, antara lain:

  • Mengonsumsi sayuran pedas, seperti lobak.
  • Memberikan tekanan ringan ke pangkal hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk.
  • Pijat lembut sinus dengan jari.
  • Minum segelas air yang dicampur dengan satu sendok cuka sari apel.
  • mengonsumsi teh peppermint atau jahe.
  • Rebus dua atau tiga siung bawang putih, kemudian minuman air rebusan tersebut dua kali sehari.
  • Memosisikan kepala sedikit tegak saat tidur.

 

  1. Carter, Alan. 2021. 10 tips for getting rid of a stuffy nose. https://www.medicalnewstoday.com/articles/313808. (Diakses pada 25 Mei 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi