Cara Mengatasi Herpes yang Alami dan Aman untuk Tubuh

cara-mengatasi-herpes-alami-aman-doktersehat

DokterSehat.Com – Herpes adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus berbahaya dan sayangnya belum banyak yang tahu cara mengatasi herpes. Sekali terkena herpes, virus akan tetap hidup di dalam tubuh meski pada kondisi tertentu mengalami dorman dan tidak memberikan gejala-gejala yang cukup mengganggu.

Penyakit herpes bisa muncul di beberapa bagian tubuh, seperti bibir, badan, bahkan hingga kemaluan. Sekali penyakit muncul, kulit akan melepuh dan muncul bercak-bercak merah. Saat disentuh, area itu cukup sakit dan kadang menimbulkan efek demam juga.

Herpes memang belum ada obatnya, tapi seseorang bisa mencegah gejala penyakit ini muncul atau kambuh. Berikut beberapa cara mengatasi herpes yang alami dan mudah untuk dilakukan:

  1. Pengompresan

Cara mengatasi herpes yang pertama adalah menurunkan rasa sakit dan mengurangi terjadi inflamasi tambahan. Pada bagian yang sering digunakan tempat herpes muncul bisa dikompres menggunakan air hangat atau dingin. Dua-duanya cukup membantu untuk meredakan rasa sakit.

Gunakan kompres berupa kain bersih dan lembut yang sudah dicelupkan ke air hangat atau air es. Ganti kain kalau suhunya sudah berubah. Selain dengan kain, Anda bisa menggunakan botol kecil untuk diisi dengan air hangat atau air es untuk diaplikasikan langsung ke area yang terdampak.

baca juga: Apa Itu Herpes? Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya

  1. Bawang putih

Gunakan bawang putih pada area yang terdampak virus herpes. Ini merupakan cara mengatasi herpes yang cukup mudah dilakukan. Hancurkan beberapa butir bawang putih yang sudah dicuci bersih. Campurkan sedikit minyak zaitun hingga tumbukan bawang halus sempurna. Tumbukan bawang ini bisa diaplikasikan langsung ke bagian tubuh yang sakit tiga kali sehari.

  1. Cuka apel

Cuka apel juga digunakan sebagai cara mengatasi herpes karena memiliki komponen anti inflamasi. Masukkan satu bagian cuka apel dengan tiga bagian air. Selanjutnya oleskan ke bagian tubuh yang terdampak herpes.

  1. Mengganti pola makan

Herpes bisa kambuh karena kondisi tubuh yang lemah dan daya tahannya menurun. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi herpes adalah dengan memiliki pola makan yang baik untuk mencegah terjadinya penurunan daya tahan tubuh. Coba pertimbangkan untuk mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini:

  • Sayuran dan buah yang mengandung banyak antioksidan. Mereka yang memiliki herpes harus bersahabat baik dengan sayuran dan buah. Beberapa sayur yang wajib dikonsumsi adalah kol, bayam, dan tomat.
  • Ikan laut yang mengandung asam lemak omega-3. Makanan ini mencegah terjadinya inflamasi pada tubuh dan membantu meningkatkan daya tahan terhadap penyakit lain.
  • Protein harus dikonsumsi karena bekerja sebagai sumber energi untuk bertarung dengan virus. Usahakan untuk mengonsumsi protein yang tidak terlalu banyak mengandung lemak.
  • Vitamin C memegang peranan penting karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara sempurna. Vitamin juga mencegah herpes menyebar ke beberapa bagian tubuh lain. Buah dengan rasa asam seperti jeruk dan mangga cukup direkomendasikan.
  • Makanan dengan kandungan L-Arginine seperti cokelat bisa ditambahkan ke diet harian.

baca juga: Herpes Simplex – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

  1. Mengonsumsi suplemen

Tidak semua makanan atau gizi bisa dicukupi dengan makanan, ada kalanya pria atau wanita membutuhkan suplemen tambahan. Ssuplemen yang cukup dianjurkan untuk cara mengatasi herpes adalah zinc dengan takaran 30 mg per hari untuk mengatasi penyebaran virus dengan masif.

Selanjutnya, ada vitamin B kompleks untuk menjaga suplai energi di dalam tubuh. Terakhir probiotik yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi. Probiotik bisa didapatkan dari tablet pil atau minuman dengan bahan baku yogurt.

Itulah beberapa cara mengatasi herpes yang alami dan aman untuk tubuh. Anda tidak akan selalu bergantung dengan obat kimia. Sangat mudah dilakukan, bukan?